Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma – Meskipun kalian merasa sudah merawat gigi dengan baik, namun masih ada kemungkinan bahwa bakteri tetap tinggal di dalam mulut. Bakteri tersebut bisa bercampur dengan protein dan produk sampingan makanan sehingga membentuk lapisan lembut serta lengket bernama plak gigi.

Jika plak gigi di dalam mulut tidak dihilangkan secara teratur atau bahkan dibiarkan begitu saja, lapisan tersebut bisa mengeras menjadi sebuah karang gigi. Dimana karang gigi atau biasa disebut dengan tartar (kalkulus) bisa terbentuk di bagian bawah serta di atas garis gusi sehingga menyebabkan gigi berlubang hingga kerusakan gigi lainnya.

Salah satu langkah terbaik untuk menanggapi permasalahan tersebut yaitu dengan menjalani prosedur pembersihan karang gigi atau scaling gigi. Untungnya membersihkan karang gigi saat ini sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Laboratorium Klinik Kimia Farma.

Tentunya Klinik Lab Kimia Farma memiliki sebuah ketentuan mengenai tarif atau ongkos jasa pembersihan karang gigi sesuai dengan tingkat keparahannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait rincian biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Gejala Karang Gigi

Gejala Karang Gigi

Sebelum pembahasan utama mengenai rincian biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejalanya. Secara umum, karang gigi bisa dikenali dengan adanya lapisan seperti kotoran berwarna kehitaman, kekuningan ataupun kecokelatan pada garis gusi.

Tentunya kotoran berupa plak di gigi tersebut sulit dihilangkan meskipun sudah dibersihkan atau di sikat berulang kali. Biasanya kemunculan gigi pada seseorang ditandai dengan beberapa gejala. Adapun beberapa gejala munculnya karang gigi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Gusi bengkak.
  • Gusi berwarna gelap.
  • Gusi terasa nyeri pada saat disentuh.
  • Gusi mudah berdarah.

Penyebab Karang Gigi

Penyebab Karang Gigi

Seperti dijelaskan sebelumnya, karang gigi disebabkan karena munculnya plak gigi yang tidak dibersihkan secara teratur. Plak gigi sendiri berasal dari penumpukan sisa-sisa makanan dan tertinggal di dalam gigi. Nah, di bawah ini adalah beberapa penyebab munculnya karang gigi.

  • Merokok.
  • Jarang membersihkan atau merawat gigi.
  • Tidak pernah membersihkan mulut menggunakan obat kumur anti bakteri.
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan yang mempengaruhi kondisi kesehatan gigi seperti dekongestan ataupun antihistamin.

Manfaat Membersihkan Karang Gigi

Manfaat Membersihkan Karang Gigi

Salah satu langkah tepat dalam memutihkan gigi dalam hal ini adalah karang gigi yaitu dengan menjalani prosedur scaling gigi. Sebab, scaling gigi mampu membersihkan karang gigi dengan tingkat kekerasan sangat tinggi sekalipun. Selain itu, berikut adalah manfaat lainnya dalam menjalani pembersihan karang gigi di Kimia Farma.

  • Menghindari risiko karies (gigi berlubang) serta kerusakan gigi lainnya.
  • Menghindari risiko periodontitis (penyakit gusi).
  • Menghilangkan noda gigi ataupun bercak cokelat di gigi.
  • Menghindari bau mulut tidak enak.
  • Sebagai upaya menghemat biaya perawatan gigi di masa mendatang.

Prosedur Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma

Prosedur Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma

Selain diwajibkan membayar biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma, pasien juga harus mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Prosedur pembersihan karang gigi di Klinik Laboratorium Kimia Farma biasanya meliputi beberapa tahapan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Dokter biasanya memberikan anestesi lokal pada area gigi pasien.
  2. Selanjutnya dokter melakukan scaling subgingical guna mengangkat kerak gigi di antara gusi dan mahkota gigi.
  3. Dokter juga akan menggunakan ultrasonic scaler serta scaler manual untuk membersihkan plak dan karang sulit dijangkau.
  4. Prosedur membersihkan karang gigi akan dihentikan apabila area gigi hingga gusi sudah benar-benar bersih dari bakteri.

Umumnya prosedur pembersihan karang gigi di di Lab Kimia Farma membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit sampai 120 menit. Lamanya waktu scaling atau pembersihan karang gigi tersebut tergantung pada tingkat kerumitan serta keparahan karang gigi pasien.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Kimia Farma Semua Cabang

Perlu diketahui, besaran biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma mungkin sedikit lebih mahal jika dibandingkan BIAYA SCALING GIGI DI PUSKESMAS. Pasalnya, Klinik Laboratorium Kimia Farma memiliki peralatan atau perlengkapan medis lebih lengkap dari puskesmas.

Untuk besaran tarif membersihkan karang gigi di Kimia Farma sendiri berada di kisaran Rp 200.000 sampai Rp 300.000 untuk kasus tergolong ringan. Sementara jika karang gigi pasien sudah termasuk ke dalam kasus parah, maka biasanya biayanya akan sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

Klinik Lab Kimia Farma juga kerap memberikan promosi tertentu berupa cashback ataupun potongan harga (diskon) dalam prosedur scaling gigi. Jadi, tidak ada salahnya apabila kalian menanyakan terlebih dahulu mengenai promo yang ditawarkan sebagai upaya menghemat anggaran biaya.

Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma beserta prosedur pelaksanaannya. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dan cara mencegah supaya karang gigi tidak muncul kembali.

  • Rutin menggosok gigi secara teratur.
  • Bersihkan gigi menggunakan benang gigi beserta obat kumur setidaknya 1 kali sehari.
  • Kurangi mengonsumsi gula.
  • Cukupi kebutuhan air putih.
  • Hindari merokok.
  • Hindari minuman beralkohol.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif membersihkan karang gigi di Klinik Lab Kimia Farma hampir sama di setiap cabang. Selain itu, besaran biaya scaling gigi tersebut dipengaruhi oleh tingkat keparahan, kesulitan hingga kelengkapan peralatan medisnya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar rincian biaya membersihkan karang gigi di Kimia Farma disertai prosedur pelaksanaannya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak membersihkan karang gigi di Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *