Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pap Smear di RS Hermina 2022 : Manfaat, Prosedur & Risiko

Biaya Pap Smear di RS Hermina
Advertisements

Biaya Pap Smear di RS Hermina – Seperti diketahui, pap smear merupakan sebuah prosedur pemeriksaan yang dilakukan guna mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim. Dimana pada proses tersebut dokter akan mengambil sampel sel jaringan leher rahim pasien kemudian nantinya dianalisis atau diteliti oleh petugas laboratorium.

Dai hasil pemeriksaan pap smear bisa diketahui bahwa sampel tersebut mempunyai sel-sel abnormal yang mungkin akan berkembang menjadi kanker. Jadi, pada intinya tujuan dilakukannya pap smear yaitu sebagai langkah diagnosis dini kanker serviks pada seorang wanita sebelum stadiumnya bertambah semakin parah.

Berbicara mengenai pap smear, saat ini kegiatan tersebut juga sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Rumah Sakit Hermina. Akan tetapi, pastinya setiap cabang Rumah Sakit Hermina mempunyai ketentuan mengenai besaran harga atau tarif jasa pelayanan pemeriksaan pap smear kepada para pasiennya.

Advertisements

Maka dari itu, jika kalian berencana menjalani pap smear di RS Hermina terdekat, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai biaya pap smear di RS Hermina untuk semua cabang dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya.

Advertisements

Manfaat Pap Smear

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya pap smear di RS Hermina berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa manfaat jenis pemeriksaan tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, manfaat utama pap smear yaitu sebagai langkah deteksi dini kanker serviks pada seorang wanita sebelum bertambah parah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya semakin cepat kanker terdeteksi, maka tingkat keberhasilan pengobatan ataupun penyembuhan juga akan semakin tinggi. Umumnya pap smear di RS Hermina akan dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul atau tes HPV (humanpappiloma virus).

Indikasi Pap Smear

Melalui pemeriksaan pap smear, maka pengobatan penyakit kanker serviks pada seorang pasien sudah bisa dilakukan sejak dini jika memang terdapat tanda-tanda abnormal. Supaya lebih jelas, di bawah ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang menjalani pap smear.

  • Seorang wanita pengidap HIV.
  • Seorang wanita dengan sistem kekebalan tubuh rendah karena menjalani transplantasi organ, kemoterapi maupun penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang.
  • Seorang wanita pernah mendapatkan hasil abnormal pada tes pap smear sebelumnya.
  • Seorang wanita pernah terpapar ataupun sedang menggunakan obat-obatan DES (dietilstilbestrol).
  • Seorang wanita memiliki kebiasaan buruk merokok.

Prosedur Pap Smear di RS Hermina

Prosedur Pap Smear di RS Hermina
Advertisements

Selain harus mengetahui besaran biaya pap smear di RS Hermina, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, prosedur pemeriksaan pap smear di RS Hermina hampir sama seperti saat menjalani pap smear di Klinik Prodia.

Hanya saja mungkin di Rumah Sakit Hermina memiliki fasilitas atau perlengkapan lebih modern ketimbang Klinik Laboratorium Prodia. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana prosedur pap smear di RS Hermina.

  1. Langkah pertama, pasien diminta untuk melepaskan pakaian bagian bawahnya.
  2. Kemudian pasien disuruh untuk berbaring di atas meja kerja dengan posisi lutut menekuk lalu paha terbuka.
  3. Selanjutnya dokter mulai memasukkan spekulum berupa alat seperti cocor bebek ke dalam alat kelamin pasiennya.
  4. Setelah itu dokter akan mengambil sampel jaringan di leher rahim menggunakan sikat, spatula maupun keduanya.
  5. Apabila sudah mendapatkan sampel jaringan tersebut, dokter lalu menyimpannya ke dalam wadah khusus.

Nantinya sampel jaringan tersebut nantinya akan diteliti ataupun dianalisis oleh para tenaga medis di laboratorium. Umumnya prosedur pap smear di Rumah Sakit Hermina sendiri membutuhkan waktu kurang lebih selama 10 hingga 20 menit saja.

Biaya Pap Smear di RS Hermina

Setelah mengetahui bagaimana prosedur pap smear di RS Hermina, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya ataupun tarifnya. Untuk saat ini, mungkin besaran biaya pap smear di Rumah Sakit Hermina hampir sama di setiap cabangnya.

Umumnya RS Hermina mematok biaya pap smear mulai dari Rp 300.000 per pemeriksaannya, hampir setara seperti biaya pap smear di Kimia Farma. Di dalam biaya pap smear RS Hermina tersebut biasanya sudah mencakup biaya registrasi pasien, biaya pemeriksaan hingga biaya konsultasi dokter spesialis kanker serviks.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya Rumah Sakit Hermina juga kerap memberikan promo berupa potongan harga atau diskon biaya administrasinya. Jadi, saran kami sebelum mengunjungi RS Hermina untuk menjalani pap smear sebaiknya tanyakan apakah terdapat promo potongan harga atau tidak.

Risiko Pap Smear di RS Hermina

Meskipun pap smear di Rumah Sakit Hermina merupakan sebuah prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut bisa menimbulkan risiko atau efek samping kepada para pasiennya. Umumnya pemeriksaan pap smear menggunakan spekulum dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi beberapa pasien.

Selain itu, pasien juga mungkin akan merasakan sedikit rasa kram di perut bagian bawah setelah menjalani pemeriksaan. Bahkan pendarahan ringan ataupun flek juga terkadang bisa terjadi setelah tes selesai dilakukan. Namun, efek samping atau risiko tersebut merupakan hal yang terbilang normal di dalam dunia medis.

Tips Menjalani Pap Smear di RS Hermina

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya pap smear di RS Hermina dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips ketika hendak menjalani pap smear di Rumah Sakit Hermina.

  • Silahkan tentukan jadwal pemeriksaan pap smear sesuai rekomendasi dokter.
  • Sebaiknya hindari pemeriksaan pap smear ketika sedang menstruasi.
  • Hindari berhubungan intim ketika ingin menjalani pap smear.
  • Jangan melakukan pemeriksaan pap smear ketika sedang mengalami peradangan leher.
  • Bagi ibu hamil, sebaiknya lakukan pap smear ketika usia kehamilan sudah menginjak 24 minggu.
  • Bagi wanita baru melahirkan, sebaiknya lakukan pap smear 12 minggu setelah melahirkan.

Kesimpulan

Perlu diketahui, sebenarnya pemeriksaan pap smear di RS Hermina juga akan dilakukan ketika seorang pasien hendak menjalani program kehamilan. Hal ini dikarenakan pap smear juga termasuk ke dalam prosedur medis supaya nantinya program kehamilan bisa berjalan lancar sesuai keinginan.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pap smear di RS Hermina untuk semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaan hingga risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani pemeriksaan pap smear di Rumah Sakit Hermina.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.