Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Update Biaya Kremasi di Krematorium Terlengkap 2022

Biaya Kremasi di Krematorium

Biaya Kremasi di Krematorium – Selain dikubur, prosesi pemakaman yang juga seringkali dilakukan terhadap jasad adalah dikremasi atau pembakaran. Secara garis besarnya, kremasi atau pengabuan merupakan praktik penghilangan jenazah manusia setelah meninggal dengan cara membakarnya.

Umumnya kegiatan ini dilakukan di sebuah krematorium/pancaka atau biasa juga di sebuah makam di Bali yang disebut sebagai setra atau pasetran. Untuk melakukan prosesi tersebut, tentunya pihak keluarga atau kerabat yang ditinggalkan wajib membayarkan sejumlah biaya yang cukup besar.

Di Indonesia sendiri, sudah tersedia cukup banyak sekali tempat kremasi yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, entah itu di Jakarta, Tangerang, Bogor dan lain sebagainya. Akan tetapi, tentunya setiap krematorium tersebut mempunyai ketentuan harga atau tarif yang berbeda-beda.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk melakukan prosesi kremasi di krematorium, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya kremasi di krematorium dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya.

Alasan Memilih Kremasi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya kremasi di krematorium lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa alasan memilihnya. Seperti diketahui, penghormatan terakhir terhadap seorang yang dicintai merupakan pilihan sangat personal dan umumnya telah disepakati sebelumnya.

Selain kepercayaan agama dan budaya, banyak orang memilih proses pemakaman kremasi karena sejumlah alasan, diantaranya yaitu seperti hemat biaya, ramah lingkungan, pemakaman lebih praktis dan kekhawatiran berlebihan anggota keluarga terhadap dekomposisi alami.

Layanan Kremasi di Krematorium

Perlu diketahui, biasanya beberapa krematorium sudah melengkapi beberapa fasilitas seperti rumah duka dan rumah abu. Selain itu, krematorium juga umumnya memberikan sejumlah fasilitas yang nantinya akan membantu prosesi kremasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Adapun beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu seperti mobil ambulans untuk menjemput dan mengantar jenazah, dokumentasi foto dan video, peti jenazah, pemulasaran jenazah, rias jenazah serta dekorasi ruang juga. Dimana semua fasilitas tersebut sudah termasuk di dalam biaya kremasi di krematorium.

Prosesi Kremasi di Krematorium

Prosesi Kremasi di Krematorium

Selain harus memahami besaran biaya kremasi di krematorium, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Dimana proses kremasi diawali dengan penempatan jenazah pada wadah kremasi, kemudian dimasukkan ke dalam tungku pembakaran.

Tungku pembakaran tersebut khusus terletak di dalam ruangan dengan suhu panas 1.000 derajat celcius sehingga memudahkan proses pembakaran seluruh anggota tubuh manusia hingga hanya menyisakan debu. Jika dilakukan di sebuah pancaka, biasanya jenazah diletakkan pada sebuah peti kayu dan dibakar pada suhu 760 hingga 1.150 derajat celcius.

Nantinya fragmen tulang yang tersisa secara hati-hati dikeluarkan dari ruangan, dibersihkan dari semua komponen logam, diproses menjadi partikel halus yang menyerupai abu. Lalu nantinya abu tersebut ditempatkan di dalam wadah sementara atau guci yang telah dipersiapkan oleh keluarga dengan berat kurang lebih sekitar 5% dari berat jenazah.

Perlu diingat, proses kremasi bisa saja berbahaya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab apabila almarhum mempunyai alat pacu jantung, maka bisa menyebabkan ledakan di dalam kremator. Jika mempunyai implan, maka hal tersebut akan menyebabkan pelepasan gas berbahaya sehingga perlu disingkirkan terlebih dahulu.

Selain itu, ruang kremasi juga bersuhu antara 1.400 hingga 1.800 derajat farenheit. Dimana satu kamar hanya bisa digunakan untuk membakar satu tubuh pada satu waktu. Meskipun demikian, lapisan luarnya biasanya terbuat dari batu bata industri yang mampu menahan suhu sangat tinggi.

Untuk memanaskan tungku, dibutuhkan adanya minyak, gas alam, propana atau diesel. Kemudian jasad juga nantinya akan ditempatkan pada peti mati yang mudah terbakar dan mudah hancur. Dengan kata lain, nantinya peti tersebut juga ikut terbakar bersama jasad yang ada di dalamnya.

Lama Proses Kremasi di Krematorium

Selama proses kremasi berlangsung, biasanya tidak akan tercium bau karena terdapat zat emisi khusus yang diproses untuk menghancurkan asap serta menguapkan gas berbau. Untuk durasi atau lama proses kremasi di krematorium sendiri sebenarnya tergantung dari beberapa faktor.

Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti berat atau ukuran tubuh, presentasi lemak tubuh terhadap massa otot, suhu ruang kremasi, jenis wadah atau peri mati hingga kinerja peralatan kremasi yang digunakan. Namun, umumnya proses kremasi di krematorium membutuhkan waktu selama 2 sampai 3 jam.

Biaya Kremasi di Krematorium

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai alasan, layanan hingga prosesi kremasi di krematorium. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa anggaran dana yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan prosesi kremasi di krematorium.

Perlu diingat, besaran biaya kremasi tentunya berbeda antara krematorium satu dan krematorium lainnya. Selain itu, besaran biaya tersebut juga nantinya tergantung dari pelayanan beserta fasilitas yang dipilih oleh keluarga mendiang. Agar lebih jelasnya, berikut kami berikan daftar biaya kremasi di beberapa krematorium di Indonesia.

Lokasi KrematoriumBiaya Kremasi
Krematorium CilincingRp 7.000.000 – Rp 10.000.000
Krematorium Oasis Lestari, TangerangRp 6.000.000 – Rp 9.000.000
Krematorium Sentra Medika, BogorRp 24.000.000 (jenazah non Covid-19)
Rp 28.000.000 (jenazah Covid-19)
Grand Heaven KrematoriumRp 49.000.000 (Paket Silver)
Rp 59.000.000 (Paket Gold)
Rp 69.000.000 (Paket Platinum)
Rp 75.000.000 (Paket Titanium)
Krematorium TPU Tegal AlurGratis

Catatan : Besaran biaya kremasi di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari pihak krematorium.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya kremasi di krematorium seluruh wilayah Indonesia dilengkapi dengan alasan memilih hingga prosesi pelaksanaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan prosesi kremasi di krematorium terdekat.

Sumber gambar : mitti.se

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *