Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Periksa Mata di Kimia Farma

Biaya Periksa Mata di Kimia Farma

Biaya Periksa Mata di Kimia Farma – Sebagaimana diketahui, mata ialah organ yang memiliki fungsi untuk melihat. Dimana mata sebagai indra penglihatan merupakan salah satu bagian dari kelima indra yang memungkinkan kita untuk mengenali hal-hal di sekitar dan melihat dunia.

Karena fungsinya sangat penting, maka mata perlu dijaga kesehatannya dengan baik supaya bisa terus berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menjaga kondisi kesehatan mata, terdapat banyak cara yang dilakukan, yaitu dengan memeriksakannya ke dokter spesialis.

Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak sekali Klinik Laboratorium yang menyediakan fasilitas atau pelayanan kesehatan mata, salah satunya yakni Laboratorium Kimia Farma. Sebagai perusahaan industri farmasi terbesar di Indonesia, Kimia Farma juga tentunya memiliki ketentuan terkait tarif jasa pelayanan pemeriksaan mata.

Maka dari itu, jika kalian berencana hendak mengunjungi Lab Kimia Farma untuk menjalani pemeriksaan kondisi mata, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantu kalian, kali ini kami akan memberikan rincian biaya periksa mata di Kimia Farma semua cabang di Indonesia.

Manfaat Periksa Mata

Manfaat Periksa Mata

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya periksa mata di Kimia Farma berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu manfaat ataupun tujuannya. Periksa mata merupakan sebuah rangkaian tes untuk memeriksa fokus penglihatan serta jarak pandang seseorang.

Nantinya hasil tes periksa mata ini akan menentukan apakah pasien memiliki gangguan penglihatan ataupun kelainan refraksi mata. Selain itu, prosedur pemeriksaan mata juga perlu dilakukan oleh seseorang untuk memeriksakan kondisi mata secara fisik.

Indikasi Mata Bermasalah

Indikasi Mata Bermasalah

Memang benar adanya bahwa memeriksakan kondisi kesehatan mata perlu dilakukan oleh seseorang tanpa menunggu gejala cukup serius. Namun, jika kalian mengalami beberapa gejala cukup serius, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di pusat pelayanan kesehatan terdekat. Berikut adalah sejumlah gejala permasalahan pada mata.

  • Salah satu atau bahkan kedua mata menonjol dan membengkak.
  • Mata merah serta terasa nyeri.
  • Mata mudah merasa silau dan lebih sensitif terhadap cahaya.
  • Pandangan menjadi kabur.
  • Penglihatan ganda.
  • Kerap mengeluarkan air mata.
  • Mata kering.
  • Pernah mengalami cedera mata.
  • Kelopak mata sulit dibuka ataupun ditutup.

Prosedur Periksa Mata di Kimia Farma

Prosedur Periksa Mata di Kimia Farma

Selain diharuskan membayar biaya periksa mata di Klinik Lab Kimia Farma, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, tidak ada persiapan khusus ketika hendak melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan mata di Kimia Farma.

Biasanya periksa mata diawali dengan sesi konsultasi oleh dokter kepada pasiennya. Dokter juga akan menanyakan terkait riwayat kesehatan pasien beserta keluarganya, mulai dari riwayat penyakit mata hingga obat-obatan yang pernah dikonsumsi.

Kemudian petugas medis melakukan pemeriksaan mata secara langsung dengan mengamati kemungkinan adanya gangguan pada kelopak mata, bola mata bagian depan hingga bulu mata. Selain itu, terdapat juga pemeriksaan kondisi mata lainnya, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tes ketajaman penglihatan.
  • Uji refraksi.
  • Tes lapang pandang.
  • Tes slit lamp.
  • Tonometri.
  • USG (Ultrasonografi) mata.
  • Analisis kornea dan retina.
  • Fluorescein angiogram.

Umumnya prosedur periksa mata di Kimia Farma membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit sampai 90 menit. Setelah pemeriksaan selesai, petugas medis akan menjelaskan hasil tes kepada para pasiennya.

Biaya Periksa Mata di Kimia Farma

Biaya Periksa Mata di Kimia Farma Semua Cabang

Perlu diketahui, besaran biaya periksa mata di Lab Kimia Farma mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan PERIKSA MATA DI PUSKESMAS. Hal itu dikarenakan Klinik Laboratorium Kimia Farma memiliki peralatan medis lebih lengkap sehingga hasil pemeriksaan bisa lebih akurat.

Biasanya besaran tarif jasa pelayanan periksa mata di Kimia Farma berlaku untuk semua cabang, yaitu mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Biaya periksa mata tersebut sudah mencakup biaya pendaftaran (administrasi), tonometri, refraksi serta konsultasi dokter spesialis mata.

Efek Samping Periksa Mata di Kimia Farma

Efek Samping Periksa Mata di Kimia Farma

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya periksa mata di Kimia Farma semua cabang di Indonesia. Meskipun sebenarnya pemeriksaan kondisi kesehatan mata merupakan prosedur aman, namun tetap saja terdapat beberapa efek samping atau risiko kepada para pasiennya.

Efek samping ini biasanya muncul ketika dokter melakukan pelebaran pupil (dilatasi) menggunakan obat tetes kepada pasien. Adapun beberapa efek samping dari pemeriksaan kondisi mata tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Penglihatan menjadi kabur.
  • Sulit fokus ketika melihat objek dekat.
  • Munculnya rasa perih ketika obat tetes mata dimasukkan.

Kesimpulan

Perlu diingat, sebelum datang ke Klinik Laboratorium Kimia Farma, sebaiknya konfirmasikan kedatangan kalian terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pasien bisa mengonfirmasi kehadiran dokter serta pasien juga tidak perlu menunggu terlalu lama jika dokter berhalangan hadir.

Itulah sekiranya sedikit pembahasan seputar rincian biaya periksa mata di Kimia Farma semua cabang versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai gambaran ketika hendak memeriksakan kondisi mata di Lab Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *