Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Medical Check Up

Biaya Medical Check Up

Biaya Medical Check Up – Melakukan tes kesehatan atau medical check up (MCU) secara rutin mampu membantu menemukan pemasalahan di dalam tubuh sebelum ada gejala terlihat. Medical check up juga bisa membantu menemukan masalah sejak dini serta memberikan peluang untuk perawatan dan penyembuhan lebih baik.

Dengan kata lain melakukan tes kesehatan sejak dini dapat memberikan kesempatan agar hidup jauh lebih sehat. Di Indonesia sendiri medical check up umum dilakukan seseorang sebelum masuk ke sebuah perusahaan, instansi ataupun sebelum pernikahan.

Meskipun cukup penting, namun kebanyakan orang terkendala melakukan tes kesehatan karena mahalnya biaya. Padahal besaran biaya pemeriksaan kesehatan ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya pengobatan ketika sudah terjangkit penyakit kronis.

Maka dari itu untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, sebaiknya lakukanlah medical check up secara berkala minimal dua tahun sekali. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tabel daftar biaya medical check up untuk semua jenis paket.

Apa Itu Medical Check Up

Apa Itu Medical Check Up

Medical check up ialah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan secara menyeluruh pada tubuh seseorang. Hasil pemeriksaan tersebut nantinya dapat menunjukkan apakah kesehatan seseorang itu baik ataupun beresiko terserang penyakit tertentu.

Jika seseorang didiagnosis memiliki penyakit tertentu, maka medical check up juga bisa menentukan langkah penanganan yang tepat untuk kedepannya. Tes kesehatan tersebut biasanya meliputi tes darah, tes urin, tes umum, pemeriksan gigi, mata, tenggorokan, kuping, paru-paru, tinggi hingga berat badan.

Manfaat Medical Check Up

Manfaat Medical Check Up

Sebelum membahsa biaya medical check up lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai beberapa manfaat melakukan serangkaian tes kesehatan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat ketika selesai menjalankan medical check up.

  • Mengetahui status kesehatan tubuh saat ini.
  • Melihat resiko penyakit yang mungkin menyerang tubuh di masa mendatang.
  • Memotivasi diri agar menjalani pola hidup sehat tertentu seperti berolahraga atau menghindari makanan tertentu.
  • Mampu memperbarui status vaksinasi.

Biaya Medical Check Up

Biaya Medical Check Up Terbaru

Hampir sama dengan BIAYA CT SCAN, besaran biaya tes kesehatan umumnya bergantung pada ketentuan rumah sakit ataupun laboratorium. Setiap rumah sakit, Puskesmas atau klinik juga akan menanyakan tujuan kalian menjalani skrining kesehatan. Pasalnya, setiap tujuan MCU memiliki jenis tes tersendiri.

1. Paket Standar Medical Check Up

Sebagai patokan, di bawah ini akan kami berikan tabel daftar biaya medical check up paket standar pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014.

Jenis PaketBiaya
PegawaiRp 262.000
Pranikah (per orang)Rp 328.000
100% dasarRp 349.000
Pranikah (dengan pemeriksaan sperma pria)Rp 414.000
100% lengkapRp 471.000
Tenaga Kerja IndonesiaRp 711.000
DasarRp 757.000
Tes jantungRp 946.000
Eksekutif priaRp 1.664.000
Eksekutif WanitaRp 1.926.000
Pranikah (dengan pemeriksaan TORCH wanita)Rp 2.019.000

2. Paket Khusus Medical Check Up

Kalian juga bisa menjalani medical check up saat mengalami penyakit tertentu, sebagai contoh pada payudara maupun paru-paru. Berikut daftar biaya medical check up untuk tindakan yang lebih spesifik.

Jenis PaketBiaya
TonometriRp 40.000
AudiometriRp 61.000
Foto thoraxRp 96.000
SpirometriRp 131.000
USG mammaeRp 188.000
USG abonemenRp 280.000
Treadmill testRp 300.000
Biaya per satu kali tes.

Prosedur Medical Check Up

Prosedur MCU

Setelah mengetahui besaran biaya ketika hendak melakukan medical check up, kalian juga harus mengerti bagaimana proses serangkaian tes tersebut. Nah, di bawah ini beberapa prosedur serangkaian pemeriksaan standar medis pada proses medical check up.

  • Menimbang berat badan (memperkirakan timbulnya masalah kesehatan apabila seseorang kegemukan atau obesitas).
  • Mengukur tekanan darah (memprediksi penyakit jantung ketika tensi tinggi).
  • Tes kolesterol dengan mengambil sampel darah untuk diuji di labiratorium.

Selain beberapa hal di atas, dokter atau tenaga medis juga biasanya akan melakukan wawancara untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan, termasuk kondisi keluarga untuk mengetahui potensi penyakit keturunan. Perlu diingat, apabila kalian tengah mengkonsumsi obat atau memiliki alat bantu kesehatan, sampaikan hal tersebut kepada petugas medis.

Tips Medical Check Up

Tips MCU

Agar hasil medical check up bisa optimal, maka kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Terkhusus bagi kalian yang hendak mengikuti proses rekrutmen di sebuah perusahaan supaya adapat diterima.

  • Tidur yang cukup serta terjadwal.
  • Cukupilah kebutuhan air putih.
  • Hindari olahraga berat.
  • Hindari makanan berminyak dan asin.
  • Berpuasa sebelum melakukan medical check up.
  • Hindari rokok serta minuman berkafein.
  • Usahakan melakukan tes kesehatan di pagi hari.

FAQ

Apakah Medical Check Up Memiliki Resiko?

Secara umum, medical check up merupakan serangkaian prosedur yang aman.

Apakah Medical Check Up Bisa Menggunakan BPJS?

BPJS kesehatan milik pemerintah sama sekali tidak menanggung biaya medical check up.

Demikian penjelasan seputar biaya medical check up untuk semua jenis paket lengkap dengan pengertian, manfaat serta prosedurnya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak melakukan serangkaian tes kesehatan MCU.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *