Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Lasik Mata

Biaya Operasi Lasik Mata

Biaya Operasi Lasik Mata – Gangguan terhadap indra penglihatan memang sangat beragam, salah satunya yaitu mata silinder. Untuk membantu mengurangi gangguan tersebut, umumnya penderita mata silinder menggunakan bantuan kacamata ketika membaca ataupun melihat sesuatu.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah tersedia operasi lasik yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan mata. Tentunya pasien yang menjalani operasi lasik mata baik itu di rumah sakit ataupun klinik akan dikenai biaya terbilang cukup mahal.

Lasik atau Laser-Assisted in Situ Keratomileusis sendiri merupakan prosedur operasi menggunakan laser untuk memperbaiki kelainan refraksi mata. Dengan kata lain, operasi lasik bertujuan mengubah bentuk kornea mata secara permanen guna memperbaiki masalah penglihatan.

Ketika kalian berencana melakukan operasi lasik mata, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedurnya serta berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi lasik mata entah itu di rumah sakit ataupun klinik masyarakat.

Manfaat Operasi Lasik Mata

Manfaat Operasi Lasik Mata

Perlu diketahui, kebanyakan orang menyalah artikan bahwa operasi lasik dapat memperbaiki segala macam gangguan penglihatan. Padahal sebenarnya tidak semua gangguan mata memerlukan ataupun dapat disembuhkan dengan cara menjalani operasi lasik.

Manfaat lasik sebenarnya yaitu membantu memperbaiki kelainan refraksi miopia, hipermotropia serta astigmatisma. Selain itu, operasi lasik juga membantu menghilangkan ketergantungan pada alat bantu baca seperti lensa kontak maupun kacamata.

Kelainan Refraksi Mata

Kelainan Refraksi Mata

Seperti dijelaskan di atas, kebanyakan gangguan mata disebabkan oleh kelainan refraksi yang tidak atau kurang mendapatkan koreksi sesuai. Sebelum membahas biaya operasi lasik mata lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa kelainan refraksi mata.

  • Miopia (rabun jauh) : Penderita kelainan ini biasanya memakai kacamata minus sehingga membantu melihat objek jauh secara jelas.
  • Hipermetropia (rabun dekat) : Penderita kelainan ini dapat melihat objek jauh secara jelas, namun tidak pada objek dekat sehingga memerlukan bantuan kacamata plus.
  • Astigmatisma (mata silinder) : Kelainan pembiasaan pada mata, dimana mata sulit memfokuskan cahaya sehingga objek terlihat terdistorsi.
  • Presbiopia (rabun tua) : Kelainan tersebut terjadi dengan sendirinya sebagai proses normal dalam masa penuaan, sehingga kemampuan mata fokus pada objek dekat menjadi menurun.

Jika mengalami beberapa gangguan mata di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit mata terdekat. Oleh karena itu, kalian juga bisa mengecek BIAYA PERIKSA MATA DI RS CICENDO terlebih dahulu sebagai gambaran ketika hendak memeriksakan mata.

Prosedur Operasi Lasik Mata

Prosedur Operasi Lasik Mata

Selain membayar biaya operasi lasik mata, pasien juga diharuskan mengikuti serangkaian prosedur pelaksanaannya. Sebagaimana diketahui, operasi lasik dilakukan menggunakan sinar laser untuk mengikis jaringan kornea mata. Daripada penasaran, berikut adalah prosedur operasi lasik mata di rumah sakit ataupun klinik masyarakat.

Tahap Persiapan

Langkah pertama dokter akan memeriksa kondisi mata secara menyeluruh mulai dari ketebalan kornea, pupil, refraksi serta tekanan mata untuk memastikan bahwa mata dalam keadaan baik sehingga operasi bisa dilanjutkan. Selain itu, dokter juga menanyakan riwayat kesehatan pasien secara umum serta obat-obatan yang sedang diminum.

Tahap Operasi

Umumnya operasi lasik mata membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15 menit sampai 30 menit saja. Di bawah ini adalah beberapa prosedur yang akan dilakukan dokter selama operasi berlangsung.

  • Pasien diberi obat supaya bisa lebih tenang selama menjalani prosedur.
  • Pasien diberi anestesi lokal berbentuk obat tetes mata supaya tidak merasakan sakit saat operasi.
  • Dokter menahan kelopak agar tetap terbuka menggunakan sebuah alat khusus.
  • Dokter memasangkan cincin penghisap di mata pasien.
  • Dokter memulai membuat sayatan kecil pada permukaan bola mata menggunakan pisau bedah kecil ataupun laser.
  • Dari sayatan tersebut lalu akan dibentuk lipatan kornea.
  • Setelah proses lipatan selesai, kornea mata akan ditutup kembali dan lipatan akan melekat dengan sendirinya tanpa memerlukan jahitan.

Tahap Akhir

Setelah operasi lasik selesai, biasanya pasien akan sedikit merasa gatal, berpasir, panas hingga berair. Untuk membantu meredakannya, dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata khusus. Sebenarnya pasien sudah bisa menjalankan aktivitas seperti biasa pascaoperasi, namun dokter lebih menyarankan istirahat setidaknya 1 hari.

Biaya Operasi Lasik Mata

Rincian Biaya Operasi Lasik Mata

Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih melakukan operasi lasik mata di luar negeri karena menganggap teknologinya lebih canggih serta keamanan prosedurnya lebih terjamin. Padahal sebenarnya lasik juga teknologinya tidak kalah canggih dengan luar negeri.

Sebenarnya biaya operasi lasik mata di dalam negeri hampir sama dengan BIAYA OPERASI RETINA MATA, yaitu sekitar Rp 10.000.000 untuk satu mata hingga Rp 35.000.000 untuk kedua mata. Sedangkan di luar negeri, tarif operasi lasik mata tersebut dapat mencapai Rp 50.000.000.

Sebenarnya, biaya operasi lasik mata sangat bergantung pada penggunaan teknologi serta kualitas pelayanan sebuah rumah sakit maupun klinik mata. Maka dari itu, sangat penting melakukan riset terkait ketiga hal tersebut sehingga kalian bisa mendapatkan layanan pengobatan atau perawatan terbaik.

Selain itu, biaya operasi lasik mata juga tidak akan ditanggung oleh pemerintah menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Pasalnya, prosedur operasi tersebut dilakukan dengan tujuan estetika serta sifatnya juga tidak wajib sehingga pemerintah tidak akan menanggungnya.

Risiko Operasi Lasik Mata

Risiko Operasi Lasik Mata

Secara garis besar, operasi lasik mata di rumah sakit ataupun klinik merupakan prosedur aman. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi beberapa risiko atau efek samping yang akan dialami oleh pasien. Adapun beberapa risiko operasi lasik mata tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mata menjadi kering.
  • Gangguan lipatan kornea karena infeksi atau penyembuhan jaringan kornea tidak sempurna.
  • Astigmatisme, bisa terjadi ketika pengikisan jaringan kornea tidak merata.
  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Mengalami gangguan penglihatan.
  • Undercorrections, bisa saja terjadi ketika laser mengikis terlalu sedikit jaringan mata.
  • Overcorrections, dapat terjadi ketika laser mengikis terlalu banyak jaringan mata.

Perawatan Setelah Operasi Lasik Mata

Perawatan Setelah Operasi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi lasik mata di rumah sakit dan klinik, entah itu di dalam negeri ataupun di luar negeri. Selanjutnya agar mempercepat proses penyembuhan pascaoperasi, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Menggunakan pelindung mata selama tertidur.
  • Tidak menggosok atau menggaruk mata dengan kasar.
  • Tidak berenang ataupun menggunakan bak mandi air panas selama 2 minggu pascaoperasi.
  • Tidak melakukan olahraga berat selama minimal seminggu.
  • Melakukan pemeriksaan kondisi mata secara rutin ke dokter mata untuk memantau perkembangan penglihatan.
  • Meminum obat resep dokter dengan teratur.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif atau biaya operasi lasik mata bergantung pada penggunaan teknologinya serta kualitas pelayanannya. Selain itu, biaya operasi di luar negeri juga jauh lebih mahal dibandingkan di dalam negeri.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya operasi lasik mata di rumah sakit dan klinik, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani operasi lasik mata di pusat layanan kesehatan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *