Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Kantung Mata

Biaya Operasi Kantung Mata

Biaya Operasi Kantung Mata – Seperti diketahui, kantung mata merupakan sebuah permasalahan pada wajah yang kerap dialami oleh seseorang. Memang benar jika kantong mata tidak akan menyebabkan permasalahan kesehatan cukup serius, namun seringkali mempengaruhi penampilan serta percaya diri seseorang.

Lebih parahnya lagi, kantung mata dapat semakin terlihat jelas seiring dengan bertambahnya usia. Sebenarnya, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, salah satunya yaitu dengan menjalani operasi pembedahan oleh dokter spesialis mata.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia banyak sekali pusat pelayanan kesehatan yang menyediakan jasa operasi kantung mata, mulai dari rumah sakit, klinik perawatan hingga praktek dokter spesialis. Pastinya dalam prosedur pembedahan kantung mata tersebut terdapat ketentuan terkait tarif atau harga jasa pelayannya.

Maka dari itu, jika kalian berencana hendak menghilangkan kantung mata melalui metode operasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa biayanya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai estimasi biaya operasi kantung mata dilengkapi prosedur hingga efek sampingnya.

Apa Itu Operasi Kantung Mata?

Apa Itu Operasi Kantung Mata

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya operasi kantung mata berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Operasi kantung mata atau di dunia medis disebut dengan blepharoplasty merupakan jenis operasi plastik kecil untuk memperbaiki ataupun meningkatkan penampilan wajah secara umum.

Biasanya prosedur pembedahan kantung mata dilakukan oleh dokter spesialis optamologis serta oculoplastic. Seperti halnya OPERASI LASIK MATA, beberapa dokter bedah umum, dokter bedah THT serta dokter bedah mulut dan maksilofasial juga umumnya mampu melakukan prosedur operasi wajah ini.

Penyebab Kantung Mata

Penyebab Kantung Mata

Seperti dijelaskan di atas, penyebab utama kantung mata yaitu karena faktor usia. Dimana seiring bertambahnya usia seseorang, maka jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot ataupun jaringan kelopak mata akan melemah.

Setelah itu, lemak pendukung mata akan berpindah menuju kelopak mata bagian bawah sehingga menimbulkan kelopak mata tampak berkantung. Selain itu, terdapat juga beberapa penyebab kantung mata lainnya, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Penumpukan cairan di bagian bawah kelopak mata.
  • Kurangnya jam tidur atau tidur berlebihan.
  • Reaksi terhadap alergi.
  • Mengalami dehidrasi.
  • Terpapar sinar matahari secara berlebihan.
  • Faktor keturunan.

Jenis Operasi Kantung Mata

Jenis Operasi

sebagaimana diketahui, operasi kantung mata bertujuan untuk menghilangkan kelebihan otot, lemak serta kulit kendur di sekitar mata. Di dalam dunia medis, blepharoplasty sendiri terbagi menjadi 3 jenis. Di bawah ini adalah penjelasannya.

  1. Upper blepharoplasty : Mengatasi kelopak mata atas yang semakin berkantung serta bergelembir.
  2. Lower blepharoplasty : Mengangkat dan memperbaiki kantung mata.
  3. Upper and lower blepharoplasty : Gabungan atau kombinasi kedua jenis operasi di atas.

Prosedur Operasi Kantung Mata

Prosedur Operasi Kantung Mata

Selain diwajibkan membayar biaya operasi kantung mata, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pembedahannya. Oleh sebab itu, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah atau tahapan operasi kantung mata di rumah sakit.

  1. Pertama, pasien diminta datang ke rumah sakit untuk menjalani persiapan operasi kantung mata.
  2. Kemudian dokter memberikan anestesi atau bius lokal di sekitar mata pasien.
  3. Apabila obat bius sudah bekerja, dokter membuat sayatan tepat di bawah bulu mata ataupun di bagian dalam kelopak mata bawah pasien.
  4. Selanjutnya kulit dan lemak pada kelopak mata tersebut dipotong serta diangkat menggunakan alat khusus.
  5. Setelah proses pengangkatan selesai, luka bekas operasi dijahit dan dibuka setelah seminggu kemudian.

Secara umum, prosedur operasi kantung mata di atas membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah semua prosedur operasi dilalui, pasien biasanya sudah diperbolehkan untuk pulang.

Biaya Operasi Kantung Mata

Rincian Biaya Operasi Kantung Mata

Mungkin besaran biaya operasi kantung mata di rumah sakit hampir sama seperti saat OPERASI RETINA MATA. Pasalnya, operasi kantung mata tersebut membutuhkan tingkat ketelitian serta konsentrasi tinggi oleh dokter spesialis.

Sebenarnya, tarif jasa pelayanan operasi kantung mata cukup bervariasi, tergantung dari rumah sakit yang melakukannya. Di sejumlah rumah sakit di Indonesia, biaya operasi kantung mata berada di kisaran Rp 12.000.000 sampai Rp 25.000.000.

Biaya tersebut secara garis besar sudah mencakup biaya pendaftaran atau biaya administrasi, biaya konsultasi dokter spesialis mata hingga biaya obat-obatan jika memang diperlukan. Perlu diingat, tarif di atas merupakan tarif operasi pembedahan di dalam negeri.

Jadi, biasa saja di luar negeri biaya operasi pengangkatan kantung mata akan sedikit lebih mahal. Selain itu, prosedur operasi pembedahan kantung mata juga tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan, karena memang sejatinya bukan untuk tujuan kesehatan, melainkan untuk estetika.

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Setelah operasi kantung mata berjalan lancar, mungkin akan muncul beberapa keluhan di sekitar mata. Kondisi ini umumnya akan pulih dalam kurun waktu 2 minggu. Adapun beberapa efek samping dari operasi kantung mata tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Nyeri ringan di sekitar kelopak mata.
  • Mengalami memar ataupun bengkak di sekitar mata.
  • Mengalami rasa kebas di sekitar mata.
  • Mata terasa kering atau bahkan berair.
  • Pandangan menjadi buram atau berbayang.
  • Mengalami iritasi mata.
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Tips Sebelum Operasi Kantung Mata

Tips Sebelum Operasi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai estimasi biaya operasi kantung mata di beberapa rumah sakit dalam negeri. Nah, sebelum menjalani operasi kantung mata, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Pilihlah dokter spesialis bedah plastik berpengalaman.
  • Selalu jaga kondisi tubuh supaya tetap sehat secara keseluruhan.
  • Pastikan kondisi jaringan serta otot di sekitar kelopak mata dalam keadaan baik.
  • Hindari merokok setidaknya selama 3 sampai 4 minggu.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Buat rencana cuti untuk beberapa hari karena kalian harus beristirahat pascaoperasi kantung mata.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran tarif operasi kantung mata bisa berbeda di beberapa rumah sakit. Biasanya perbedaan biaya operasi pembedahan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kelengkapan peralatan medis, tingkat kesulitan sampai risiko pembedahannya.

Demikian penjelasan seputar estimasi biaya operasi kantung mata baik itu di rumah sakit, klinik perawatan ataupun praktek dokter spesialis versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak menjalani operasi kantung mata di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *