Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Premarital Check Up Prodia

Biaya Premarital Check Up Prodia

Biaya Premarital Check Up Prodia – Premarital check up merupakan serangkaian tes kesehatan yang dilakukan oleh seseorang sebelum menikah. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan, riwayat masalah kesehatan hingga risiko gangguan tertentu calon suami istri.

Di sisi lain, premarital check up juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan genetik, penyakit turunan maupun infeksi menular tertentu yang diderita calon pengantin. Dengan menjalani premarital check up, pasien bisa merencanakan langkah pencegahan atau penanganan medis terkait permasalahannya.

Saat ini pemeriksaan premarital check up sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas hingga klinik laboratorium. Akan tetapi, setiap pasien yang hendak melakukan premarital check up diharuskan membayar biaya pelayanannya, terutama di Klinik Laboratorium Prodia.

Maka dari itu, jika kalian berencana melakukan premarital check up di Klinik Prodia, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya premarital check up Prodia disertai jenis pemeriksaannya.

Apa Itu Premarital Check Up?

Apa Itu Premarital Check Up

Seperti dijelaskan di atas, premarital check up atau pemeriksaan kesehatan pranikah ialah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang perlu dilakukan oleh calon pasangan suami istri sebelum menikah. Hal ini perlu dilakukan langkah pengujian apakah terdapat penyakit genetik serta penyakit infeksi ataupun menular pada pasangan.

Dengan mengetahui kondisi pasangan dapat membantu pasien merencanakan kesehatan keluarga menjadi lebih baik lagi. Di sisi lain, tindakan pengobatan, perencanaan gaya hidup hingga pencegahan penularan penyakit juga bisa dilakukan sebelum pasien memiliki anak.

Tujuan Premarital Check Up

Tujuan Premarital Check Up

Beberapa pasangan mungkin belum menyadari betapa pentingnya menjalani tes premarital check up. Padahal, sebenarnya pemeriksaan tersebut sangat membantu dalam mengidentifikasi berbagai macam masalah kesehatan beserta risikonya.

Oleh sebab itu, sebelum pembahasan mengenai biaya premarital check up Prodia lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaat atau tujuannya. Adapun beberapa tujuan dilakukannya premarital check up diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengetahui status atau kondisi kesehatan pasangan.
  • Mendeteksi penyakit menular seperti HIV/AIDS dan hepatitis B.
  • Mendeteksi penyakit ataupun kelainan genetik seperti thalasemi, hermofilia hingga anemia sel serabit.

Jenis Pemeriksaan Premarital Check Up Prodia

Jenis Pemeriksaan Premarital

Supaya pernikahan menjadi sempurna dengan kehadiran buah hati sehat, maka Laboratorium Klinik Prodia mengemas premarital check up menjadi beberapa jenis pemeriksaan. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa jenis pemeriksaan premarital check up di Klinik Prodia.

  • Hematologi lengkap, gambaran tepi, analisa Hb HPLC, ferritin serta badan inklusi Hbh.
  • Golongan darah A, B, O dan Rhesus untuk mengetahui kecocokan Rhesus pasien.
  • Tes urine rutin, mengetahui status adanya kelainan ginjal ataupun saluran kemih.
  • Glukosa puasa, mengetahui adanya kemungkinan diabetes melitus.
  • HbsAG, mengetahui kemungkinan terinfeksi virus hepatitis B.
  • VDLR/RPR, mendeteksi ada atau tidaknya sifilis pada tubuh pasien.
  • Anti-Rubella IgG, Anti-CMV IgG dan Anti-Toxoplasma, mengetahui kekebalan tubuh terhadap paparan rubella, cytomegalovirus serta toksoplasma.

Biaya Premarital Check Up Prodia

Rincian Biaya Premarital Check Up Prodia

Perlu diketahui, biaya premarital check up Prodia akan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan BIAYA TES KESEHATAN PRANIKAH DI PUSKESMAS. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jenis pemeriksaan premarital check up di Klinik Prodia lebih lengkap dibandingkan di puskesmas.

Terkait besaran tarif atau harga jasa pelayanannya sendiri, premarital check up Prodia di banderol dengan harga sekitar Rp 1.400.000 untuk pria. Sedangkan untuk pemeriksaan premarital check up wanita di Prodia harganya sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 2.200.000.

Besaran biaya premarital check up Prodia di atas sudah termasuk biaya pendaftaran, biaya pemeriksaan hingga biaya konsultasi dokter. Salah satu keunggulan Klinik Prodia yaitu kerap memberikan promo berupa potongan harga atau diskon mencapai 20%, asalkan memenuhi syarat beserta ketentuannya.

Waktu Ideal Menjalani Premarital

Waktu Ideal Menjalani Premarital

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya premarital check up Prodia disertai jenis-jenis pemeriksaannya. Selanjutnya kalian juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjalani serangkaian pemeriksaan premarital check up di Klinik Laboratorium Prodia.

Menurut beberapa ahli, premarital check up sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sebelum menggelar acara pernikahan. Bahkan Kementrian Kesehatan merekomendasikan bagi setiap calon pasangan suami istri menjalani tes kesehatan 6 bulan sebelum menikah supaya mereka mendapatkan opsi kedua atau tes ulang jika memang diperlukan.

Jenis pemeriksaan pranikah sendiri sebetulnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pasiennya. Akan tetapi, agar lebih aman saran kami sebaiknya ikuti seluruh rangkaian pemeriksaan yang dianjurkan oleh pihak penyelenggara premarital check up, dalam hal ini yaitu Klinik Prodia.

Kesimpulan

Karena sang buah hati merupakan sumber kebahagiaan setiap pasangan, maka jangan sampai memberikan warisan buruk atau membahayakan buah hati dalam proses pertumbuhannya. Cegah penyakit keturunan ataupun penyakit genetik dengan melakukan premarital check up sebelum melangsungkan pernikahan.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya premarital check up Prodia untuk semua jenis pemeriksaannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani pemeriksaan premarital check up di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *