Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pap Smear di Kimia Farma

Biaya Pap Smear di Kimia Farma

Biaya Pap Smear di Kimia Farma – Kasus dan angka kematian akibat kanker serviks (kanker leher rahim) di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah penyakit kanker payudara. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir adanya kasus-kasus lainnya terkait penyakit kanker serviks yaitu dengan menjalani pemeriksaan pap smear.

Pap smear sendiri merupakan sebuah prosedur guna mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita. Di sisi lain, pap smear juga bisa menjadi prosedur untuk menemukan adanya sel-sel abnormal atau sel prakanker di leher rahim yang dapat berkembang menjadi kanker.

Untungnya saat ini beberapa klinik laboratorium di Indonesia sudah menyediakan layanan pemeriksaan pap smear, salah satunya yaitu di Klinik Lab Kimia Farma. Dengan menjalani pap smear secara rutin, kondisi leher rahim bisa di pantau serta penyakit kanker serviks dapat terdeteksi sejak dini.

Namun, tentunya Klinik Lab Kimia Farma memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pemeriksaan pap smear. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pap smear di Kimia Farma untuk semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Apa Itu Pap Smear?

Apa Itu Pap Smear

Seperti membahas rincian biaya pap smear di Lab Kimia Farma lebih dalam, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, pap smear merupakan sebuah prosedur pemeriksaan guna mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim pada seorang wanita.

Prosedur pemeriksaan pap smear dilakukan dengan mengambil sampel sel di leher rahim pasien. Nantinya sampel sel tersebut akan dilakukan penelitian di laboratorium supaya diketahui apakah di dalam sampel tersebut terdapat sel prakanker maupun sel kanker.

Waktu Ideal Pap Smear

Waktu Ideal Pap Smear

Dengan menjalani pap smear atau pap tes secara rutin, kondisi serviks (leher rahim) bisa di pantau sehingga kanker serviks dapat terdiagnosis sejak dini. Melalui pemeriksaan pap smear, dokter juga bisa memperkirakan apakah terdapat risiko terjadinya kanker melalui hasil pemeriksaannya.

Umumnya pap smear dianjurkan untuk dijalani setiap 3 tahun sekali pada wanita berusia 21 tahun ke atas. Sementara bagi wanita berusia 30 sampai 65 tahun, pap smear bisa dilakukan setiap 5 tahun sekali, namun perlu dikombinasikan dengan pemeriksaan HPV.

Perlu diketahui, prosedur pap smear juga akan direkomendasikan para wanita dengan risiko tinggi terserang kanker leher rahim. Nah, di bawah ini adalah beberapa kondisi seorang wanita yang membutuhkan pemeriksaan pap smear.

  • Menderita HIV.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Memperoleh hasil abnormal dari sesi pap smear sebelumnya.
  • Mengonsumsi obat dietilstilbestrol (DES).
  • Termasuk ke dalam perokok aktif.

Prosedur Pap Smear di Kimia Farma

Prosedur Pap Smear di Kimia Farma

Selain membayar biaya pap smear di Klinik Laboratorium Kimia Farma, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Umumnya pap smear di Lab Kimia Farma dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan ataupun kandungan.

Proses pap smear sendiri dapat memakan waktu kurang lebih sekitar 10 menit hingga 20 menit, tergantung tingkat kesulitannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik prosedur pap smear di Klinik Laboratorium Kimia Farma di bawah ini.

  1. Pasien diminta melepaskan pakaian bagian bawah mereka.
  2. Kemudian pasien disuruh berbaring di meja dengan posisi lutut menekuk serta paha terbuka.
  3. Lalu dokter mulai memasukkan spekulum berupa alat seperti cocor bebek ke dalam vagina pasien.
  4. Setelah dinding leher rahim terbuka, dokter mulai mengambil sampel jaringan di leher rahim tersebut menggunakan spatula, sikat ataupun keduanya.
  5. Setelah mengambil beberapa sampel sel, dokter kemudian memasukkannya ke dalam wadah khusus.
  6. Terakhir, dokter akan membawa sampel sel tersebut ke dalam laboratorium untuk dilakukan penelitian.

Biaya Pap Smear di Kimia Farma

Rincian Biaya Pap Smear di Kimia Farma

Perlu diketahui, mungkin biaya pap smear di Klinik Laboratorium Kimia Farma sedikit lebih murah dibandingkan TARIF PAP SMEAR DI PRODIA. Namun sayangnya, untuk saat ini tidak semua cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma di Indonesia menyediakan fasilitas pemeriksaan pap smear.

Untuk besarannya biaya pap smear di Lab Kimia Farma sendiri berada di kisaran Rp 290.000 sampai Rp 600.000 per pemeriksaan. Biasanya di dalam biaya atau tarif jasa pemeriksaan tersebut tersebut sudah meliputi biaya administrasi pendaftaran pasien hingga biaya konsultasi dokter.

Menariknya lagi, pihak Kimia Farma membebaskan biaya pap smear alias gratis bagi pasien yang termasuk ke dalam peserta BPJS Kesehatan. Akan tetapi, agar bisa mendapatkan fasilitas tersebut, pastinya pasien diharuskan memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang diberlakukan.

Tips Sebelum Pap Smear di Kimia Farma

Tips Sebelum Pap Smear di Kimia Farma

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai prosedur pap smear di Lab Kimia Farma beserta besaran tarif atau biayanya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips sebelum pap smear di Kimia Farma supaya pemeriksaan tersebut bisa berjalan lancar tanpa adanya halangan.

  • Pastikan kalian tidak sedang dalam masa menstruasi.
  • Jangan melakukan hubungan intim selama 2 sampai 3 hari sebelum pemeriksaan.
  • Pastikan kalian tidak sedang mengunakan tampon selama 2 hingga 3 hari sebelum pemeriksaan.
  • Tidak sedang menggunakan pelumas seperti cairan lubrikasi selama 2 hari sebelum tes.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan, spermisida, krim atau gel yang dimasukkan ke dalam vagina selama 2 sampai 3 hari sebelum pemeriksaan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa prosedur pemeriksaan pap smear di Klinik Laboratorium Kimia Farma hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 20 menit saja. Namun, perlu diingat bahwa untuk saat ini tidak semua cabang Lab Kimia Farma menyediakan fasilitas tersebut.

Itulah sekiranya penjelasan seputar estimasi biaya pap smear di Kimia Farma dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya versi Biayatarif. Semoga pembahasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani tes pap smear di Klinik Lab Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *