Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Ganti Komstir di Ahass 2022 : Bebek, Matic & Sport

Biaya Ganti Komstir di Ahass
Advertisements

Biaya Ganti Komstir di Ahass – Sebagaimana diketahui, komstir merupakan salah satu komponen di dalam sepeda motor yang menunjang kenyamanan dan keselamatan di sektor kemudi saat berkendara. Apabila komponen tersebut sampai bermasalah, maka dapat membuat kendali menjadi terganggu.

Namun sayangnya, masih banyak orang di luar sana yang tidak mengerti apa saja gejala komstir yang rusak, sehingga pengecekannya hanya terfokus seputar roda saja. Perlu diketahui, hal utama yang bisa menandakan bahwa komstir mengalami sebuah masalah sebenarnya sudah dapat dideteksi sejak awal.

Jika tingkat permasalahannya tergolong ringan, mungkin kalian hanya perlu menyetelnya kembali. Akan tetapi, apabila tingkat kerusakan komstir sudah cukup parah, maka salah satu cara untuk memperbaikinya yaitu dengan menggantinya. Kini proses ganti komstir sendiri sudah dapat dilakukan di berbagai macam bengkel, salah satunya yaitu di Ahass khusus motor Honda.

Advertisements

Nah, apabila kalian hendak mengganti komstir di bengkel resmi Ahass terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya ganti komstir di Ahass untuk semua tipe motor Honda dilengkapi ciri hingga penyebab permasalahannya.

Advertisements

Ciri-Ciri Komstir Bermasalah

Ciri Komstir Bermasalah
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya munculnya masalah pada komstir dapat dikenali sejak awal. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai biaya ganti komstir di Ahass lebih lanjut, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa kondisi yang mengharuskan komponen tersebut mendapatkan perawatan.

  • Kemudi menjadi susah untuk dikendalikan (liar).
  • Kemudi menjadi lebih berat ketika diajak manuver.
  • Munculnya suara pada sektor setang, khususnya ketika melewati jalan bergelombang atau saat melakukan pengereman mendadak.
  • Dudukan setang terasa oblak dari as bagian tengah.
  • Timbulnya getaran saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi.
  • Jarak pengereman (rem depan) menjadi berubah, bahkan terasa seperti rem blong.

Penyebab Komstir Cepat Rusak

Setiap jenis permasalahan yang muncul pada kendaraan seperti sepeda motor merk Honda ini tentunya dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal maupun eksternal. Pada intinya, supaya kemudi atau setang tetap stabil dalam berkendara, maka komstir memiliki peran penting sebagai penyelaras.

Komstir oblak akan membuat kemudi menjadi susah belok. Selain itu, komstir keras dan berat saat diputar kemudinya juga akan mengganggu handling. Bahkan lebih parahnya kemudi sepeda motor dapat oblak serta bisa terasa saat melakukan hard braking (pengereman dalam kondisi darurat).

Nah, ternyata terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan komponen komstir mengalami kerusakan. Dimana salah satu penyebab utama komstir rusak yaitu karena usia pakainya sudah cukup lama. Berbicara mengenai usia pakai, tentunya hal tersebut juga bisa menjadi penyebab beberapa kerusakan, seperti pada proses ganti kampas kopling motor.

Penyebab komstir cepat rusak selanjutnya yaitu berasal dari kelalaian pengguna atau pemilik kendaraan. Pada saat mereka sering melewati kondisi jalan cukup ekstrem namun tidak berhati-hati, maka kemungkinan besar hal tersebut bisa mengakibatkan komstir cepat rusak. Pasalnya, komstir akan bekerja lebih berat karena menahan bantingan.

Selain itu, perawatan kurang maksimal dari pemilik kendaraan juga seringkali menjadi penyebab rusaknya komstir. Grease pelor atau bola-bola dibiarkan kering akan membuat serang menjadi lebih berat, kemudian dudukan pelor lama-kelamaan akan terkikis sehingga komstir rusak.

Penyebab terakhir kenapa komstir sepeda motor Honda cepat rusak yaitu karena penggunanya sering membiarkan shockbreaker depan keras atau aus. Sebab, ketika shockbreaker depan mati atu aus, maka bantingan tidak lagi direda sehingga membuat dudukan bola-bola komstir menjadi cepat rusak.

Biaya Ganti Komstir di Ahass

Biaya Ganti Komstir di Ahass Semua Tipe Motor

Seperti halnya biaya ganti oli motor, tentunya besaran biaya penggantian komstir di Ahass juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi besaran biaya ganti komstir di Ahass tersebut diantaranya yaitu seperti tipe motor, tingkat kerusakan hingga kerumitan penggantiannya.

Di Indonesia sendiri saat ini tersedia 3 tipe atau kelas sepeda motor untuk merk Honda, mulai dari tipe bebek, matic hingga sport. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya ganti komstir di bengkel Ahass untuk semua tipe kendaraan.

Tipe KendaraanBiaya
BebekRp 135.000
Matic110 cc – 150 cc : Rp 135.000
Di atas 150 cc : Rp 175.000
SportRp 195.000

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya jasa ganti komstir di bengkel Ahass ditentukan dari tingkat kesulitan pengerjaannya. Selain itu, proses ganti komstir juga biasanya cukup menyita waktu karena perlu pembongkaran banyak komponen oleh para montir atau teknisi.

Tips Merawat Komstir Agar Awet

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri dan penyebab hingga rincian biaya ganti komstir di Ahass untuk semua tipe motor. Sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa hal penting perlu diperhatikan dalam merawat kendaraan, khususnya agar bagian komstir tetap awet. Agar lebih jelasnya, berikut kami berikan beberapa tips merawat komstir agar awet dan tahan lama.

  • Hindari menggunakan kecepatan tinggi di jalan tidak rata atau jalan rusak.
  • Jangan melibas polisi tidur dalam kecepatan tinggi.
  • Rajin atau rutin mengecek bagian komstir.
  • Berikan pelumas pada bagian komstir secara berkala.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya ganti komstir di Ahass untuk semua tipe motor dilengkapi dengan ciri dan penyebab masalah hingga tips perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengganti komstir di bengkel Ahass terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.