Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil – Sebagaimana diketahui, kopling merupakan salah satu komponen powertrain mobil dengan fungsi memutuskan serta menghubungkan putaran mesin. Apabila tuas gigi atau tenaga mesin mobil kerap mengalami selip, maka bisa menjadi pertanda bahwa kampas kopling sudah tipis.

Kampas kopling memiliki bentuk piringan dan terbuat dari lapisan bahan organik seperti keramik. Sama halnya seperti kampas rem mobil, lapisan tersebut juga akan bergesekan dengan sebuah plat besi, akibatnya dalam jangka waktu tertentu ketebalannya semakin menipis karena friksi gesekan.

Jika mengalami permasalahan kampas kopling habis, jalan satu-satunya yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya yaitu dengan mengganti komponennya. Saat ini ganti kampas kopling mobil juga dapat dilakukan baik itu di bengkel resmi ataupun mandiri.

Namun, sebelum melakukan ganti kampas kopling mobil, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau ongkos jasa bengkelnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti kampas kopling mobil entah itu di bengkel resmi maupun umum.

Gejala Kampas Kopling Mobil Habis

Gejala Kampas Kopling Mobil Habis

Secara umum, penyebab kampas kopling atau clutch disc aus dan terbakar ialah karena termakan usia serta pemakaian yang salah. Sebelum membahas biaya ganti kampas kopling mobil lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejala kampas kopling mobil habis di bawah ini.

  • Pedal kopling terasa lebih tinggi.
  • Akselerasi mesin mobil menurun.
  • Munculnya bau hangus.
  • Mesin mobil menjadi cepat panas.
  • Pemindahan persneling terasa lebih berat.
  • Putaran mesin tinggi.
  • Mengalami selip kopling.

Penyebab Kampas Kopling Mobil Habis

Penyebab Kampas Kopling Mobil Habis

Seperti dijelaskan di atas, salah satu penyebab kampas kopling mobil habis yaitu karena termakan usia atau batas pemakaiannya sudah habis alias menipis. Selain itu, terdapat juga beberapa hal lainnya yang bisa menjadi penyebab mengapa komponen mobil tersebut cepat habis.

Dengan mengetahui apa saja penyebab kampas kopling cepat habis, maka akan sangat berguna supaya kalian bisa mengantisipasi penyebabnya di kemudian hari. Adapun beberapa penyebab kampas kopling mobil habis diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Melepas dan menginjak kopling mobil secara kasar.
  • Teknik setengah kopling berlebihan.
  • Setelan kopling tidak tepat.
  • Rumah kopling basah karena air ataupun oli.
  • Kebiasaan menginjak pedal kopling pada saat jalan.
  • Posisi gigi transmisi tidak sesuai dengan kecepatan mobil.

Risiko Kampas Kopling Mobil Habis

Risiko Kampas Kopling Mobil Habis

Setelah mengetahui gejala beserta penyebab kampas kopling mobil habis, kalian juga harus mengerti bahaya atau risiko permasalahan tersebut. Salah satu risikonya yaitu performa mobil menjadi lebih lemah serta kurang bertenaga.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai ketika pengendara melewati area tanjakan maupun lampu merah. Pasalnya, kondisi tersebut mampu menjadikan mobil terasa lebih berat untuk digunakan sehingga mobilitas dapat terhambat dan merugikan kendaraan lain.

Pada saat melintasi jalan menanjak, kondisi ini juga cukup mengkhawatirkan sehingga pengemudi disarankan mengantisipasinya dengan baik. Namun, saran kami sebaiknya ketika kampas kopling habis, pilihlah tanjakan tidak terlalu curam.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya ganti kampas kopling mobil tentunya akan jauh lebih mahal dibandingkan BIAYA GANTI KAMPAS REM. Sebab, letak komponen ini berada setelah flywheel di belakang mesin yang tertutup rumah transmisi sehingga proses penggantiannya harus melalui pelepasan transmisi dari frame mobil.

Selain itu, dari segi komponen juga bisa mempengaruhi biaya penggantiannya. Pasalnya, dalam penggantian kampas kopling mobil ini umumnya akan diganti dengan satu set kopling lengkap mulai dari pressure plate (matahari kopling), kampas kopling serta release bearing (laher).

Di sisi lain, tarif atau ongkos jasa ganti kampas kopling mobil di bengkel juga cukup bervariasi, tergantung tipe dan merek kendaraan. Daripada penasaran, di bawah ini sudah kami rangkum rincian biaya ganti kampas kopling mobil, entah itu di bengkel resmi ataupun umum.

Harga Komponen

Harga Komponen 1

Harga komponen kampas kopling mobil juga cukup beragam. Berikut adalah daftar harga satu set komponen kopling dari beberapa jenis mobil yang didapatkan dari beberapa marketplace atau toko online.

Tipe MobilHarga
Toyota AvanzaRp 1.350.000
Daihatsu XeniaRp 1.350.000
Suzuki ErtigaRp 1.500.000 – Rp 1.800.000
Nissan LivinaRp 1.550.000 – Rp 2.300.000
Toyota InnovaRp 1.700.000
Honda Jazz MTRp 1.350.000
Toyota AgyaRp 850.000
Daihatsu AylaRp 850.000

Ongkos Jasa Bengkel

Ongkos Jasa Bengkel

Selanjutnya yaitu tarif jasa bengkel tempat ganti kampas kopling mobil. Biaya ganti kampas kopling mobil di bengkel resmi dan mandiri atau umum juga memiliki perbedaan cukup menonjol.

Untuk tarif atau ongkos jasa penggantian kampas kopling mobil di bengkel resmi, biasanya berada di kisaran Rp 800.000 hingga Rp 900.000. Sementara di bengkel biasa biaya jasa pemasangannya akan sedikit lebih murah, yaitu mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

Waktu Penggantian Kampas Kopling Mobil

Waktu Penggantian Kampas Kopling Mobil

Proses ganti kampas kopling mobil mulai dari pembongkaran hingga pemasangan kembali biasanya membutuhkan waktu cukup lama, yaitu sekitar 1 sampai 2 hari kerja. Jika bengkel tersebut sedang tidak ramai, maka dapat selesai dalam 1 hari, namun jika ramai maka bisa mencapai 1 hingga 3 hari kerja.

Jika kalian melakukan penggantian di bengkel resmi, kemungkinan besar mobil akan menginap kurang lebih selama 2 hingga 3 hari. Sebab, di bengkel resmi biasanya juga akan dilakukan pengecekan lainnya atau melakukan tune up untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula.

Cara Merawat Kampas Kopling Mobil

Cara Merawat Kampas Kopling Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti kampas kopling mobil mulai dari pembelian komponen hingga ongkos jasa bengkelnya. Supaya komponen tersebut tidak cepat habis, sebaiknya ikuti beberapa cara merawatnya di bawah ini.

  • Hindar meletakkan kaki pada pedal kopling terlalu lama.
  • Hindari menggunakan setengah kopling ketika berhenti di jalan menanjak.
  • Tidak melepas pedal kopling dengan cara kasar.
  • Selalu periksa kondisi kopling secara rutin.
  • Sesuaikan kecepatan mobil dengan ketepatan gigi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya penggantian komponen kampas kopling mobil dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya harga komponen itu sendiri. Selain itu, tingkat kesulitan serta keparahan kerusakan kopling juga bisa mempengaruhi biaya perbaikannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya ganti kampas kopling mobil, baik itu di bengkel resmi ataupun umum. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengganti kampas kopling mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *