Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol 2022 : Putra & Putri

Biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol

Biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol – Sebagian besar Warga Kota Bogor khususnya Kecamatan Jonggol pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pondok Pesantren Al Andalus. Ponpes Al Andalus sendiri termasuk ke dalam kategori pesantren sunnah, karena memang berlandaskan pada Al Manhaj Nabawi, seseuai dengan manhaj Ahli Sunnah wal Jama’ah.

Sama halnya seperti pondok pesantren pada umumnya, Al Andalus sebagai Islamic International Boarding School setiap tahunnya membuka pendaftaran bagi santri baru. Dimana Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol sendiri menyediakan beberapa jenjang pendidikan kepada santrinya, entah itu putra maupun putri.

Akan tetapi, setiap orang yang hendak mendaftarkan diri menempuh pendidikan di Ponpes Al Andalus Jonggol perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya. Salah satu syarat supaya proses pendaftaran santri baru di Ponpes Al Andalus Joggol tersebut dapat diterima yaitu mereka perlu membayar sejumlah biaya atau uang masuknya.

Maka dari itu, jika kalian berencana mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol dilengkapi syarat hingga prosedur pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Ponpes Al Andalus Jonggol

Jenjang Pendidikan Ponpes Al Andalus Jonggol

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenjang pendidikannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol menyediakan sistem pendidikan baik itu untuk santri putra maupun putri.

Kesehatan

Dimana pondok pesantren tersebut menghadirkan jenjang pendidikan mulai dari SMP, SMA hingga tahfidz Al Quran. Daripada penasaran, di bawah ini adalah penjelasan masing-masing jenjang pendidikan di Pondok Pesantren AL Andalus Jonggol, entah itu untuk santri putra maupun putri.

1. SMP IT

  • Jenjang SMP IT selama 3 tahun bagi lulusan SD/sederajat.
  • Kurikulum SMP IT menginduk ke Kemendikbud dalam menyelenggarakan pendidikan dengan perpaduan antara Kurikulum Pendidikan Nasional dengan kurikulum khas pondok pesantren.
  • Setiap santri SMP IT akan memperoleh ijazah negara.

2. SMA IT

  • Jenjang SMA IT selama 3 tahun bagi lulusan SMP serta I’dad Lughawiy Ponpes Al Andalus.
  • Kurikulum SMA IT menginduk ke Kemendikbud dalam menyelenggarakan pendidikan dengan perpaduan antara Kurikulum Pendidikan Nasional dengan kurikulum khas pondok pesantren.
  • Setiap santri SMA IT akan mendapatkan dua jenis ijazah, yaitu ijazah pesantren serta ijazah negara.

3. I’dad Lughawly

  • Jenjang pendidikan I’dad Lughawly (Persiapan Bahasa Arab) bagi lulusan SMP selain SMP IT Al Andalus.
  • Program Bahasa Arab, Al Quran dan pengenalan dasar-dasar agama intensif selama 1 tahun sebagai syarat mutlak guna melanjutkan pendidikan ke SMA IT.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol

Selain harus membayar biaya pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol, kalian juga harus memenuhi beberapa berkas atau dokumen tambahan lainnya. Adapun sejumlah dokumen tambahan sebagai syarat masuk Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mengisi formulir pendaftaran santri baru.
  • Membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol.
  • Mengikuti tes seleksi sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak ponpes.
    • Tes potensi akademik (tulis, PAI, Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika).
    • Tes kepribadian (tulis).
    • Tes Al Quran (membaca dan menghafal).
    • Tes wawancara.
  • Menyertakan fotokopi rapor dari kelas 5 untuk SD/MI.
  • Menyertakan fotokopi rapor dari kelas 8 dilegalisir sebanyak 1 lembar untuk SMP/MTS.
  • Menyerahkan fotokopi NISN sebanyak 1 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi akta kelahiran sebanyak 1 lembar.
  • menyerahkan fotokopi KK.
  • Menyerahkan pas foto setengah badan badan berwarna merah.
    • Putra : Baju putih berkerah, tanpa atribut, tanpa penutup kepala serta tanpa kacamata.
    • Putri : Berpakaian putih, berjilbab serta tanpa kacamata.
  • Menyertakan surat keterangan sehat.
  • Menyerahkan hasil tes lab HbSAg dai laboratorium ataupun lembaga kesehatan.

Cara Daftar Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol

Seperti halnya Pondok Pesantren Darussalam Garut, proses pendaftaran santri baru Ponpes Al Andalus Jonggol sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya. Dimana situs resmi pendaftaran santri baru Ponpes Al Andalus Jonggol tersebut dapat diakses entah itu melalui smartphone, laptop ataupun komputer.

Selain itu, pendaftaran online santri baru tersebut tidak hanya berlaku untuk putra saja, namun juga berlaku bagi santri putri. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana prosedur atau tata cara pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol.

  1. Mengisi formulir pendaftaran santri baru secara online di situs resmi Ponpes Al Andalus Jonggol.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran santri baru.
  3. Melakukan konfirmasi pendaftaran ke Sekretariat PSB.
  4. Terakhir, nantinya panitia akan mengirimkan nomor serta jadwal pelaksanaan tes seleksi.

Biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol

Setelah mengetahui besaran syarat hingga tata cara pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau uang pendidikannya. Perlu diketahui, mungkin besaran biaya masuk Ponpes Al Andalus Jonggol akan sedikit lebih mahal dibandingkan biaya Ponpes Daar el Qolam.

Dimana uang pendidikan Ponpes Al Andalus Jonggol sendiri terdiri dari beberapa kategori seperti biaya pendaftaran, uang SPP, uang pangkal hingga biaya daftar ulang tahunan. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan daftar rincian biaya pondok pesantren Al Andalus Jonggol untuk semua jenjang pendidikannya, baik itu putra maupun putri.

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp 350.000
Uang SPP
– Biaya Pendidikan
– Biaya Asrama
– Biaya Makan 3x Sehari
– Biaya Laundry
Rp 2.500.000 per bulan
Uang Pangkal
– Infaq Pembangunan
– Biaya Sewa Perlengkapan Santri
– Biaya Ekstrakurikuler Tahun Pertama
– Biaya Seragam dan Buku Paket
Rp 30.000.000
Biaya Daftar Ulang Tahunan
– Biaya Ekstrakurikuler
– Biaya Ujian
– Biaya Kesehatan
– Biaya Kepengasuhan
– Biaya Tahfidz Camp
– Biaya Aitam
– Biaya Maintenance
– Biaya Buku Paket
Rp 8.000.000 per tahun

Call Center Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja syarat masuk, cara daftar hingga biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol untuk semua jenjang pendidikannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Humas : +62 911 3920 135
  • Sekretariat PSB : +62 828 1151 5951
  • Facebook : @pp.alandalus
  • Twitter : @pp_alandalus
  • Instagram : @pp_alandalus

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol sudah menyediakan beberapa jenjang pendidikan bagi santri putra maupun putri. Akan tetapi, untuk bisa menempuh pendidikan di ponpes tersebut, mereka perlu memenuhi sejumlah syarat dan ketentuannya, termasuk biaya atau uang masuknya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi dengan syarat hingga prosedur pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.