Biaya Setrum Aki Mobil 2022: Bengkel Resmi & Umum

Biaya Setrum Aki Mobil – Sebagaimana diketahui, fungsi aku pada suatu kendaraan memang sangat penting, khususnya pada mobil. Dimana komponen tersebut berguna untuk menunjang kebutuhan energi listrik untuk menyalakan kendaraan pada saat pertama kali dihidupkan.

Maka dari itu, performa dan kualitas aki perlu dipertahankan supaya mobil kalian dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Akan tetapi, pada beberapa kasus tertentu, aki mungkin tekor (kurang setrum atau tegangan turun) atau bahkan soak sehingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Apabila aki mobil termasuk tipe yang bisa di-charge, maka kalian bisa mendatangi bengkel untuk memakai jasa setrum aki. Namun, pastinya setiap bengkel yang menyediakan jasa setrum aki mobil mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga sebagai ongkos pelayanannya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk melakukan cas aki mobil di bengkel terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai kisaran biaya setrum aki mobil untuk semua merk dan jenisnya.

Ciri Aki Mobil Kurang Setrum

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya setrum aki mobil lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri kerusakannya. Aki atau accu merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik dan sumber energi listrik jika terdapat beban listrik yang membutuhkannya.

Secara garis besarnya, jenis atau tipe aki dibedakan menjadi dua macam, yaitu aki dalam keadaan basah bermuatan serta aki dalam keadaan kering bermuatan. Dimana sebuah aki atau baterai tidak bisa bertahan secara terus-menerus dalam kondisi baik, entah itu untuk aki motor maupun aki mobil.

Ketika terlalu sering dipakai akan menjadi rusak, disimpan dalam kurun waktu lama juga rusak. Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa ciri atau indikasi aki mobil kurang setrum (tekor/soak).

  • Tidak dapat di-starter elektrik.
  • Lampu meredup.
  • Bunyi klakson mobil melemah.
  • Tegangan aki lemah.

Penyebab Aki Mobil Tekor

Munculnya sebuah permasalahan pada kendaraan roda empat pastinya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk pada kerusakan aki mobil. Sebenarnya, umur aki mobil sangat tergantung kepada tata cara perawatannya, beban listrik yang ada serta proses pengisiannya kembali ketika digunakan.

Akan tetapi, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi salah satu penyebab aki mobil tekor atau bahkan soak sehingga tidak bisa digunakan sama sekali. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab aki mobil tekor atau soak sehingga tidak bisa digunakan.

  • Kekurangan air aki.
  • Sambungan atau terminal aki kendur.
  • Sambungan atau terminal aki kotor diselimuti kerak putih.
  • Kiprok atau regulator rusak.
  • Penggunaan beban aki berlebih.
  • Flywheel magnet rusak.
  • Spul atau cool stator terbuka.
  • Terjadinya korsleting.
  • Masalah pada kabel body mobil.

Biaya Setrum Aki Mobil

Rincian Biaya Setrum Aki Mobil

Setelah memahami beberapa ciri hingga penyebab aki kurang setrum (tekor/soak), maka langkah selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya. Perlu diketahui, sebenarnya proses setrum atau cas aki mobil ini akan dilalui ketika kalian melakukan tune up mobil.

Dimana besaran biaya setrum aki mobil di bengkel sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada jenis serta pemilik bengkel itu sendiri. Selain itu, merk, jenis aki mobil hingga lama waktu penyetruman juga nantinya akan mempengaruhi besaran biaya sebagai ongkos untuk jasa bengkel.

Adapun besaran biaya setrum aki mobil untuk semua tipe dan merk berdasarkan lama waktu pengecasannya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Jenis AkiBiaya Setrum StandarBiaya Setrum Express
4 AhRp 5.000 (1 jam)
9 AhRp 10.000 (1 jam)
30 AhRp 15.000Rp 30.000 (1 jam)
50 AhRp 20.000Rp 35.000 (1 jam)
70 AhRp 25.000Rp 40.000 (1 jam)
100 AhRp 30.000Rp 45.000 (2 jam)
120 AhRp 35.000Rp 50.000 (2 jam)
150 AhRp 40.000Rp 55.000 (2 jam)
200 AhRp 45.000Rp 60.000 (2 jam)

Catatan : Besaran biaya setrum aki mobil di atas bisa saja berbeda di sejumlah wilayah, tergantung pada kebijakan masing-masing bengkelnya.

Tips Merawat Aki Mobil

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran biaya setrum aki mobil untuk semua jenis dan merk di bengkel dilengkapi dengan ciri hingga penyebab kerusakannya. Sebagai informasi tambahan, berikut juga akan kami berikan beberapa tips dalam merawat aki mobil supaya tetap awet dan tahan lama meskipun sudah dipakai selama bertahun-tahun.

  • Perhatikan beban penggunaan aki.
  • Bersihkan aki secara berkala.
  • Panaskan mobil secara berkala.
  • Pastikan ketersediaan listrik di dalam aki mobil.
  • Lepas kabel aki ketika mobil tidak digunakan.
  • Pilihlah aki kering dengan kualitas terbaik.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya setrum aki mobil untuk semua tipe atau jenis dan merk di bengkel dilengkapi ciri hingga penyebab kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan setrum aki mobil di bengkel terdekat.

Sumber gambar : ilmioveicolo.com

Tinggalkan komentar