Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas – Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Salah satu permasalahan yang kerap dirasakan oleh banyak orang karena tidak menjaga kebersihan gigi yaitu timbulnya gigi berlubang.

Gigi berlubang biasanya diakibatkan karena menumpuknya sisa-sisa makanan di area mulut sehingga membuat bakteri mudah masuk ke dalam gigi. Apabila kondisi tersebut sudah sampai terjadi, maka akan timbul rasa sakit yang mengganggu serta membuat bau mulut tidak sedap.

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang yaitu dengan menambalnya secara permanen di pusat jasa pelayanan kesehatan seperti puskesmas. Tentunya untuk kegiatan penambalan gigi berlubang, puskesmas menetapkan tarif atau harga jasa pelayanannya.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan tambal gigi di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai besaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tambal gigi di puskesmas, entah itu menggunakan BPJS ataupun tanpa BPJS.

Tujuan Tambal Gigi di Puskesmas

Tujuan Tambal Gigi di Puskesmas

Seperti dijelaskan di atas, penambalan gigi di puskesmas bertujuan untuk memperbaiki kondisi gigi yang berlubang. Selain itu, prosedur penambalan gigi juga memiliki beberapa tujuan dan manfaat seperti berikut ini.

  • Mengembalikan bentuk serta fungsi gigi.
  • Mampu mengurangi jumlah bakteri aktif di dalam mulut.
  • Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang umur gigi.
  • Mempertahankan bentuk tulang rahang hingga kontur wajah.
  • Memperbaiki gigi retak, patah atau terkikis akibat kebiasaan tertentu.

Prosedur Tambal Gigi di Puskesmas

Prosedur Tambal Gigi di Puskesmas

Seperti halnya PENCABUTAN AKAR GIGI, kegiatan penambalan gigi di puskesmas juga akan dikenakan biaya berdasarkan tingkat kerusakannya. Namun, sebelum membahas biaya tambal gigi di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu prosedur pelaksanaanya.

1. Pembersihan Gigi

Langkah pertama biasanya dokter akan membersihkan gigi pasien dari bakteri menggunakan bur gigi. Dokter juga akan memberikan bius lokal pada gigi sehingga mampu meredam rasa ngilu.

2. Pengolesan Bahan Perekat

Selanjutnya dokter akan mengoleskan bahan perekat tambalan atau bonding. Tahap ini perlu dilakukan supaya tambalan gigi nantinya bisa merekat dengan sempurna ke permukaan gigi.

3. Penempatan Bahan Tambalan

Tahap berikutnya yaitu penempatan bahan tambalan. Dokter sebelumnya membentuk bahan tambalan gigi sesuai dengan permukaan kunyah gigi lalu memasukkannya secara perlahan.

4. Melakukan Tes Gigitan

Kemudian dokter akan meminta pasien untuk menggigit sesuatu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan penambalan gigi atau sesuatu yang mengganjal pada tambalan gigi.

5. Finishing

Setelah semunya lancar tanpa adanya masalah, maka tahap akhir yaitu finishing atau tahap penyelesaian. Tahap ini bertujuan agar permukaan tambal gigi semakin halus serta menegah bakteri masuk kembali.

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Rincian Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Pada dasarnya, biaya penambalan gigi jauh lebih murah dibandingkan ketika kalian melakukan PEMASANGAN GIGI PALSU DI PUSKESMAS. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kalian hanya perlu menambal gigi sehingga tidak perlu mengganti gigi secara utuh.

Besaran biaya tambal gigi di puskesmas tergantung dengan tingkat kerusakannya. Apabila lubang tidak terlalu besar, maka pasien umum dikenakan tarif mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Sementara jika kerusakan sudah cukup parah, maka kalian perlu mempersiapkan dana kurang lebih sekitar Rp 400.000 sampai Rp 600.000.

Namun, apabila kalian peserta asuransi BPJS ataupun program lain dari pemerintah, maka proses penambalan gigi di puskesmas tidak dikenai biaya sepeser pun. Hal itu dikarenakan mendapatkan layanan pengobatan sakit gigi sudah termasuk hak kalian sebagai peserta asuransi BPJS.

Efek Samping Tambal Gigi di Puskesmas

Efek Samping Tambalan Gigi

Meskipun sebenarnya prosedur penambalan gigi di puskesmas aman, namun tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa efek samping kepada pasien. Adapun beberapa risiko efek samping tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Sedikit rasa nyeri pada saat menggigit ataupun mengunyah makanan.
  • Gigi sensitif terhadap rekanan, udara, makanan manis hingga suhu.
  • Peradangan pada pulpa gigi atau pulpitis, meskipun hanya bersifat sementara.
  • Infeksi pada pulpa gigi maupun pada jaringan gusi di sekitarnya.

Cara Merawat Tambalan Gigi Berlubang

Cara Merawat Tambalan Gigi Berlubang

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya tambal gigi di puskesmas beserta prosedurnya. Tambalan gigi yang tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan kerusakan serta muncul lubang kembali. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan tips merawat tambalan gigi berlubang.

  • Menggosok gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi khusus.
  • Membersihkan sela-sela gigi atau melakukan flossing setidaknya sekali dalam sehari.
  • Mengontrol asupan makanan serta minuman manis.
  • Hindari menggigit atau mengunyah benda keras.
  • Hindari mengkonsumsi kopi, teh dan anggur merah karena dapat menodai tambalan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif penambalan gigi di puskesmas tergantung pada tingkat kerusakan serta kesulitannya. Namun, khusus untuk pemilik asuransi BPJS, mereka tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tambal gigi di puskesmas entah itu menggunakan BPJS ataupun tanpa BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menambal gigi berlubang di puskesmas.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *