Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil – Sebagaimana diketahui, sistem pengereman pada sebuah kendaraan terdiri dari sejumlah bagian atau komponen, salah satunya yaitu minyak rem. Komponen ataupun cairan tersebut memiliki peranan penting dalam memaksimalkan sistem pengereman pada kendaraan, terutama mobil.

Akan tetapi seiring dengan pemakaiannya, komponen minyak rem mengalami penurunan performa. Terlebih lagi kinerja minyak rem dapat dikatakan sangat keras. Selain itu, minyak rem juga bisa mengalami pemanasan hingga mencapai suhu 150 sampai 180 derajat celcius.

Salah satu faktor utama penyebab turunnya kinerja minyak rem yaitu karena volumenya sudah mulai berkurang. Jika mengalami hal tersebut, jalan keluar satu-satunya yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil yaitu dengan mengisi ulang ataupun menggantinya dengan yang baru.

Untungnya, saat ini penggantian minyak rem mobil sudah dapat dilakukan dengan mudah, entah itu di bengkel resmi maupun bengkel mandiri. Oleh sebab itu, sebelum menggantinya, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu rincian biaya ganti minyak rem mobil mulai dari harga komponen hingga ongkos jasa bengkelnya.

Gejala Minyak Rem Mobil Berkurang

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya ganti minyak rem mobil berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejala atau indikasi minyak rem mobil berkurang. Adapun beberapa gejala minyak rem mobil berkurang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Lampu Rem Menyala

Lampu Rem Menyala

Gejala pertama saat minyak rem mobil mulai berkurang yaitu lampu indikator rem akan menyala. Dimana lampu rem yang menyala tersebut dapat mengindikasikan permasalahan pada sistem pengereman, termasuk berkurangnya minyak rem.

2. Pedal Rem Blong

Pedal Rem Blong

Indikasi lainnya yaitu bisa dirasakan melalui pedal rem. Pada saat minyak rem mengalami penurunan volume, pedal akan terasa blong jika diinjak. Umumnya pengendara bisa langsung merasakannya saat mobil dinyalakan ataupun saat melalui turunan.

Penyebab Minyak Rem Mobil Habis

Penyebab Minyak Rem Mobil Habis

Selain disebabkan karena termakan usia pemakaian, minyak rem mobil yang habis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Tentunya sejumlah faktor tersebut berasal dari komponen sistem pengereman itu sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab minyak rem mobil habis.

1. Kampas Rem Menipis

Kampas rem mobil mulai menipis ternyata bisa mempengaruhi kinerja minyak rem. Dimana semakin tipis kampas rem mobil, maka volume minyak rem di dalam tangki reservoir secara otomatis akan berkurang.

2. Adanya Kebocoran Sistem Pengereman

Penyebab berikutnya yaitu karena adanya kebocoran pada sistem pengereman mobil. Permasalahan tersebut bisa menjadi lebih rumit karena dapat menyebabkan minyak rem mobil berkurang secara terus menerus. Bahkan jika sudah parah, minyak rem akan segera habis meskipun baru saja diisi ulang.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil Semua Tipe

Seperti dijelaskan sebelumnya, berkurangnya minyak rem mobil akan sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem pengereman. Oleh sebab itu, jika dirasa minyak rem sudah mulai habis, maka saran kami sebaiknya segera lakukan penggantian ataupun pengisian ulang.

Saat ini, proses ganti minyak rem dapat dilakukan dengan mudah baik itu di bengkel resmi maupun bengkel umum. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya ganti minyak rem mobil di bawah ini, mulai dari harga komponen serta upah jasa bengkelnya.

1. Harga Minyak Rem

Sebenarnya harga minyak rem di pasaran sangat bervariasi, tergantung dengan merek, kualitas hingga ukurannya. Kalian bisa mendapatkan minyak rem di pasaran dengan kualitas standar sekitar Rp 20.000. Sementara minyak rem berkualitas tinggi biasanya di banderol dengan harga Rp 200.000 hingga Rp 750.000.

2. Ongkos Bengkel

Untuk ongkos jasa bengkelnya sebenarnya hampir sama seperti saat MENGGANTI KAMPAS REM MOBIL. Umumnya para bengkel umum mematok tarif atau biaya ganti minyak rem mobil sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Sedangkan bengkel resmi sedikit lebih mahal, yaitu kurang lebih sekitar Rp 180.000 hingga Rp 200.000.

Waktu Ideal Ganti Minyak Rem Mobil

Waktu Ideal Ganti Minyak Rem Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti minyak rem mobil untuk semua tipe, baik itu di bengkel resmi maupun bengkel mandiri. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti kapan waktu ideal mengganti minyak rem kendaraan roda empat.

Secara garis besar, penggantian minyak rem mobil dilakukan ketika sudah mencapai jarak tempuh maksimum 40.000 km atau minimal 2 tahun sekali. Sebab, dalam kurun waktu tersebut dapat dipastikan minyak rem akan berkurang kemampuannya sehingga berisiko terhadap keamanan berkendara.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tarif jasa bengkel resmi maupun umum dalam melayani penggantian minyak rem memiliki sedikit perbedaan. Meskipun demikian, sebenarnya antara bengkel umum dan mandiri tingkat profesionalisme dalam pengerjaannya sama saja.

Demikian penjelasan seputar biaya ganti minyak rem mobil semua tipe baik di bengkel umum ataupun resmi versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengganti minyak rem mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *