Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Veneer Gigi 2021 (Fungsi, Prosedur & Tips Perawatan)

Biaya Veneer Gigi

Biaya Veneer Gigi – Menjaga kondisi kesehatan gigi memang perlu dilakukan oleh semua orang, baik itu anak-anak, remaja hingga orang tua. Dimana saat ini seseorang sudah bisa membuat gigi terlihat lebih bersih, putih dan cantik dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu veneer.

Sebagaimana diketahui, veneer ialah sebuah penutup tipis yang menempel pada gigi guna memberikan tampilan serta bentuk lebih klasik pada gigi seseorang. Veneer gigi biasanya terbuat dari bahan porselen ataupun resin-komposit dan secara permanen terikat pada gigi seseorang.

Veneer gigi juga saat ini sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik gigi hingga praktek dokter gigi. Akan tetapi, tentunya setiap tempat pelayanan kesehatan gigi tersebut memiliki ketentuan mengenai harga atau tarif jasa pelayanannya.

Jika kalian ingin melakukan veneer gigi, ada baiknya sesuaikan budget terlebih dahulu dengan cara mengecek besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya veneer gigi di semua tempat dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Fungsi Veneer Gigi

Seperti dijelaskan sebelumnya, veneer gigi bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang menginginkan gigi putih dan bersih. Selain itu, veneer juga bisa digunakan untuk memperbaiki beberapa masalah gigi, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Gigi terlihat sehat kembali.
  • Lebih awet ketimbang tambal gigi biasa.
  • Pilihan warna lebih detail sehingga lebih mirip gigi aslinya.
  • Mudah dirawat serta dibersihkan seperti halnya gigi asli.
  • Tidak terasa menganjal dan nyaman di dalam rongga mulut.

Alasan Veneer Gigi

Umumnya veneer gigi dibutuhkan sebagai solusi untuk berbagai macam permasalahan gigi seseorang. Sebelum pembahasan utama mengenai biaya veneer gigi berlanjut, sebaiknya ketahui beberapa alasan melakukan kegiatan tersebut di bawah ini.

  • Gigi kekuningan ataupun berubah warna.
  • Gigi patah.
  • Bentuk gigi tidak teratur dengan tingkat kesulitan normal.
  • Gigi renggang.
  • Kerusakan gigi lainnya.

Prosedur Veneer Gigi

Perlu diketahui, veneer gigi bukanlah prosedur wajib di dalam dunia medis. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut biasanya dilakukan dengan alasan ataupun tujuan estetika. Namun, tidak semua orang cocok menjalani pemasangan veneer gigi.

Selain itu, veneer juga tidak disarankan bagi seseorang yang mempunyai gigi berjejal parah. Apabila veneer gigi tetap dilakukan, maka risiko peradangan gusi serta penumpukan sisa makanan dapat meningkat.

Selain harus mengerti besaran biaya veneer gigi di rumah sakit, klinik gigi ataupun praktek dokter gigi, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemasangannya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan bagaimana prosedur veneer gigi.

  1. Pertama-tama, dokter menyocokkan ukuran, bentuk serta warna gigi dengan veneer gigi.
  2. Setelah dicocokkan, dokter kemudian membersihkan permukaan gigi pasien supaya terhindar dari bakteri.
  3. Selanjutnya dokter melakukan penggerusan enamel gigi kembali.
  4. Kemudian veneer akan ditempelkan pada gigi menggunakan zat semen khusus supaya veneer bisa menempel dengan sempurna.
  5. Sinar ultra violet biasanya digunakan untuk membantu pengeringan zat semen tersebut.
  6. Apabila dirasa sudah menempel dengan baik, dokter biasanya akan melakukan pengaturan terakhir guna memastikan veneer tertempel dengan baik serta membuang sisa zat semen.

Secara garis besar, prosedur pemasangan veneer gigi membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit. Dokter juga biasanya akan menguji kemampuan menggigit pasien setelah gigi dipasangi veneer dengan tujuan untuk melihat seberapa kuat ketahanan gigi.

Biaya Veneer Gigi

Perlu diketahui, besaran biaya veneer gigi di rumah sakit, klinik gigi ataupun praktek dokter spesialis gigi akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan TARIF TAMBAL GIGI DI PUSKESMAS. Hal ini dikarenakan prosedur veneer gigi harus dilakukan oleh tenaga ahli profesional seperti dokter spesialis gigi menggunakan peralatan medis modern.

Di beberapa rumah sakit swasta ataupun klinik gigi ternama di Indonesia, biaya veneer gigi berada di kisaran Rp 650.000 sampai lebih dari Rp 5.000.000 per gigi. Jadi, besaran harga pemasangan veneer gigi dipengaruhi oleh tingkat kesulitan, tingkat kerusakan hingga kelengkapan fasilitas medisnya.

Meskipun demikian, rata-rata biaya pemasangan veneer gigi untuk kasus ringan paling umum berkisar antara Rp 950.000 hingga Rp 1.000.000 saja per giginya. Namun, jika kondisi kerusakan gigi terbilang cukup parah, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi perkiraan tersebut.

Tips Perawatan Setelah Veneer Gigi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran harga veneer gigi di rumah sakit, klinik gigi ataupun tempat praktek dokter spesialis gigi. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips dan teknik perawatan setelah menjalani veneer gigi. Adapun tips perawatan setelah veneer gigi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman berwarna secara berlebihan.
  • Hindari mengonsumsi makanan terlalu keras.
  • Hindari menggigit makanan terlalu keras menggunakan gigi.
  • Menyikat gigi 2 kali sehari secara rutin.
  • Gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan di sela-sela gigi.
  • Rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan utama pemasangan veneer gigi yaitu untuk membuat tampilan gigi menjadi lebih bersih, putih dan sehat. Sementara untuk besaran biayanya sendiri sebenarnya sama saja, baik itu di rumah sakit, klinik gigi maupun tempat praktek dokter spesialis gigi.

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar biaya veneer gigi dilengkapi dengan fungsi, prosedur pemasangan hingga tips perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang veneer gigi.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *