Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Perbaikan Rem Tangan Mobil 2022 : Ciri & Penyebab Rusak

Biaya Perbaikan Rem Tangan Mobil

Biaya Perbaikan Rem Tangan Mobil – Seperti diketahui, rem tangan atau hand brake mempunyai peran penting pada sebuah mobil. Meskipun jarang mengalami masalah, namun bukan berarti komponen tersebut sama sekali tidak memiliki potensi rusak ataupun mengalami penurunan kinerja.

Dimana fungsi rem tangan sendiri ialah untuk membantu supaya mobil tidak meluncur dengan sendirinya pada saat harus berhenti di jalan menanjak ataupun menurun serta sebagai rem alternatif ketika keadaan darurat. Biasanya, settingan dari pabrikan rem tangan akan sampai ke titik maksimal mulai dari 5 hingga 7 klik.

Apabila rem tangan mobil kalian melebihi batas tersebut atau kendaraan masih suka merosot meskipun rem tangan sudah di aktifkan, bisa saja terdapat sebuah masalah ataupun kerusakan pada komponennya. Maka dari itu, saran kami sebaiknya segera lakukan pengecekan dan perbaikan ke bengkel terdekat apabila rem tangan memang sedang bermasalah.

Namun, sebelum mengunjungi bengkel umum ataupun resmi terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran biaya perbaikannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan rem tangan mobil rusak dilengkapi dengan ciri hingga penyebab permasalahannya.

Ciri Rem Tangan Mobil Bermasalah

Ciri Rem Tangan Mobil Bermasalah

Perlu diketahui, kerusakan rem tangan mobil tentunya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya rem tangan mempunyai fungsi atau peran penting di dalam sebuah kendaraan, khususnya dalam keadaan darurat.

Pada umumnya, adanya permasalahan pada rem tangan mobil dapat ditandai dengan beberapa ciri. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya perbaikan rem tangan semua jenis mobil lebih lanjut, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah ciri-ciri kerusakannya.

  • Terdengar suara aneh ketika tuas rem tangan ditarik.
  • Tarikan dan lepasan tuas rem tangan menjadi terlalu keras.
  • Jarak tuas rem tangan lebih tinggi dari biasanya.
  • Rem tangan terasa sulit ketika hendak diturunkan.

Penyebab Rem Tangan Mobil Rusak

Munculnya sebuah masalah pada beberapa komponen mobil tentunya dapat disebabkan oleh sejumlah hal, termasuk rem tangan. Jadi, rem tangan sebenarnya perlu dilakukan pengecekan secara rutin dan berkala untuk mengetahui apakah komponennya masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Apabila rem tangan mobil memunculkan beberapa ciri atau tanda di atas, maka bisa disimpulkan bahwa komponen tersebut mengalami sebuah permasalahan. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab rem tangan mobil rusak.

1. Menurunnya Performa Kampas Rem

Salah satu penyebab utama rem tangan mobil tidak berfungsi yaitu karena menurunnya setelan brake shoe atau kampas rem. Dimana kondisi tersebut akan membuat tuas rem tangan menjadi lebih tinggi ketika diaktifkan. Umumnya kampas rem tangan mobil sendiri biasanya dapat bertahan hingga 5 tahun.

2. Terlalu Kuat saat Menarik Rem Tangan

Kemudian penyebab kerusakan pada komponen rem tangan mobil berikutnya yaitu karena pengemudi terlalu kuat secara terus menerus. Biasanya kondisi ini terjadi karena tuas rem tangan bisa melebihi ambang batas gerigi di dalamnya.

3. Menarik Rem Tangan saat Mobil Masih Berjalan

Menarik rem tangan ketika mobil masih dalam keadaan berjalan juga bisa menjadi salah satu penyebab permasalahannya. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi kendaraan beserta penumpangnya. Maka dari itu, pastikan kalian jangan pernah menarik rem tangan ketika mobil masih berjalan.

4. Lupa Menurunkan Rem Tangan

Penyebab terakhir kenapa rem tangan mobil sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya yaitu karena kalian lupa menurunkannya. Secara garis besarnya, hal tersebut sudah jelas sangat tidak diperbolehkan. Pasalnya, ketika rem tangan aktif namun mobil dipaksa bergerak maju karena lupa menurunkannya, maka lama kelamaan akan merusak kinerja komponen tersebut.

Biaya Perbaikan Rem Tangan Mobil

Setelah mengetahui sejumlah ciri hingga penyebab kerusakan rem tangan mobil, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikannya. Perlu diingat, kegiatan service atau perbaikan rem tangan mobil sendiri saat ini sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat, baik itu bengkel resmi ataupun umum.

Seperti halnya biaya perbaikan central lock mobil, besaran biaya perbaikan rem tangan juga sangat bervariasi, tergantung dari bagian atau komponen mana yang mengalami kerusakan. Untuk kegiatan service penyetelan rem tangan mobil supaya bisa lebih pakem, biasanya pihak bengkel mematok harga atau tarif mulai dari Rp 200.000.

Akan tetapi, seringkali kondisi permasalahan rem tangan mobil terdapat pada kampas rem. Bisa jadi kampas rem tangan mobil menjadi penyebab utama mengapa komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik, sehingga pemilik harus menggantinya dengan yang baru.

Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini harga kampas rem tangan mobil berada di kisaran Rp 450.000 hingga Rp 600.000 per set. Namun, kembal lagi bahwa besaran harga komponen kampas rem tangan tersebut tergantung pada tipe atau jenis mobil yang digunakan.

Sedangkan untuk biaya perbaikan rem tangan mobil jika terjadi kerusakan pada kabelnya, maka pihak bengkel akan mematok tarif penggantian mulai dari Rp 500.000 per kabel. Sebagai informasi tambahan, beberapa biaya perbaikan di atas hanya berlaku untuk rem tangan mobil konvensional. Nah, sementara untuk rem tangan mobil elektrik biasanya akan jauh lebih mahal.

Tips Merawat Rem Tangan Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan rem tangan mobil untuk semua jenis dan tipe dilengkapi ciri hingga penyebab kerusakannya. Supaya rem tangan mobil bisa awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya di bawah ini.

  • Jangan biarkan rem tangan aktif terlalu lama.
  • Selalu cek kondisi minyak rem tangan.
  • Memaksimalkan rem kaki.
  • Service rem tangan mobil secara rutin.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya perbaikan rem tangan mobil untuk semua tipe dan jenis dilengkapi dengan ciri hingga penyebab kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memperbaiki rem tangan mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *