Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Biaya Ganti Kampas Rem Motor – Saat ini, mobilitas manusia sudah semakin dipermudah sejak hadirnya berbagai macam alat transportasi, salah satunya yaitu sepeda motor. Dengan banyaknya populasi sepeda motor, maka angka kecelakaan di jalan raya juga semakin meningkat.

Akan tetapi, sebagai pengendara kalian juga harus selalu berusaha menciptakan suasana aman dan nyaman serta menaati semua peraturan dalam berlalu lintas. Selain itu, memastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik juga harus dilakukan, sebagai contoh mengecek sistem pengeremannya.

Terlebih lagi jika kalian hendak bepergian cukup jauh dari kota satu ke kota lainnya, maka mengecek sistem pengereman sepeda motor wajib untuk dilakukan. Jika sekiranya rem sudah tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah mulai menipis, maka sebaiknya segera lakukan penggantian komponen.

Namun, sebelum mengganti kampas rem motor di bengkel terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biaya atau tarif jasa bongkar pasangnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti kampas rem motor, entah itu rem cakram ataupun rem tromol.

Ciri Ciri Kampas Rem Motor Habis

Ciri Ciri Kampas Rem Motor Habis

Seperti dijelaskan di atas, kampas rem pada sepeda motor tentu memiliki batas pakai dan usianya. Agar perjalanan tetap nyaman terdapat beberapa indikator penentu kapan kampas rem harus segera dilakukan penggantian, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kampas rem mengeluarkan bunyi.
  • Rem motor terasa lebih dalam.
  • Minyak rem sudah mulai berkurang.
  • Kampas mulai terasa tipis.
  • Rem menjadi tidak pakem.
  • Piringan disc cakram semakin menipis.
  • Munculnya bau terbakar dari bagian belakang motor.

Penyebab Kampas Rem Motor Cepat Habis

Penyebab Kampas Rem Motor Cepat Habis

Meskipun penyebab utama kampas rem motor habis adalah faktor usia, namun terdapat sejumlah faktor yang bisa menyebabkan komponen tersebut cepat habis. Sebelum pembahasan biaya ganti kampas rem motor, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya berikut ini.

Ketebalan Rem Berbeda

Salah satu penyebab mengapa kampas rem motor menjadi cepat habis yaitu karena ketebalan kampas berbeda-beda. Sebagai contoh tebal kampas rem sepeda motor bebek keluaran lama terlihat lebih tebal da kampas rem motor matic baru. Hal ini juga dibenarkan secara langsung oleh beberapa produsen kampas rem.

Kondisi Jalan

Selanjutnya hubungan kondisi jalan ternyata juga bisa menjadi penyebab kampas rem motor menjadi semakin menipis. Pasalnya, padatnya kondisi jalan memungkinkan pengendara semakin sering menarik ataupun memijak tuas rem. Di sisi lain, kondisi jalan menanjak atau menurun juga membuat kampas rem semakin cepat habis.

Kapasitas Mesin Motor

Penyebab kampas rem motor cepat habis berikutnya yaitu karena kapasitas mesin motor itu sendiri. Semakin besar kapasitas mesin, maka akan semakin besar pula dimensi motor sehingga menjadikan beban pengereman menjadi meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran jika saat ini banyak produsen memproduksi motor berkapasitas mesin lebih besar akan berdampak semakin boros kampas remnya.

Gaya Berkendara

Penyebab terakhir mengapa kampas rem motor lebih cepat habis yaitu karena gaya berkendara, terutama pada anak-anak muda ketika memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi lalu melakukan pengereman mendadak. Tentunya hal tersebut akan membuat sistem pengereman bekerja lebih keras.

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Perlu diketahui, tentunya biaya ganti kampas rem motor akan jauh lebih murah dibandingkan PENGGANTIAN KAMPAS REM MOBIL. Hal ini bisa dilihat berdasarkan harga komponen kampas rem motor yang lebih murah dibandingkan kampas rem mobil.

Selain itu, penggantian kampas rem motor juga tidak serumit penggantian kampas rem mobil sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya ganti kampas rem motor mulai dari kisaran harga komponennya serta tarif jasa bengkelnya.

Harga Kampas Rem

Harga Kampas Rem

Sebagaimana diketahui, kampas rem motor di pasaran dijual dengan harga cukup bervariasi, tergantung pada tipe serta kualitas komponen itu sendiri. Biasanya, komponen tersebut di banderol dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 200.0000. Harga tersebut berlaku entah itu untuk kampas rem cakram maupun tromol.

Ongkos Bengkel

Ongkos Bengkel 1

Sementara untuk ongkos jasa mekanik bongkar pasang juga besarannya tergantung dari masing-masing bengkel. Umumnya, mereka mematok tarif sekitar Rp 30.000 untuk satu roda. Jadi, apabila kalian hendak mengganti roda depan dan belakang, maka upah jasa pelayanannya yaitu sekitar Rp 60.000.

Tips Merawat Kampas Rem Motor

Tips Merawat Kampas Rem Motor

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti kampas rem motor untuk semua tipe dan jenisnya. Agar kampas rem motor lebih awet, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya di bawah ini.

  • Selalu cek kondisi tromol motor secara berkala.
  • Bersihkan caliper serta pin secara rutin.
  • Melumasi bearing roda secara berkala.
  • Ganti minyak rem setiap 20.000 KM perjalanan.
  • Ganti bantalan rem ketika sudah mulai menipis.
  • Selalu perhatikan jarak bebas kampas rem dengan piringan.
  • Lakukan pengereman secara normal dan hindari melakukan pengereman secara mendadak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya penggantian kampas rem sepeda motor tergantung pada pemilihan kualitas komponen itu sendiri. Sebab, di pasaran tersedia cukup banyak produsen merek kampas rem yang menjualnya dengan harga sangat bervariasi.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya ganti kampas rem motor, entah itu sistem cakram ataupun tromol. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengganti kampas rem motor di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *