Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Pap Smear di Cito 2022 : Pasien Umum & BPJS

Biaya Pap Smear di Cito

Biaya Pap Smear di Cito – Sebagian besar dari kalian, terutama para wanita pasti sudah pernah mendengar istilah tentang pap smear. Dimana pap smear sendiri merupakan sebuah tes untuk mendeteksi kanker serviks alias kanker leher rahim.

Pada pemeriksaan tersebut, dokter akan mengambil sampel sel jaringan serviks (leher rahim) yang akan di analisa oleh petugas laboratorium. Kemudian hasil pemeriksaan nantinya akan memberikan penjelasan apakah terdapat perkembangan sel-sel abnormal ataupun tidak.

Di Indonesia sendiri, saat ini tindakan pemeriksaan pap smear sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu Klinik Laboratorium Cito. Pastinya setiap cabang Klinik Lab Cito mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pelayanannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan pemeriksaan pap smear di Klinik Lab Cito terdekat, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pap smear di Cito dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Tujuan Pap Smear

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya pap smear di Klinik Laboratorium Cito lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, pemeriksaan pap smear dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks sejak dini.

Kesehatan

Pada umumnya, pap smear akan dilakukan oleh seseorang bersamaan dengan pemeriksaan panggul atau tes humanpappiloma virus (HPV). Biasanya seorang wanita akan dianjurkan untuk menjalani pap smear setiap dua tahun sekali apabila usianya sudah menginjak 21 tahun atau lebih.

Akan tetapi, setelah mereka memasuki usia 30 tahun ke atas, frekuensi pemeriksaan pap smear sebenarnya dapat dikurangi menjadi 3 atau bahkan 4 tahun sekali. Perlu diingat, pap smear juga sangat disarankan untuk dijalani oleh seseorang ketika mereka mengalami beberapa gejala atau risiko tinggi terkena kanker serviks.

Prosedur Pap Smear di Cito

Prosedur Pap Smear di Cito

Selain harus mengetahui besaran biaya pap smear di Klinik Laboratorium Cito, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemeriksaannya. Secara garis besarnya, prosedur pap smear di Klinik Lab Cito hampir sama seperti halnya pap smear di Prodia. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

  1. Pertama-tama, pasien diminta untuk melepaskan pakaian bagian bawah.
  2. Kemudian pasien diminta untuk berbaring di atas meja dengan posisi lutut menekuk serta paha terbuka.
  3. Setelah itu, dokter memasukkan spekulum berupa alat berbentuk seperti cocor bebek ke dalam alat kelamin pasien.
  4. Selanjutnya dokter mulai mengambil sampel jaringan di leher rahim menggunakan sikat, spatula ataupun keduanya.
  5. Apabila sudah mendapatkannya, dokter menyimpan sampel tersebut di dalam wadah khusus lalu memeriksanya di laboratorium.

Pada umumnya, prosedur pemeriksaan pap smear di Klinik Laboratorium Cito hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 hingga 20 menit saja. Selama kurun waktu tersebut, biasanya pasien akan diminta untuk menunggu sampai hasil pemeriksaan pap smear dari laboratorium Cito keluar.

Biaya Pap Smear di Cito

Setelah mengetahui sekilas tentang pengertian hingga prosedur pap smear di Klinik Lab Cito, selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai biaya atau tarif jasa pelayanannya. Sebenarnya, besaran biaya pap smear di Klinik Lab Cito sebenarnya hampir sama seperti tarif pap smear di Kimia Farma, yaitu sekitar Rp 300.000 sampai Rp 600.000.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya layanan pap smear di Klinik Lab Cito ini juga disediakan bagi pasien sebagai peserta JKN-KIS aktif BPJS Kesehatan. Dengan kata lain, seseorang yang termasuk ke dalam peserta BPJS Kesehatan diperbolehkan melakukan pemeriksaan pap smear secara gratis di Klinik Cito tanpa biaya administrasi sepeserpun.

Akan tetapi, pastinya setiap pasien BPJS Kesehatan tersebut diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan dari pihak Klinik Lab Cito supaya bisa mendapatkan fasilitas gratis tersebut. Adapun sejumlah syarat dan ketentuan menjalani pap smear secara gratis menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Peserta JKN-KIS aktif.
  • Wanita, entah itu sudah menikah atau pernah menikah.
  • Berumur 30 sampai 50 tahun.
  • Menunjukkan kartu peserta asli dan fotokopi ataupun KIS digital.
  • Membawa pengantar pemeriksaan pap smear dari Faskes Tingkat Pertama.
  • Belum pernah melakukan pemeriksaan IVA/pap smear dari program pemerintah.
  • Apabila hasil positif, maka pasien bisa melakukan pap smear setiap 1 tahun sekali.
  • Apabila hasil negatif, maka pasien bisa melakukan pap smear setiap 3 tahun sekali.
  • Tidak sedang dalam kondisi menstruasi (minimal 7 hari setelah menstruasi),
  • Tidak sedang dalam kondisi mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama 2 x 24 jam sebelum pemeriksaan pap smear dilakukan.
  • Pemeriksaan dilakukan di laboratorium Klinik Cito.

Tips Menjalani Pap Smear di Cito

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya pap smear di Klinik Lab Cito semua cabang, entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Nah, supaya proses ataupun tindakan pap smear di Klinik Cito berjalan lancar, ada baiknya ikuti beberapa tips menjalaninya berikut ini.

  • Menentukan jadwal tes sesuai rekomendasi dokter terkait.
  • Jangan pernah melakukan pap smear saat sedang dalam kondisi menstruasi.
  • Jangan lakukan hubungan intim saat ingin menjalani pemeriksaan pap smear.
  • Apabila pasien sedang mengalami peradangan leher, tunggulah sampai penyakit tersebut sembuh.
  • Bagi ibu hamil, pap smear bisa dilakukan sampai usia kehamilan sudah mencapai 24 minggu.
  • Khusus bagi wanita yang baru melahirkan, pap smear dapat dilakukan pada saat 12 minggu setelah melahirkan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pap smear di Cito semua cabang dilengkapi dengan syarat, prosedur hingga tips menjalaninya, entah itu bagi pasien umum ataupun BPJS. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani pap smear di Klinik Lab Cito terdekat.

Sumber gambar : dtapclinic.com.my

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.