Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah 2022 : Putra & Putri

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah – Sebagian besar di antara kalian pasti sudah pernah mendengar nama Pondok Pesantren Sulaimaniyah. Dimana Pondok Pesantren Sulaimaniyah sendiri merupakan bentuk kerja sama antara Kementrian Agama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey / UICCI).

Untuk saat ini, Pesantren Sulaimaniyah tidak hanya terdapat pada satu wilayah atau daerah saja, namun sudah tersedia cukup banyak cabang Ponpes Sulaimaniyah yang tersebur di Indonesia. Menariknya lagi, setiap santri yang hendak mendaftarkan diri di Pesantren Sulaimaniyah berhak memilih penempatannya sesuai dengan minatnya masing-masing.

Berbicara mengenai pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Sulaimaniyah, tentunya terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi, salah satunya yaitu tentang biaya administrasinya. Biasanya pihak Ponpes Sulaimaniyah menentukan besaran biaya pendidikan para santri berdasarkan jenjang pendidikannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mendaftarkan diri di Pesantren Sulaimaniyah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah semua cabang dilengkapi syarat dan cara pendaftarannya, entah itu putra maupun putri.

Jenjang Pendidikan Pesantren Sulaimaniyah

Jenjang Pendidikan Pesantren Sulaimaniyah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas jenjang pendidikannya. Untuk saat ini, Pondok Pesantren Sulaimaniyah memberikan beberapa jenjang pendidikan kepada para calon santri, mulai dari jenjang SMP, SMA hingga tahfidz Al-Quran.

Dimana untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA di Pesantren Sulaimaniyah sudah tersedia untuk santri putra ataupun putri. Sementara untuk jenjang tahfidz Al-Quran (lulusan SMA/sederajat) hanya dikhususkan untuk santri putra saja. Namun, tentunya terdapat beberapa syarat tang harus dipenuhi oleh calon santri ketika hendak masuk ke pesantren tersebut.

Syarat Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon santri ketika hendak mendaftarkan diri di Pesantren Sulaimaniyah. Dimana syarat dan ketentuan tersebut sebenarnya terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari syarat umum hingga syarat khusus sesuai jenjang pendidikan.

Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai syarat masuk pesantren Sulaimaniyah untuk semua jenjang pendidikan, baik itu untuk santri putra maupun putri.

Syarat Utama

  • Lancar membaca Al-Quran dengan tajwidnya.
  • Berakhlak mulia, disiplin serta tidak merokok.
  • Bersedia mengikuti pendidikan di Indonesia dan di Turki hingga selesai jika mendapatkan beasiswa.
  • Bersedia ditempatkan di cabang Pesantren Sulaimaniyah mana pun sesuai hasil ujian.
  • Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Syarat Khusus

  • Syarat khusus SMP/sederajat.
    • Telah lulus pendidikan SD/sederajat.
    • Usia tidak lebih dari 13 tahun pada saat mendaftar.
    • Telah menghafal Al-Quran Surat Ad-Duha hingga Surat An-Nas.
  • Syarat khusus SMA/sederajat.
    • Telah lulus pendidikan SMP/sederajat.
    • Usia tidak lebih dari 16 tahun pada saat mendaftar.
    • Telah menghafal Al-Quran surat An-Naba’ sampai surat An-Nas.
  • Lulusan SMA/sederajat diperbolehkan mendaftar jika sudah menghafal 30 juz Al-Quran dengan mutqin (khusus putra).

Cara Daftar Pesantren Sulaimaniyah

Seperti halnya Pondok Pesantren Al Maahira Malang, saat ini proses pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah juga sudah bisa dilakukan secara online melalui situs atau website resminya. Namun, ketika hendak mendaftarkan diri pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan utama di atas.

Sebagai informasi tambahan, di dalam prosedur pendaftaran santri baru yang masuk di Pesantren Sulaimaniyah juga terdapat beberapa informasi penting mengenai biaya administrasinya. Agar lebih jelasnya, berikut kami berikan prosedur atau tata cara pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah, entah itu putra maupun putri.

  1. Calon santri melakukan pendaftaran melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah di https://tahfidzsulaimaniyah.org/.
  2. Kemudian, petugas Pesantren Sulaimaniyah akan menghubungi calon santri melalui nomor yang telah terdaftar sebelumnya.
  3. Setelah itu, calon santri diminta untuk mengikuti ujian-1 secara online sesuai petunjuk dari petugas.
  4. Calon santri diminta menunggu pengumuman hasil ujian pertama di situs resmi Pesantren Sulaimaniyah.
  5. Calon santri yang dinyatakan lulus ujian-1 datang ke asrama untuk mengikuti ujian-2.
  6. Selanjutnya menunggu hasil ujian-2 di website resmi Pesantren Sulaimaniyah.
  7. Terakhir, calon santri yang dinyatakan lulus menghubungi asrama yang akan ditempati untuk melakukan daftar ulang dengan membayar biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah sesuai jenjang pendidikannya.

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan hingga cara daftar Pesantren Sulaimaniyah, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya administrasinya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, setiap calon santri yang dinyatakan lulus diwajibkan membayar biaya daftar ulang sebelum masuk ke Pesantren Sulaimaniyah.

Dimana besaran biaya daftar ulang sebelum masuk ke Pondok Pesantren Sulaimaniyah sendiri yaitu sekitar Rp 9.000.000 dengan biaya per bulan Rp 900.000, khusus untuk pendaftaran jalur beasiswa. Sementara jika pendaftaran bukan melalui jalur beasiswa, maka total biaya daftar ulang yaitu bisa mencapai Rp 25.000.000 dengan biaya per bulan Rp 2.000.000.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu karena dipengaruhi oleh sejumlah hal. Meskipun demikian, biasanya pihak Ponpes Sulaimaniyah sendiri akan menjelaskan secara detail mengenai rincian biaya daftar ulang untuk masing-masing calon santri.

Call Center Pesantren Sulaimaniyah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak pesantren melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Telepon : +6221 – 4710751
  • Email : info@tahfidzsulaimaniyah.org
  • Facebook : @tahfidzsulaimaniyah
  • Instagram : @tahfidzsulaimaniyah

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat dan ketentuan pendaftarannya, entah itu untuk santri putra maupun putri. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri di Pesantren Sulaimaniyah.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *