2 Biaya Ganti Aki Motor Beat Semua Merk 2022

Biaya Ganti Aki Motor Beat – Aki atau accu merupakan elemen penting di motor untuk menghidupkan semua komponen kelistrikan. Adapun beberapa fungsi ataupun kegunaan aki yaitu bekerja untuk sistem electric starter dan menyalakan lampu-lampu pada motor, termasuk pada motor Honda Beat.

Hampir semua jenis atau tipe kendaraan roda dua model baru telah dibekali aki type MF (maintenance free) yang tidak perlu melakukan perawatan seperti isi air aki. Meskipun demikian, tetap saja bahwa komponen tersebut bisa mengalami beberapa masalah sehingga membuatnya tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Apabila permasalahan aki pada motor Beat sudah sangat parah, maka salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggantinya. Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak bengkel yang menyediakan jasa penggantian aki, bahkan mereka juga menyediakan produknya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk mengganti aki motor Beat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya ganti aki motor Beat semua tipe dan merk beserta tips memilihnya.

Ciri Aki Motor Beat Rusak

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, berdasarkan fungsinya aki mempunyai peran sangat vital, seperti untuk menyalakan motor dengan starter maka membutuhkan daya aki yang cukup. Selain itu, aki juga mempunyai fungsi lainnya seperti lampu penerangan, sein bahkan mensuplay daya pada mesin dan sensor yang digunakan.

Apabila sudah timbul tanda-tanda kerusakan seperti aki tekor atau soak, sebaiknya perbaiki atau ganti dengan yang baru. Nah, sebelum membahas poin utama mengenai biaya ganti aki motor Beat lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri kerusakannya di bawah ini.

  • Usia pakai aki sudah mencapai 2 tahun atau lebih.
  • Starter elektrik motor Beat sudah tidak berfungsi.
  • Suara klakson motor Beat menjadi kurang nyaring.
  • Redupnya cahaya lampu motor Beat.
  • Lampu indikator aki berkedip.
  • Motor Beat tidak bisa dihidupkan sama sekali.
  • Tegangan aki kurang dari 10 volt.
  • Ketika di jumper hidup, namun saat lepas mati.

Waktu Ideal Ganti Aki Motor Beat

Perlu diketahui, Honda Beat termasuk ke dalam salah satu merk kendaraan bermotor yang cukup awet dari segi mesin maupun durasi penggunaannya. Meskipun demikian, kalian tidak boleh tenang begitu saja, sebab semua produsen sepeda motor pastinya mempunyai batasan terhadap penggantian komponen yang harus diperhatikan oleh semua pengguna dan pemilik unit kendaraannya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap orang harus ganti aki motor Beat sesuai batas jarak maksimal yang sudah ditempuh sejak awal mengendarainya. Secara garis besarnya, penggantian aki motor Beat harus dilakukan setelah melewati batas jarak tempuh maksimum mencapai 20.000 km.

Dimana jarak tersebut terbilang cukup jauh untuk motor matic sekelas Honda Beat. Jadi, jangan sampai kalian mengganti aki motor melampaui batas maksimum tersebut. Hal ini dikarenakan tidak mustahil bahwa aki motor bakal ngadat, bahkan rentan berisiko buruk terhadap mesin kendaraan sehingga sulit dihidupkan.

Biaya Ganti Aki Motor Beat

Biaya Ganti Aki Motor Beat Semua Merk

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga waktu ideal penggantian aki motor Honda Beat, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk menggantinya. Memang benar bahwa ketika kerusakan aki tidak terlalu parah, kalian bisa melakukan charger atau cas di bengkel terdekat.

Hampir sama seperti biaya setrum aki mobil, besaran biaya charger aki motor juga sebenarnya tidak akan terlalu mahal. Akan tetapi, apabila kondisi kerusakan aki motor Beat sudah sangat parah, maka salah satu cara untuk mengatasinya yaitu mengganti dengan yang baru.

Dimana untuk biaya ganti aki motor Beat sendiri memang tidak berbeda jauh dengan beragam merk kendaraan roda dua mana pun. Semuanya bergantung pada merk aki motor yang akan kalian gunakan. Selain itu, pastikan kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel resmi Honda.

Biasanya nantinya kalian akan diberi penjelasan mengenai beberapa jenis merk aki motor untuk Honda Beat terbaru tanpa menghabiskan anggaran dana terlalu mahal. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya ganti aki Motor Beat semua merk di bawah ini.

Merk AkiHarga
GS Astra MF GTZ-5S GTZ5SRp 206.000
ACCU (Battery GTZ8V) – CBR 250 RRRp 498.000
ACCU (Battery) YTX7L-BSRp 555.000
ACCU (Battery GM5Z-3B) KitRp 161.500
ACCU – Battery YTZ4-VRp 228.000
ACCU – Battery GTZ5S GSRp 235.000
ACCU (Battery GM2.5A-3C-2)Rp 107.000
ACCU – Battery GM7B-4BRp 294.000
ACCU – Battery YTZ5 SRp 235.000
ACCU (Battery NTZ4V)Rp 229.000
ACCU (Battery) GTZ6VRp 286.000
ACCU – Battery TYZ6-VRp 286.000
ACCU – Battery GTZ4VRp 230.000

Perlu diingat, selain harus mempersiapkan anggaran biaya untuk membeli aki motor Honda Beat baru, kalian juga harus mempersiapkan budget tambahan untuk ongkos pemasangannya. Adapun biaya untuk ongkos ganti aki motor Beat di bengkel umum maupun resmi sendiri berada di kisaran Rp 15.000 sampai Rp 25.000, tergantung kebijakan masing-masing bengkel.

Tips Memilih Aki Motor Berkualitas

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya ganti aki motor Beat untuk semua tipe dan merk beserta waktu ideal penggantiannya. Karena aki merupakan salah satu elemen vital pada kendaraan bermotor, maka tentunya kalian harus benar-benar memilih dan membeli produk yang berkualitas.

Maka dari itu, untuk membantunya berikut ini akan kami berikan sejumlah tips dalam memilih aki motor berkualitas.

  • Pastikan membeli aki di toko terpercaya dan original.
  • Sesuaikan aki dengan spesifikasi motor Beat.
  • Pilih jenis aki yang tepat.
  • Perhatikan kapasitas aki yang akan digunakan.
  • Pertimbangkan merk aki motor terbaik.
  • Hindari membeli aki bekas tau rekondisi.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya ganti aki motor Beat untuk semua tipe dan merk dilengkapi dengan tips memilihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengganti aki motor Honda Beat.

Sumber gambar : gridoto.com

Tinggalkan komentar