Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas – Meskipun kita sudah menyikat gigi setiap hari, namun ternyata kegiatan tersebut tidak cukup untuk membersihkan gigi dari karang gigi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kotoran dari sisa makanan serta gaya hidup kurang sehat dapat berakibat terjadinya penumpukan kotoran di sela-sela gigi.

Apabila tidak segera dibersihkan, maka karang gigi bisa membuat gigi berlubang serta membuat bau napas menjadi kurang sedap. Maka dari itu, untuk membersihkan karang gigi dibutuhkan alat pembersih khusus, karena jika hanya bermodalkan sikat gigi belum tentu bisa membersihkannya secara maksimal.

Saat ini proses pembersihan karang gigi atau scaling dapat dilakukan hampir di seluruh rumah sakit, klinik hingga puskesmas. Bahkan apabila termasuk ke dalam peserta BPJS Kesehatan, kalian juga berhak mendapatkan pelayanan scaling gigi secara gratis sebanyak q kali dalam setahun.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pembersihan karang gigi atau memutihkan gigi terutama di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa tarif atau harga perawatannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian kisaran biaya membersihkan karang gigi di puskesmas beserta bagaimana prosedurnya.

Penyebab Muncul Karang Gigi

Penyebab Muncul Karang Gigi

Munculnya karang gigi yaitu akibat dari penumpukan plak pada gigi yang dibiarkan terlalu lama serta tidak dibersihkan. Dimana plak gigi merupakan lapisan tipis yang terbentuk dari sisa makanan di mulut. Selain itu, berikut adalah beberapa faktor penyebab terbentuknya karang gigi.

  • Kebersihan gigi dan mulut kurang terjaga seperti jarang menggosok gigi.
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung gula.
  • Kebiasaan merokok hingga mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Mulut kering akibat efek samping dari obat-obatan, penyakit automium atau gangguan teroid.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Rincian Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Salah satu cara untuk membersihkan karang gigi yaitu melakukan scaling gigi di puskesmas. Hampir semua puskesmas di Indonesia menyediakan layanan untuk pembersihan karang gigi. Biasanya, biaya membersihkan karang gigi di puskesmas berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000 dan pastinya jauh lebih murah jika dibandingkan ketika melakukan MEDICAL CHECK UP.

Tentunya besaran tarif tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat kebersihan mulut, jenis fasilitas kesehatan hingga ada atau tidaknya faktor penyulit pembersihan. Selain itu, harga scaling gigi di puskesmas juga dapat dipengaruhi oleh lokasi fasilitas kesehatan serta penggunaan peralatannya.

Jika dibandingkan dengan klinik swasta atau fasilitas kesehatan lainnya, puskesmas umumnya memiliki rentang biaya membersihkan gigi lebih murah. Terlebih lagi puskesmas kerap memberikan harga promosi sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan dana terlalu banyak ketika menjalani prosedur scaling gigi.

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Setelah mengetahui rincian kisaran biaya membersihkan karang gigi di puskesmas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedurnya. Terdapat 3 tahap yang harus dilalui ketika melakukan scaling gigi di puskesmas, yaitu tahap awal, proses scaling gigi serta tahap akhir. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan masing-masing tahap tersebut.

Tahap Awal

Langkah pertama yaitu dokter gigi akan melakukan pemeriksaan kondisi rongga mulut pasien secara keseluruhan. Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan pasien seperti riwayat jenis penyakit atau obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Tahap Membersihkan Karang Gigi

Setelah pemeriksaan dan pasien dinyatakan dalam kondisi baik untuk menjalani prosedur membersihkan karang gigi, maka dokter segera memulai prosesnya. Dalam hal ini dokter akan menggunakan alat ultrasonic scaler. Dimana alat tersebut membantu merontokkan karang gigi dengan gaya getaran sehingga membuat karang gigi lepas.

Proses pembersihan karang gigi dilakukan secara menyeluruh, mulai dari rahang atas hingga rahang bawah. Jika terdapat karang gigi tersembunyi di sela-sela gigi ataupun di bawah gusi, maka pada area tersebut juga harus dibersihkan.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, pembersihan karang gigi pada area tersebut terasa sedikit ngilu. Bahkan proses tersebut mengakibatkan gusi sedikit berdarah karena gusi merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah.

Tahap Akhir

Setelah semua area gigi dirasa bersih, selanjutnya dokter mengoleskan pasta khusus ke gigi dan menyikatnya menggunakan sikat khusus untuk menghaluskan permukaan gigi. Tahapan ini juga akan membuat rongga mulut pasien menjadi terasa lebih segar.

Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap tentang daftar biaya membersihkan karang gigi di puskesmas serta bagaimana prosedurnya. Agar karang gigi tidak muncul kembali, ikuti beberapa tips mencegah terbentuknya karang gigi berikut ini.

  • Rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan serta sebelum tidur.
  • Gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersikkan sisa makanan menempel di sela-sela gigi.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan manis dan lengket.
  • Berhenti merokok ataupun mengkonsumsi alkohol.
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya pembersihan karang gigi di puskesmas terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit swasta. Meskipun demikian, kalian juga harus berdiskusi lebih lanjut dengan pegawai atau dokter gigi di puskemas mengenai perhitungan biayanya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya membersihkan karang gigi di puskesmas beserta prosedurnya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan pembersihan karang gigi maupun memutihkan gigi di puskesmas.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *