Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Retina Mata

Biaya Operasi Retina Mata

Biaya Operasi Retina Mata – Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi manusia. Apabila tidak dijaga dengan baik, mata bisa terserang beberapa jenis penyakit seperti lubang makula, degenerasi makula, ablasi retina, retina sobek dan lain sebagainya.

Salah satu jenis penyakit mata yang kerap dialami oleh kebanyakan orang yaitu rusaknya retina. Retina sendiri merupakan selaput tipis di belakang mata dengan kandungan jutaan sel untuk menerima dan mengatur informasi visual otak melalui saraf optik.

Apabila retina seseorang mengalami kerusakan, maka akan berdampak buruk kepada penglihatan seperti pandangan kabut. Jika sudah sampai seperti itu, maka diperlukan penanganan khusus oleh dokter spesialis mata melalui tindakan operasi.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi rumah sakit atau klinik mata untuk melakukan operasi retina mata, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya operasi retina mata , entah itu untuk pasien BPJS ataupun tanpa BPJS.

Gejala Gangguan Retina Mata

Gejala Gangguan Retina Mata

Seperti dijelaskan di atas, penyakit retina merupakan sakit mata yang menyerang retina sehingga menyebabkan penglihatan penderitanya terganggu. Di bawah ini adalah beberapa gejala yang akan muncul apabila retina mata mengalami gangguan.

  • Pandangan menjadi kabut.
  • Luas pandangan menjadi sangat terbatas.
  • Penderita melihat floaters.
  • Melihat photopsia atau kilatan-kilatan cahaya.
  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Terganggunya kemampuan dalam membedakan warna.

Penyebab Penyakit Retina Mata

Penyebab Penyakit Retina Mata

Gejala penyakit retina bisa berkembang secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia atau bahkan berkembang secara cepat. Biasanya kerusakan retina mata tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Terdapat robekan kecil di dalam retina mata.
  • Menumpuknya cairan vitreus tanpa disertai robekan pada retina mata.
  • Terbentuknya jaringan parut di permukaan retina mata,
  • Pernah mengalami cedera parah di area mata.
  • Pernah menjalani operasi mata sebelumnya seperti operasi katarak.
  • Memiliki anggota keluarga dengan penyakit sama.

Prosedur Operasi Retina Mata

Prosedur Operasi Retina Mata

Tentunya seseorang yang hendak menjalani operasi pada retina mata akan mengikuti serangkaian prosedurnya. Nah, sebelum membahas biaya operasi retina mata lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu prosedur pelaksanaannya di bawah ini.

Tahap Awal

Pada tahap persiapan operasi retina mata, dokter biasanya menanyakan tentang kondisi kesehatan pasien, mengkonsumsi obat-obatan atau tidak sampai segala macam alergi yang dimiliki oleh pasien. Setelah itu, dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan kondisi mata terlebih dahulu.

Namun, biasanya sebelum melaksanakan operasi, dokter menyarankan pasiennya untuk memeriksakan mata mereka terlebih dahulu. Sebagai acuan, kalian juga bisa melihat BIAYA PERIKSA MATA DI RS CICENDO agar mengetahui berapa besar biaya pemeriksaannya.

Tahap Operasi

Berbagai macam teknik anestesi mungkin digunakan dalam proses operasi retina mata. Pada dasarnya, tindakan operasi retina mata ini tergantung pada gejala serta penyebab kerusakannya.

Dokter bedah bisa memperbaiki robekan ataupun lubang di retina mata menggunakan laser ataupun teknik pembekuan. Umumnya operasi tersebut memerlukan waktu kurang lebih sekitar 90 menit sampai 2 jam.

Tahap Akhir

Setelah pasien melalui semua prosedur operasi, biasanya mereka diperbolehkan pulang pada hari berikutnya. Saran kami sebaiknya hindari kegiatan berenang atau mengangkat sesuatu benda berat. Namun, jika kalian hendak berolahraga alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Biaya Operasi Retina Mata

Rincian Biaya Operasi Retina Mata

Sebenarnya biaya operasi retina mata ini cukup berbeda-beda, tergantung dengan gejala gangguan, kondisi retina, tingkat keparahan gejala serta jenis pengobatannya. Umumnya pihak rumah sakit atau klinik mata mematok tarif operasi bagi pasien umum mulai dari kisaran Rp 10.000.000 hingga Rp 40.000.000.

Namun, jika pasien merupakan peserta program BPJS Kesehatan, maka kemungkinan besar mereka tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Dengan kata lain biaya operasi retina mata sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah asalkan pasien memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Efek Samping Operasi Retina Mata

Efek Samping Operasi

Meskipun operasi retina mata merupakan prosedur aman, namun bukan berarti tindakan tersebut tidak akan memberikan risiko atau efek samping bagi pasien. Namun, dokter biasanya berupaya semaksimal mungkin untuk menekan risikonya. Berikut adalah beberapa risiko maupun efek samping dari operasi retina mata.

  • Infeksi pada area mata.
  • Peningkatan tekanan bola mata.
  • Berpotensi menimbulkan katarak.
  • Pelekatan retina mengalami kegagalan.
  • Pendarahan cukup serius.
  • Bahan screal buckling terlepas.
  • Retina mata terkena jaringan parut.
  • Kesalahan pada refraksi.
  • Astigmatisme.
  • Diplopia.

Tips Perawatan Retina Mata

Tips Perawatan Retina

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur serta biaya operasi retina mata. Setelah berhasil menjalani serangkaian operasi tersebut, ada baiknya ikuti beberapa tips perawatannya di bawah ini.

  • Konsumsi makanan bergizi, terutama vitamin A, C, dan E, lutein, zinc serta asam lemak omega-3.
  • Kenakan kacamata hitam agar terhindar dari paparan sinar ultraviolet (UV) secara langsung.
  • Istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan dari layar komputer ataupun ponsel selama 20 detik setiap 20 menit sekali.
  • Berhenti merokok.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa beberapa rumah sakit ataupun klinik mata menetapkan tarif operasi retina mata berbeda-beda. Namun, biasanya perbedaan biaya tersebut tidak akan terlalu jauh.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya operasi retina mata untuk pasien umum serta pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani operasi retina mata.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *