Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Potong Lambung di Indonesia 2022

Biaya Operasi Potong Lambung

Biaya Operasi Potong Lambung – Belakangan ini, masyarakat Indonesia sedang ramai memperbincangkan tentang operasi potong lambung. Dimana operasi tersebut merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk menurunkan berat badan secara laparoskopi.

Adapun prosedur operasi potong lambung sendiri melibatkan alat kecil yang dimasukkan melalui sejumlah sayatan kecil di perut bagian atas. Secara garis besarnya, tindakan medis terkait operasi pembedahan tersebut akan mengurangi ukuran lambung menjadi berbentuk tabung.

Di Indonesia sendiri, saat ini prosedur operasi potong lambung sudah bisa dilakukan di berbagai macam rumah sakit, entah itu rumah sakit umum maupun swasta. Akan tetapi, pastinya setiap jenis pelayanan di rumah sakit mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasanya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk melakukan operasi potong lambung di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya operasi potong lambung dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Manfaat Operasi Potong Lambung

Manfaat Operasi Potong Lambung

Perlu diketahui, di Indonesia sendiri prosedur operasi potong lambung akan dilakukan melalui tindakan bariatrik, lebih tepatnya metode operasi sleeve gastrectomy. Metode ini dilakukan dengan membuang kurang lebih sekitar 70-80% bagian lambung kemudian menyisakan bagian berbentuk ramping dan memanjang seperti pisang.

Pada dasarnya, operasi potong lambung di rumah sakit sendiri dapat memberikan sejumlah manfaat bagi pasien, entah itu secara fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, sebelum membahas biaya operasi potong lambung di rumah sakit lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya di bawah ini.

  • Mampu menghasilkan penurunan berat badan yang bertahan dalam jangka waktu cukup lama.
  • Mampu meningkatkan angka harapan hidup seseorang.
  • Mampu mencegah ataupun membantu proses pengobatan gangguan kesehatan lain terkait obesitas.
  • Mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang secara umum dan memperbaiki kondisi psikologisnya.

Indikasi Operasi Potong Lambung

Meskipun operasi potong lambung mampu memberikan sejumlah manfaat positif bagi seseorang, akan tetapi tindakan tersebut tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, terdapat beberapa kriteria yang membuat seseorang perlu melakukan operasi potong lambung di rumah sakit, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Indeks massa tubuh (IMT) di atas 40.
  • Indeks massa tubuh (IMT) di atas 35 dengan penyakit diabetes atau hipertensi.
  • Mempunyai masalah terkait berat badan yang serius dengan IMT 30 – 34.

Nantinya, dokter atau ahli bedah akan memastikan indeks massa tubuh pasien serta melakukan penilaian rinci sebelum memutuskan apakah operasi potong lambung cocok dilakukan atau tidak. Oleh sebab itu, sebelum melakukan operasi biasanya para pasien akan menjalani beberapa pemeriksaan tentang kondisi kesehatannya terlebih dahulu.

Prosedur Operasi Potong Lambung

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi potong lambung di rumah sakit Indonesia, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Secara garis besarnya, tindakan medis mengenai prosedur operasi potong lambung melalui metode sleeve gastrectomy sama saja di beberapa rumah sakit.

Dimana tindakan operasi potong lambung akan mengalami masa inap mulai dari satu hingga dua malam di rumah sakit, tergantung masa pemulihan pasiennya. Prosedur operasi potong lambung dilakukan menggunakan bius total dan berlangsung selama sekitar 1 sampai 3 jam. Kemudian dokter akan membuat sejumlah sayatan kecil di perut.

Setelah itu, peralatan seperti teleskop dimasukkan ke dalam perut pasien. Lalu ahli bedah kembali memasukkan tabung melewati esofagus sampai ke lambung pasien. Tabung tersebut digunakan sebagai pemandu dokter atau ahli bedah dalam memotong serta menyambungkan lambung.

Apabila semua prosedur sudah selesai, ahli bedah akan mengangkat sisa lambung pasien. Setelah operasi, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan untuk mendapatkan perawatan dokter serta dokter akan memantau apabila terjadinya komplikasi.

Biaya Operasi Potong Lambung

Setelah mengetahui beberapa manfaat, indikasi hingga prosedur operasi potong lambung di rumah sakit, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai biaya administrasinya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya operasi potong lambung merupakan bagian dari operasi bariatrik di rumah sakit.

Dikutip dari berbagai macam sumber terpercaya, besaran biaya operasi potong lambung melalui metode sleeve gastrectomy di rumah sakit berkisar mulai dari Rp 49.000.000. Perlu diingat, di dalam besaran biaya operasi potong lambung tersebut biasanya sudah mencakup beberapa hal seperti kamar perawatan, tindakan bedah hingga obat-obatan.

Selain itu, ketika hendak menjalani operasi potong lambung di rumah sakit, tentunya pasien diwajibkan untuk menjalani serangkaian tes pemeriksaan terkait kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab untuk menjalani operasi potong lambung, terdapat sejumlah kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh pasien.

Risiko Operasi Potong Lambung

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran biaya operasi potong lambung di rumah sakit dilengkapi dengan manfaat, indikasi hingga prosedur pelaksanaannya. Meskipun operasi potong lambung merupakan prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa tindakan medis tersebut mempunyai efek samping terhadap pasiennya.

Oleh sebab itu, sebagai bahan gambaran di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah efek samping atau risiko menjalani operasi potong lambung di rumah sakit.

  • Pendarahan.
  • Infeksi.
  • Reaksi akibat anestesi.
  • Pembekuan darah.
  • Masalah pernapasan.
  • Kebocoran dari ujung perut yang dipotong.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi potong lambung di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan manfaat, indikasi dan prosedur beserta risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani operasi potong lambung di rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : news.unair.ac.id

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *