Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam 2021 : Syarat & Cara Daftar

Biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam 1

Biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam – Saat ini, menempuh pendidikan di pondok pesantren atau ponpes bisa menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ponpes mempunyai pola pengajaran mendidik anak menjadi lebih mandiri dengan berlandaskan agama Islam.

Salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia dan pastinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat di wilayah Tangerang, Banten yaitu Daar el Qolam. Dimana Ponpes Daar el Qolam juga dikenal sebagai pesantren alumni Gontor karena memang pendirinya merupakan alumni atau lulusan dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor.

Sebagaimana diketahui, setiap tahun ajaran baru pastinya Pondok Pesantren Daar el Qolam membuka kesempatan bagi calon santri yang hendak melanjutkan pendidikannya. Akan tetapi, Pondok Pesantren Daar el Qolam tentunya memiliki beberapa syarat beserta ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon santri ketika mendaftarkan diri.

Biaya atau uang pendaftaran santri baru di Ponpes Daar el Qolam mungkin menjadi salah satu syarat wajib yang perlu diketahui oleh para calon santri. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci terkait besaran biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam dilengkapi prosedur pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Ponpes Daar el Qolam

Jenjang Pendidikan Ponpes Daar el Qolam

Sebelum membahas biaya masuk Pondok Pesantren Daar el Qolam lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja jenjang pendidikannya. Hingga kini, Ponpes Daar el Qolam mempunyai 4 program pendidikan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Daar el Qolam 1

Daar el Qolam 1 atau disingkat menjadi Darqosatu merupakan program khusus pembinaan pendidikan jenjang lulusan SD atau Ibtidaiyah yang pola pengajarannya berlangsung selama 6 tahun sampai lulus ke perguruan tinggi, entah itu di Indonesia ataupun luar negeri.

Daar el Qolam 2

Daar el Qolam 2 ialah sebuah Program Excellent Class (PEC) dengan proses belajar mengajar bertaraf internasional. Dimana program tersebut diberikan sebagai treatment khusus bagi santri yang dinilai lebih cerdas supaya bisa memanfaatkan waktu dan kecerdasannya untuk menambah ilmu serta keterampilan khusus.

Daar el Qolam 3

Selanjutnya yaitu ada Daar el Qolam 3. Daar el Qolam 3 ialah sebuah program pengembangan dari Daar el Qolam 1 yang berpusat pada pendidikan guna mendidik tamatan SMP dengan masa pendidikan 3 tahun dalam bentuk pendidikan setara SMA/SLTA. Namun, sebenarnya Daar el Qolam 3 juga tetap menerima pendidikan 6 tahun.

Daar el Qolam 4

Sedangkan Daar el Qolam 4 merupakan program pendidikan dan pengajaran yang dikhususkan pada tahfidz guna mempermudah para santri dalam melanjutkan pendidikan ke Jenjang Pendidikan di Timur Tengah. Meskipun Daar el Qolam menekankan pada aspek agama Islam, namun pola pengajarannya juga tidak meninggalkan keilmuan pengetahuan umum lainnya.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Daar el Qolam

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika seorang calon santri hendak mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Daar el Qolam, pastinya mereka perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya. Selain harus membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Daar el Qolam, mereka juga perlu memenuhi beberapa ketentuan umum lainnya.

Daripada penasaran, di bawah ini adalah syarat dan ketentuan masuk Pondok Pesantren Daar el Qolam untuk semua jenjang pendidikannya.

  • Mengisi formulir pendaftaran calon santri baru.
  • Membayar biaya registrasi Pondok Pesantren Daar el Qolam.
  • Menyerahkan fotokopi akta kelahiran.
  • Menyerahkan fotokopi KK.
  • Menyerahkan fotokopi KTP orang tua.
  • Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Menyerahkan pas foto hitam putih berukuran 3×4 sebanyak 5 lembar (foto berseragam putih dan berjilbab putih bagi perempuan).
  • Menyerahkan fotokopi ijazah legalisir sebanyak 3 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi keterangan lulus ujian nasional.
  • Menyerahkan fotokopi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Cara Daftar Pondok Pesantren Daar el Qolam

Seperti halnya Pondok Pesantren Lirboyo, saat ini pendaftaran santri baru di Ponpes Daar el Qolam sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya. Dimana calon santri bisa mengakses website https://daftar.daarelqolam.ac.id/ melalui smartphone, laptop ataupun komputer asalkan terhubung ke koneksi jaringan internet.

Jika memang pendaftaran santri baru di terima, maka mereka diharuskan mengikuti tes seleksi masuk Pondok Pesantren Daar el Qolam. Sebagai gambaran, berikut akan kami berikan beberapa materi tes seleksi masuk Pondok Pesantren Daar el Qolam untuk semua jenjang pendidikannya.

  • Membaca al-Quran.
  • Praktek Shalat.
  • Menulis Arab.
  • Matematika.
  • Bahasa Inggris.
  • Wawancara dan Psikotest.

Nantinya pemberitahuan penerimaan santri yang lolos seleksi masuk akan diumumkan melalui situs resmi Pondok Pesantren Daar el Qolam. Apabila calon santri dinyatakan lulus tes seleksi masuk Ponpes Daar el Qolam, maka mereka selanjutnya harus melakukan pendaftaran ulang.

Biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam

Setelah mengetahui syarat hingga prosedur atau tata cara pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Daar el Qolam, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar uang atau biaya pendidikannya. Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya Ponpes Daar el Qolam akan sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan Pondok Pesantren Daarul Quran Yusuf Mansur.

Dimana Pondok Pesantren Daar el Qolam membagi uang pendidikan santri baru menjadi 2 bagian, yaitu biaya saat registrasi pendaftaran serta biaya untuk bulanannya. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik rincian biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam di bawah ini, entah itu untuk Daar el Qolam 1, 2, 3 ataupun 4.

Biaya Masuk Daar el Qolam

Saat pertama kali mendaftarkan diri, calon santri perlu membayar biaya administrasi registrasi sebesar Rp 450.000, baik itu santri putra ataupun putri. Selain itu, mereka juga diwajibkan membayar sejumlah biaya untuk beberapa komponen tertentu, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

KeteranganDaar el Qolam 1Daar el Qolam 2, 3 & 4
Pendaftaran dan TesRp 450.000Rp 450.000
Pemeliharaan dan Pengembangan SaranaRp 11.000.000Rp 12.500.000
Pemeliharaan Tempat TidurRp 800.000Rp 800.000
Pemeliharaan, Penambalan Kursi dan Meja BelajarRp 1.000.000Rp 1.000.000
Infaq Pembangunan atau Penyelesaian Masjid UtamaRp 2.000.000Rp 2.000.000
TOTALRp 15.200.000Rp 16.750.000

Biaya Bulanan Daar el Qolam

Selain harus membayar biaya registrasi santri baru di Pondok Pesantren Daar el Qolam saat pendaftaran ulang, mereka juga nantinya akan dikenai biaya tambahan setiap bulannya. Adapun rincian biaya bulanan Ponpes Daar el Qolam 1, 2 , 3 dan 4 tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Daar el Qolam 1

KeteranganBiaya
Makan 3x SehariRp 360.000
Litrik, Air & MCKRp 45.000
Cuci Pakaian (Laundry)Rp 30.000
Pemeliharaan KomputerRp 50.000
KesehatanRp 10.000
InfaqRp 10.000

Daar el Qolam 2

KeteranganBiaya
Makan 3x SehariRp 360.000
Iuran Pendidikan (SPP)Rp 595.000
Litrik, Air & MCKRp 45.000
Cuci Pakaian (Laundry)Rp 30.000
Pemeliharaan KomputerRp 50.000
KesehatanRp 15.000
InfaqRp 10.000

Daar el Qolam 3 (SMP)

KeteranganBiaya
Makan 3x SehariRp 360.000
Iuran Pendidikan (SPP)Rp 500.000
Litrik, Air & MCKRp 45.000
Cuci Pakaian (Laundry)Rp 30.000
Pemeliharaan KomputerRp 40.000
KesehatanRp 15.000
InfaqRp 10.000

Daar el Qolam 3 (SMA)

KeteranganBiaya
Makan 3x SehariRp 360.000
Iuran Pendidikan (SPP)Rp 600.000
Litrik, Air & MCKRp 45.000
Cuci Pakaian (Laundry)Rp 30.000
Pemeliharaan KomputerRp 40.000
KesehatanRp 15.000
InfaqRp 10.000

Daar el Qolam 4

KeteranganBiaya
Makan 3x SehariRp 360.000
Litrik, Air & MCKRp 45.000
Cuci Pakaian (Laundry)Rp 30.000
InfaqRp 10.000
Biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari Ponpes Daar el Qolam.

Call Center Pondok Pesantren Daar el Qolam

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam untuk semua jenjang pendidikannya dilengkapi prosedur pendaftarannya. Jika masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Ponpes Daar el Qolam melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : +622159576882 atau +622159576730
  • WhatsApp : 0878-0926-1846
  • Email : sekretariat@daarelqolam.ac.id
  • Facebook : @PesantrenDaarElQolam
  • Instagram : @daarelqolam

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Daar el Qolam menawarkan beberapa jenjang pendidikan kepada santrinya. Pastinya setiap jenjang pendidikan di Ponpes tersebut juga mempunyai ketentuan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya Pondok Pesantren Daar el Qolam untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi dengan syarat hingga prosedur pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendaftar di Ponpes Daar el Qolam.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *