Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

12 Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Pramita 2021 (Tujuan & Jenis Tes)

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Pramita

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Pramita – Bagi seorang wanita yang mengalami kehamilan pertama, pastinya masa-masa tersebut merupakan masa terpenting dalam hidup. Sebab, pada saat hamil segala sesuatunya harus terkontrol, terutama kondisi kesehatan ibu dan anak di dalam kandungan.

Sebagaimana diketahui, saat sedang mengandung sebuah janin tubuh seorang wanita akan mengalami banyak perubahan. Di sinilah peran dokter dibutuhkan dalam membantu untuk memantau atau memonitor kondisi kesehatan ibu dan janin melalui beberapa tes laboratorium.

Untungnya, saat ini tes laboratorium ibu hamil sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Pramita. Akan tetapi, tentunya setiap klinik cabang Pramita memiliki ketentuan mengenai besaran tarif atau harga jasa pelayanan terhadap pasiennya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana menjalani tes laboratorium ibu hamil di Klinik Pramita, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Nah, untuk membantunya kali ini penulis akan memberikan kisaran biaya cek lab ibu hamil di Pramita untuk semua cabang dilengkapi jenis-jenis pemeriksaannya.

Tujuan Cek Lab Ibu Hamil

Tujuan Cek Lab Ibu Hamil

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek lab ibu hamil di Pramita berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tujuannya. Adapun tujuan atau manfaat pemeriksaan lab ibu hamil di Klinik Pramita tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memantau kondisi kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan.
  • Mendiagnosis faktor risiko genetis yang akan diturunkan kepada janin sehingga dokter bisa melakukan tindakan pencegahannya.
  • Mempersiapkan masa kehamilan, persalinan dan menyusui secara sehat serta aman.
  • Mencegah terjadinya risiko pre-eklampsia, riwayat hipertensi, gangguan obesitas ataupun gangguan kehamilan lainnya.
  • Menghindari risiko keguguran, penyebab janin cacar sejak lahir atau meninggal dalam kandungan.

Panel Pemeriksaan Lab Ibu Hamil di Pramita

Panel Pemeriksaan Laboratorium Ibu Hamil

Perlu diketahui, sebenarnya prosedur cek lab ibu hamil di Klinik Pramita tidak membutuhkan persiapan khusus dari pasien. Hal ini dikarenakan jenis pemeriksaan pada ibu hamil tersebut yaitu memanfaatkan darah dari pembuluh darah vena serta urine.

Hingga kini Klinik Pramita setidaknya memiliki 7 jenis pemeriksaan laboratorium untuk ibu hamil. Daripada penasaran apa saja jenis-jenis pemeriksaannya, di bawah ini akan kami berikan penjelasan masing-masing tes lab ibu hamil di Pramita.

1. Hematologi Lengkap

Hematologi lengkap dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat anemia dengan cara melihat hemoglobin. Tes ini penting dilakukan karena kondisi anemia bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan serta mengetahui adanya infeksi dalam darah.

2. Urine Lengkap

Tes urine lengkap digunakan untuk mendeteksi apakah terdapat infeksi pada kandung kemih maupun ginjal, diabetes, dehidrasi serta pre-eklampsia. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kadar protein, reduksi, keton hingga bakteri urine.

3. Golongan Darah

Sebenarnya pemeriksaan golongan darah di Pramita tidak hanya digunakan untuk mengetahui jenis golongan darah saja. Akan tetapi jenis tes ini juga dapat digunakan untuk mempersiapkan calon pendonor apabila nantinya terjadi situasi kegawatdaruratan.

4. Gula Darah Sewaktu

DI dalam prosedur cek lab ibu hamil di Pramita selanjutnya yaitu ada pemeriksaan gula darah sewaktu. Dimana pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan apakah terdapat penyakit diabetes pada ibu hamil atau tidak.

5. Pemeriksaan Infeksi

Pemeriksaan infeksi dilakukan untuk mendeteksi apakah pasien memiliki indikasi terinfeksi atau tidak. Adapun jenis pemeriksaan infeksi di prosedur cek lab ibu hamil tersebut diantaranya yaitu seperti panel TORCH, Hepatitis B, Hepatitis C, HIV hingga sipilis.

6. Pre-eklampsia

Pre-eklampsia juga dilakukan ketika pasien hendak melakukan cek lab ibu hamil di Pramita. Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi serta kandungan protein tinggi dalam urine pasien.

7. Pemeriksaan Kromosom

Jenis tes terakhir di dalam prosedur cek lab ibu hamil di Pramita yaitu pemeriksaan kromosom. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk mengetahui adanya kelainan kromosom pada janin saat dalam kandungan menggunakan tes Non Invasive Prenatal Testing (NIPT).

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Pramita

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Pramita Semua Cabang

Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya cek lab ibu hamil di Pramita hampir sama seperti saat melakukan TES LAB IBU HAMIL DI PRODIA. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kedua klinik laboratorium tersebut biasanya memiliki tingkat kelengkapan fasilitas serta peralatan medis yang setara

Selain itu, hampir semua cabang Klinik Pramita juga mematok tarif atau harga jasa pelayanan cek lab ibu hamil yang serupa. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan kisaran biaya cek lab ibu hamil di Klinik Pramita untuk semua cabang.

Jenis PemeriksaanBiaya
Hematologi RutinRp 110.000
Golongan darah ABORp 93.000
Tes Agregasi Trombosit (TAT)Rp 437.000
D DrimerRp 795.000
Urine LengkapRp 62.000
Glukosa Darah PuasaRp 41.000
HBsAgRp 185.000
IgG ToxoplasmaRp 344.000
IgM ToxoplasmaRp 344.000
IgG CMVRp 350.000
IgM CMVRp 480.000
Anti HIV (Screening)Rp 272.000

Perlu diingat, rincian biaya cek lab ibu hamil di Klinik Pramita di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, Klinik Pramita juga kerap memberikan promo berupa diskon atau potongan harga kepada para pasien ketika hendak menjalani cek lab ibu hamil.

Persiapan Menjalani Cek Lab Ibu Hamil

Persiapan Menjalani Cek Lab Ibu Hamil

Meskipun prosedur cek lab ibu hamil di Pramita tidak membutuhkan persiapan khusus, namun tetap saja seorang pasien perlu mempersiapkan beberapa hal. Nah, berikut akan kami berikan beberapa tips sebelum menjalani cek lab ibu hamil di Klinik Pramita.

  • Siapkan pertanyaan kepada dokter terkait perkiraan bulan lahir calon bayi.
  • Tanyakan juga jenis vitamin yang dibutuhkan selama masa kehamilan.
  • Apabila mengalami gejala atau gangguan tertentu, segera sampaikan kepada dokter.
  • Minta saran kepada dokter mengenai berat badan ideal, jenis olahraga serta kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.
  • Tanyakan pola hidup sehat bagi ibu hamil, baik itu dari segi makanan, aktivitas sehari-hari maupun kandungan obat.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya cek lab ibu hamil di Pramita untuk semua cabang dilengkapi jenis-jenis panel pemeriksaannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menjalani tes lab ibu hamil di Klinik Pramita terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *