Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Mata Katarak 2021 (Pasien Umum & BPJS)

Biaya Operasi Mata Katarak

Biaya Operasi Mata Katarak – Katarak merupakan sebuah penyakit yang akan mempengaruhi fungsi lensa mata. Dimana kondisi gangguan atau permasalahan tersebut bisa terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan sehingga membuatnya menjadi keruh serta sulit ditembus oleh cahaya.

Perlu diketahui, katarak dapat terbentuk pada salah satu mata saja ataupun keduanya. Biasanya awal terbentuknya katarak tidak menimbulkan gejala yang begitu terasa. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, katarak bisa menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau buram, bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seorang penderita mata katarak yaitu dengan menjalani serangkaian prosedur operasi. Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini hampir semua rumah sakit sudah menyediakan fasilitas atau layanan tersebut, tentunya dengan harga yang sangat bervariasi.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana menjalani operasi mata katarak di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya operasi mata katarak dilengkapi dengan prosedur pelaksanaanya, baik itu bagi pasien umum maupun BPJS.

Gejala Mata Katarak

Gejala Katarak

Seperti dijelaskan sebelumnya, pada awalnya mata katarak tidak terlalu menimbulkan gejala cukup serius kepada penderitanya. Sebab, sebagian besar pengidap mata katarak mengklaim bahwa mereka masih bisa melihat dengan jelas jika menggunakan alat bantuan seperti kacamata ataupun kaca pembesar.

Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu katarak juga bisa menimbulkan kondisi cukup mengganggu sehingga penderita harus segera menjalani operasi. Sebelum membahas biaya operasi mata katarak lebih lanjut, simak baik-baik beberapa gejala permasalahannya di bawah ini.

  • Pandangan kabur atau buram.
  • Penglihatan ganda.
  • Penglihatan memburuk di malam hari.
  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya.
  • Seperti ada lingkaran cahaya pada saat melihat sinar terang seperti lampu.
  • Sulit membedakan warna.

Penyebab Mata Katarak

Penyebab Katarak

Munculnya sebuah gangguan atau permasalahan terhadap kondisi kesehatan seseorang tentunya disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk mata katarak. Adapun beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami mata katarak diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Proses penuaan.
  • Diabetes.
  • Kebiasaan merokok.
  • Trauma fisik.
  • Bawaan sejak lahir.
  • Terpapar sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama.

Prosedur Operasi Mata Katarak

Prosedur Operasi Mata Katarak

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi mata katarak, kalian juga sebenarnya harus memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Seperti halnya OPERASI LASIK MATA, saat ini prosedur operasi mata katarak bisa dilakukan melalui berbagai macam metode. Di bawah ini adalah jenis-jenis operasi mata katarak.

  • Phacoemulsification.
  • Operasi laser.
  • Operasi katarak ekstrakapsular.
  • Operasi katarak intrakapsular.

Meskipun metode atau jenis operasi mata katarak di beberapa rumah sakit cukup beragam, namun prosedur yang paling sering digunakan untuk menangani permasalahan tersebut yaitu phacoemulsification. Agar lebih jelasnya, berikut adalah prosedur operasi katarak menggunakan metode phacoemulsification.

  1. Pertama-tama, petugas medis memberikan anestesi lokal berupa obat tetes mata ataupun suntikan di sekitar mata pasien.
  2. Dokter juga biasanya memberikan obat bius untuk membantu pasien supaya tetap tenang.
  3. Kemudian petugas medis mulai membuat sayatan kecil di dekat tepi kornea menggunakan bantuan mikroskop halus.
  4. Lalu dokter mulai memasukkan alat kecil khusus ke dalam mata pasien melalui sayatan hingga mencapai lensa.
  5. Setelah itu, dokter memasang lensa buatan baru kepada mata pasien.
  6. Umumnya, dokter tidak akan membuat jahitan khusus untuk menutup luka bekas sayatan. Hal ini dikarenakan luka sayatan tersebut akan tertutup seiring dengan berjalannya waktu.
  7. Terakhir, pelindung mata akan dipasangkan guna melindungi mata selama masa penyembuhan berlangsung.

Setelah menjalani prosedur operasi mata katarak, biasanya pasien diminta untuk beristirahat di ruang pemulihan kurang lebih selama 15 sampai 30 menit.

Biaya Operasi Mata Katarak

Rincian Biaya Operasi Mata Katarak

Perlu diketahui, besaran biaya operasi mata katarak di beberapa rumah sakit sebenarnya hampir sama seperti BIAYA OPERASI RETINA MATA. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kedua jenis operasi tersebut membutuhkan peralatan medis modern serta harus dilakukan oleh tenaga ahli seperti dokter spesialis.

Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan rincian biaya operasi mata katarak di beberapa rumah sakit, baik itu bagi pasien umum maupun pasien BPJS.

Pasien Umum

Biasanya rumah sakit swasta di dalam negeri mematok harga atau tarif operasi mata katarak mulai dari Rp 6.500.000 sampai lebih dari Rp 16.000.000 per 1 matanya. Sedangkan di luar negeri seperti Malaysia, biaya operasi mata katarak sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari Rp 11.000.000.

Pasien BPJS

Khusus bagi pasien peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan, mereka berhak mendapatkan fasilitas gratis dari pemerintah ketika menjalani operasi mata katarak. Hal ini juga berlaku ketika pasien menjalani OPERASI MATA JULING di rumah sakit asalkan memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya.

Risiko Operasi Mata Katarak

Rincian Biaya Operasi Mata Katarak

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya operasi mata katarak bagi pasien umum maupun BPJS Kesehatan. Meskipun prosedur operasi mata katarak dilakukan menggunakan peralatan medis modern, namun bukan berarti tindakan tersebut tidak akan menimbulkan risiko atau efek samping kepada para pasiennya.

Terlebih lagi jika pasien memiliki riwayat penyakit yang cukup serius, maka kemungkinan terjadinya risiko juga akan semakin meningkat. Berikut adalah sejumlah risiko komplikasi pascaoperasi mata katarak di rumah sakit.

  • Pembengkakan atau infeksi mata.
  • Radang mata.
  • Pendarahan.
  • Retina terlepas.
  • Kelopak mata turun.
  • Tekanan dalam mata mengalami peningkatan sementara.
  • Lensa buatan mengalami pergeseran.
  • Glaukoma.
  • Katarak sekunder.
  • Kehilangan penglihatan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa operasi mata katarak saat ini sudah dapat dilakukan hampir di seluruh rumah sakit di Indonesia. Menariknya lagi, sejumlah rumah sakit tersebut juga sudah menyediakan fasilitas bagi pasien BPJS sehingga bisa meringankan biayanya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi mata katarak dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya, baik itu bagi pasien umum maupun BPJS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi mata katarak di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *