Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Pap Smear di Lab Pramita 2022 : Indikasi & Prosedur

Biaya Pap Smear di Pramita

Biaya Pap Smear di Lab Pramita – Seperti diketahui, pap smear ialah sebuah prosedur pemeriksaan guna mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim. Di dalam prosedur pemeriksaan pap smear, dokter nantinya akan mengambil sampel sel jaringan serviks (leher rahim) yang kemudian dianalisis oleh petugas di laboratorium.

Dari hasil pemeriksaan pap smear tersebut, dapat diketahui apabila sampel mempunyai sel-sel abnormal yang mungkin berkembang menjadi kanker (sel prakanker) ataupun sel yang sudah menjadi kanker. Jadi, pada intinya manfaat utama pap smear ialah sebagai langkah deteksi dini kanker serviks sebelum stadiumnya bertambah semakin parah.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini prosedur pemeriksaan pap smear sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu Klinik Lab Pramita. Namun, pastinya setiap cabang Klinik Lab Pramita mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasa untuk setiap pelayanannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana menjalani prosedur pap smear di Klinik Lab Pramita terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pap smear di Lab Pramita semua cabang dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Kegunaan Pap Smear

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan ataupun manfaat utama dilakukannya pap smear yaitu sebagai langkah deteksi dini kanker serviks sebelum stadiumnya bertambah semakin parah. Pada umumnya, pap smear biasanya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul ataupun tes HPV (humanpappiloma virus).

Ketika mengetahui kondisi serviks atau kanker leher rahim seorang wanita melalui pap smear, maka tindakan lanjutan ataupun pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya semakin cepat kanker terdeteksi maka tingkat keberhasilan pengobatan ataupun penanganan juga akan semakin tinggi.

Indikasi Menjalani Pap Smear

Biasanya, pap smear sendiri dianjurkan oleh para dokter untuk dilakukan setiap 3 tahun sekali pada wanita berusia 21 tahun ke atas. Sementara bagi wanita berusia 30 sampai 65 tahun, mereka dapat melakukan pap smear minimal 5 tahun sekali, namun perlu dikombinasikan dengan pemeriksaan HPV.

Selain itu, tes pap smear juga sebenarnya dianjurkan untuk dilakukan oleh seseorang apabila mereka memiliki risiko tinggi terserang kanker leher rahim tanpa memandang usia. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya pap smear di Lab Pramita lebih lanjut, berikut akan kami berikan indikasi seseorang perlu menjalaninya.

  • Menderita HIV.
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah.
  • Pernah mendapatkan hasil abnormal pada pemeriksaan pap smear sebelumnya.
  • Menggunakan obat-obatan DES (dietilstilbestrol).
  • Memiliki kebiasaan merokok.

Prosedur Pap Smear di Lab Pramita

Prosedur Pap Smear di Lab Pramita

Selain diharuskan membayar biaya pap smear di Klinik Lab Pramita, tentunya setiap pasien juga perlu memahami bagaimana langkah-langkah atau prosedur pemeriksaannya. Hampir sama seperti pap smear di Prodia, prosedur pap smear di Klinik Lab Pramita membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 sampai 30 menit.

Secara garis besarnya, dokter spesialis di Lab Pramita melakukan tes pap smear dengan dibantu oleh sejumlah perawat berpengalaman. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur pap smear di seluruh cabang Klinik Laboratorium Pramita.

  1. Tahap pertama, pasien diminta melepaskan seluruh pakaian bagian bawah.
  2. Kemudian pasien diminta berbaring telentang di atas ranjang khusus.
  3. Setelah itu, kaki pasien diminta diletakkan di atas penyangga kaki selama tes pap smear berlangsung.
  4. Lalu dokter akan mulai memasukkan spekulum ke dalam vagina pasien.
  5. Selanjutnya spekulum akan dibukka agar leher rahim menjadi bisa terlihat.
  6. Umumnya dokter menggunakan swab khusus untuk mengambil sampel jaringan dari serviks pasien.
  7. Langkah terakhir setelah swab dikeluarkan, pasien bisa menggunakan pakaiannya kembali dan pap smear selesai.

Sampel jaringan tersebut nantinya ditaruh ke dalam toples kecil kemudian dikirim ke laboratorium untuk dilakukan penelitian. Biasanya pasien diminta untuk menunggu sampai dokter atau pihak petugas medis Lab Pramita memberikan hasil dari pemeriksaan pap smear.

Biaya Pap Smear di Lab Pramita

Setelah mengetahui manfaat, indikasi hingga prosedur pap smear di Klinik Lab Pramita, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif atau harga jasa pelayanannya. Perlu diketahui, biasanya besaran biaya pap smear di masing-masing cabang Klinik Lab Pramita bisa berbeda, karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Meskipun begitu, selisih perbedaan tarif jasa pemeriksaan pap smear di masing-masing cabang Klinik Lab Pramita tidak akan terlalu jauh. Untuk saat ini, biaya pemeriksaan pap smear di semua cabang Klinik Lab Pramita dimulai dari Rp 380.000, sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pap smear di Puskesmas.

Sebagai informasi tambahan, Klinik Lab Pramita juga seringkali memberikan promo berupa diskon atau potongan harga untuk pelayanan pap smear. Maka dari itu, selalu cek sosial media resmi dari pihak Klinik Laboratorium Pramita untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo berbagai macam tes kesehatan.

Tips Pap Smear di Lab Pramita

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya pap smear di Klinik Lab Pramita semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya. Nah, supaya proses pemeriksaan pap smear di Lab Pramita bisa berjalan lancar sesuai keinginan, sebaiknya ikuti beberapa tips sebelum menjalaninya di bawah ini.

  • Menentukan jadwal tes sesuai rekomendasi dokter terkait.
  • Jangan pernah melakukan pemeriksaan pap smear saat sedang menstruasi.
  • Jangan lakukan hubungan intim ketika ingin menjalani pap smear.
  • Apabila pasien mengalami peradangan leher, tunggulah sampai penyakit tersebut sembuh.
  • Khusus bagi wanita hamil, pap smear bisa dilakukan sampai usia kehamilan 24 minggu.
  • Bagi wanita yang baru melahirkan, sebaiknya tunggu sampai 12 minggu setelah melahirkan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pap smear di Lab Pramita semua cabang dilengkapi dengan kegunaan, indikasi, prosedur tes hingga tips menjalaninya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani pap smear di Klinik Lab Pramita terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.