Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Operasi Ganglion 2022 : Gejala, Prosedur & Efek Samping

Biaya Operasi Ganglion

Biaya Operasi Ganglion – Ganglion merupakan salah satu jenis kista yang memiliki bentuk benjolan dan biasanya tumbuh di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan. Dimana bentuk benjolannya sendiri terlihat seperti kantung berisi cairan berwarna bening bertekstur kental dan lengket layaknya jeli atau biasa disebut dengan istilah cairan sinovial.

Meskipun tampilannya tergolong cukup kecil, namun penyakit tersebut cukup mengganggu, terlebih lagi jika posisinya berada di pergelangan tangan. Apabila penyakit kista ganglion sudah semakin parah, maka biasanya dokter ataupun para tenaga medis lainnya akan menyarankan pengidapnya untuk menjalani operasi.

Di Indonesia sendiri saat ini operasi ganglion sudah bisa dilakukan di hampir semua rumah sakit seluruh wilayah Indonesia, entah itu rumah sakit umum ataupun swasta. Akan tetapi, pastinya setiap pihak rumah sakit tersebut memiliki sebuah ketentuan mengenai tarif atau harga untuk jasa operasi kista ganglion kepada para pasiennya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk menjalani operasi ganglion di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi ganglion di rumah sakit seluruh Indonesia.

Apa itu Ganglion?

Apa Itu Ganglion

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya operasi ganglion lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ganglion merupakan jenis kista berisi cairan yang berkembang di dekat sendi pergelangan tangan atau tendon.

Kesehatan

Dimana cairan pada penyakit ganglion tersebut berasal dari cairan sinovial, yaitu cairan yang pada kondisi normal mengelilingi sendi dan tendon. Di dalam dunia medis sendiri, cairan ini mempunyai fungsi untuk melumasi serta merekatkan keduanya selama bergerak.

Kondisi ini pada umumnya tumbuh dari sendi atau lapisan tendon dan bersifat jinak. Kista ganglion seringkali terjadi di area tangan, akan tetapi juga bisa berkembang di bahu, siku, pinggul, lutut hingga kaki. Secara garis besarnya, kista ganglion memiliki bentuk oval dengan ukuran bervariasi.

Gejala Ganglion

Seperti halnya penyakit lain pada umumnya, tentunya munculnya kista ganglion pada tubuh seseorang ditandai dengan beberapa gejala dan umumnya terlihat sebagai benjolan di area tangan atau bagian lainnya. Agar lebih jelasnya, berikut kami berikan beberapa gejala ganglion.

  • Nyeri.
  • Kebas.
  • Kelemahan otot.
  • Genggaman melemah.
  • Berkurangnya pergerakan sendi.

Penyebab Ganglion

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya penyebab penyakit kista ganglion sejauh ini tidak diketahui secara pasti. Dimana sejumlah teori menunjukkan bahwa kista bisa berkembang setelah sesuatu melukai sendi sehingga memungkinkan jaringan bocor atau menonjol.

Meskipun demikian, saat ini sebagian besar peneliti menduga bahwa penyakit ganglion berkembang dari sel mesenkim pada sambungan kapsul sinovial sebagai akibat dari cedera mikro yang berkelanjutan.

Adapun cedera berulang pada struktur kapsuler serta ligamen pendukung tampaknya merangsang fibroblas guna menghasilkan asam hialuronat yang terakumulasi untuk menghasilkan lendir (mucin) berbentuk seperti jelly.

Prosedur Operasi Ganglion

Prosedur Operasi Ganglion

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi ganglion di rumah sakit Indonesia, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Seperti halnya prosedur operasi pengangkatan batu empedu, saat ini kegiatan operasi penyakit ganglion dapat dilakukan melalui beberapa metode.

Dimana operasi ganglion sendiri bisa dilakukan di bawah pengaruh anestesi lokal ataupun anestesi umum yang ditentukan oleh dokter spesialis anestesi dan bedah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur operasi ganglion di rumah sakit.

Bedah Terbuka

Pada operasi bedah terbuka, dokter akan membuat sayatan berukuran sekitar 5 cm pada area sendi atau tendon yang terdapat ganglion. Setelah itu, dokter akan memulai prosedur pengangkatan kista ganglion.

Operasi Artroskopi

Sementara pada operasi artroskopi (arthroscopic surgery), dokter akan membuat sayatan lebih kecil, kemudian alat bernama artroskop ke dalam sayatan. Nantinya alat ini dilengkapi dengan kamera sehingga dokter dapat melihat kondisi dalam sendi.

Dengan adanya bantuan dari artroskop sebagai pemandu, dokter akan menggunakan instrumen bedah guna mengangkat kista ganglion. Kami ingatkan sekali lagi bahwa jenis operasi pengangkatan ganglion ditentukan berdasarkan lokasi, jenis anestesi serta pertimbangan dari dokter bedah.

Biaya Operasi Ganglion

Setelah mengetahui beberapa gejala dan penyebab hingga prosedur operasi ganglion, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai biayanya. Seperti halnya biaya operasi pengangkatan kista ovarium, sebenarnya besaran biaya operasi ganglion bisa saja berbeda di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Dimana adanya perbedaan biaya atau harga jasa pelayanan di rumah sakit tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti tingkat keparahan penyakit, kerumitan operasi hingga kelengkapan fasilitasnya. Untuk saat ini, besaran biaya operasi ganglion pada umumnya berada di kisaran Rp 4.000.000 sampai Rp 13.000.000.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya mahalnya biaya operasi ganglion di rumah sakit bisa diatasi dengan menggunakan BPJS atau JKN KIS. Dengan kata lain, apabila pasien termasuk ke dalam peserta BPJS atau JKN KIS, maka mereka bisa menjalani prosedur operasi ganglion secara gratis asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Efek Samping Operasi Ganglion

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya operasi ganglion di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya. Meskipun operasi pengangkatan kista ganglion tergolong aman dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa risiko atau efek samping kepada para pasien, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Efek alergi akibat obat anestesi.
  • Kista ganglion muncul kembali.
  • Infeksi.
  • Pendarahan.
  • Cedera ada saraf atau pembuluh darah di area ganglion (jarang terjadi).

Kesimpulan

Demikianlah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar biaya operasi ganglion di rumah sakit seluruh Indonesia dilengkapi dengan gejala, penyebab dan prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani operasi ganglion di rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : halodoc.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.