Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya Operasi Mata Juling – Mata juling atau lebih sering dikenal dengan istilah strabismus merupakan salah satu kelainan pada mata manusia. Kelainan mata juling tersebut bisa saja disebabkan karena adanya gangguan koordinasi otot penggerak bola mata.

Beberapa pengidap rata-rata memiliki mata juling sejak lahir, sementara lainnya mengidapnya saat menginjak usia remaja ataupun dewasa. Umumnya pada anak-anak mata juling dapat dipicu karena mata yang bekerja terlalu berat dalam mengatasi penglihatan.

Jika diantara kalian mengidap mata juling, jangan khawatir karena saat ini penyakit kelainan tersebut dapat disembuhkan dengan beberapa cara, salah satunya yaitu menjalani serangkaian operasi. Prosedur operasi tersebut juga saat ini sudah bisa dilakukan hampir di semua rumah sakit di Indonesia, entah itu rumah sakit pemerintah ataupun rumah sakit swasta.

Namun, sebelum melakukan operasi mata juling di rumah sakit terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi mata juling di semua rumah sakit, baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Gejala Mata Juling

Gejala Mata Juling

Seperti dijelaskan di atas, mata juling atau strabismus ialah kondisi dimana kedua mata tidak lurus memandang objek yang sama, namun melihat arah berbeda. Kelainan mata tersebut biasanya ditandai dengan beberapa gejala, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Posisi mata tampak tidak sejajar.
  • Pandangan kedua buah mata tidak sinkron.
  • Akan tampak citra berbeda seperti pandangan kabur.
  • Kemampuan memperkirakan jarak berkurang drastis.
  • Mata menjadi cepat lelah dan tegang.
  • Apabila terkena paparan sinar matahari akan sering berkedip.
  • Apabila memandang suatu objek, pengidap mata juling seringkali memiringkan kepalanya.

Jika mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kondisi mata di rumah sakit terdekat. Kalian juga bisa melihat BIAYA PERIKSA MATA DI RS CICENDO sebagai acuan ketika hendak mengonsultasikan kondisi mata.

Penyebab Mata Juling

Penyebab Mata Juling

Sebagian besar dokter spesialis mata mengklaim bahwa penyebab utama dari mata juling merupakan faktor keturunan. Di sisi lain, terdapat juga beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya mata juling. Sebelum pembahasan biaya operasi mata juling lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • Infeksi terhadap campak.
  • Kelumpuhan otak.
  • Menderita kanker mata.
  • Efek samping dari diabetes.
  • Benturan keras karena kecelakaan sehingga mengakibatkan kerusakan saraf mata.
  • Lahir secara prematur.
  • Mengidap hidrosefalus.
  • Menderita rabun jauh atau katarak.

Prosedur Operasi Mata Juling

Prosedur Operasi Mata Juling

Selain membayar biaya operasi mata juling, pasien juga diharuskan mengikuti beberapa prosedur lainnya. Nah, berikut adalah serangkaian prosedur akan dilakukan oleh dokter spesialis mata ketika melakukan operasi terkait mata juling.

1. Pengecekan Sensorimotor

Langkah pertama, pasien diwajibkan menjalani pemeriksaan khusus berupa sensorimotor. Pengecekan ini dilakukan untuk menentukan otot mata mana yang perlu diubah supaya mata dapat selaras kembali seperti semula.

2. Anestesi Umum

Operasi mata pada pasien memerlukan bius atau anestesi umum. Dimana anestesi umum akan membuat pasien tertidur sampai tidak sadarkan diri. Setelah bius bekerja, kelopak mata dibuka menggunakan spekulum kelopak mata.

3. Membuat Sayatan

Langkah selanjutnya yaitu dokter membuat sayatan kecil pada konjungtivita atau permukaan selaput lendir mata. Tahapan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari lokasi mata yang dituju.

4. Memperkuat atau Melemahkan Otot Mata

Setelah otot mata telah ditemukan, otot lalu dilemahkan, diperkuat ataupun digerakkan supaya dapat selaras. Pada tahapan ini, pasien tidak akan merasakan apa-apa karena efek dari obat bius yang disuntikkan sebelumnya.

5. Menjahit Otot Mata

Tahap terakhir yaitu dokter menjahit otot mata pasien menggunakan jahitan simpul permanen yang mudah diserap. Biasanya operasi mata juling ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam. Namun, pasien harus menjalani perawatan selama beberapa jam setelah operasi berhasil dilakukan.

Biaya Operasi Mata Juling

Rincian Biaya Operasi Mata Juling

Sebagaimana diketahui, biaya operasi mata juling tentunya akan lebih mahal dibandingkan dengan BIAYA OPERASI RETINA MATA. Pasalnya, prosedur operasi mata juling memiliki efek samping atau risiko lebih tinggi ketimbang operasi retina mata. Daripada penasaran, berikut sudah kami rangkum rincian besaran biaya operasi mata juling di beberapa rumah sakit di Indonesia.

1. Pasien Umum

Setiap rumah sakit biasanya menetapkan tarif atau harga cukup bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan serta risikonya, mulai dari Rp 10.0000.000 hingga Rp 20.000.000. Selain itu, antara rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta juga rata-rata memiliki selisih perbedaan tarif, kurang lebih sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000.

Di atas merupakan biaya operasi mata juling untuk rumah sakit dalam negeri. Jika melakukan operasi di luar negeri seperti Malaysia ataupun Singapura, maka biayanya akan jauh lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 30.000.000 hingga Rp 60.000.000. Besaran biaya tersebut biasanya sudah termasuk biaya operasi, konsultasi serta obat-obatan.

2. Pasien BPJS

Keuntungan ada pada pasien peserta program pemerintah berupa BPJS Kesehatan. Sebab, mereka tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis ketika menjalani operasi mata juling. Namun, dengan catatan pasien tersebut harus lolos semua persyaratan serta ketentuan yang ditetapkan oleh rumah sakit terkait.

Efek Samping Operasi Mata Juling

Efek Samping Operasi

Meskipun operasi mata juling di rumah sakit merupakan prosedur aman, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan tersebut juga akan menimbulkan efek samping pada pasien. Di bawah ini adalah beberapa efek samping setelah menjalani serangkaian operasi mata juling.

  • Infeksi mata.
  • Pendarahan pada mata.
  • Mata memerah serta terasa kering sepanjang waktu.
  • Penglihatan menjadi ganda.
  • Kambuhnya mata juling pascaoperasi.

Pencegahan Mata Juling

Pencegahan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi mata juling bagi pasien umum ataupun BPJS. Karena penyebab utama mata juling adalah faktor keturunan, maka sebenarnya tidak ada tindakan pencegahan secara langsung. Namun, terdapat upaya bagi penderita mata juling supaya dapat meningkatkan fokus mata menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  • Memperbanyak konsumsi vitamin A dan E.
  • Melakukan olahraga mata dengan memfokuskan pandangan ke objek secara berulang serta teratur.
  • Menggunakan kacamata lensa prima agar bisa membantu fokus penglihatan sekaligus melindungi mata.
  • Menggunakan obat tetes mata untuk meredakan iritasi ataupun kelelahan mata.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif atau harga operasi mata juling di beberapa rumah sakit berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesulitan serta risiko penanganannya. Selain itu jika melakukan operasi mata juling di rumah sakit luar negeri, maka akan membutuhkan biaya sangat besar.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya operasi mata juling di beberapa rumah sakit di Indonesia, baik itu bagi pasien umum ataupun pasien peserta BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menyembuhkan kelainan mata juling.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *