Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

5 Biaya Pemasangan Crown Gigi 2021 (Prosedur & Efek Samping)

Biaya Pemasangan Crown Gigi

Biaya Pemasangan Crown Gigi – Saat ini sudah tersedia cukup banyak alternatif yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam upaya memperbaiki penampilan gigi rusak, salah satunya yaitu crown gigi. Sebagaimana diketahui, crown gigi sendiri merupakan sebuah prosedur untuk memperbaiki serta mengembalikan fungsi gigi seperti semula.

Di Indonesia sendiri, pemasangan crown gigi dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik masyarakat hingga praktek dokter spesialis. Terlebih lagi kini sudah tersedia cukup banyak jenis crown gigi yang bisa dipilih oleh pasien sesuai kebutuhan serta keinginan.

Seperti halnya PEMASANGAN GIGI PALSU, proses pembuatan dan pemasangan mahkota gigi oleh dokter spesialis juga memiliki sejumlah ketentuan, salah satunya yaitu terkait harga atau biaya pemasangannya. Umumnya beberapa tempat pelayanan kesehatan gigi tersebut mematok harga pemasangan crown gigi mulai dari jutaan rupiah.

Maka dari itu, jika diantara kalian berencana memasang crown gigi di rumah sakit ataupun klinik masyarakat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, untuk membantunya kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait kisaran biaya pemasangan crown gigi untuk semua jenis-jenisnya.

Pengertian Crown Gigi

Pengertian Crown Gigi

Seperti dijelaskan sebelumnya, crown gigi ialah sebuah prosedur pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak. Dimana tujuan pemasangan gigi palsu atau crown gigi tersebut bertujuan guna memperbaiki serta mengembalikan fungsi gigi yang rusak atau terpangkas seperti semula.

Sebagian besar orang menganggap bahwa teknik tersebut sangat efektif dalam memulihkan gigi dengan ukuran serta bentuk alaminya. Menariknya lagi, prosedur pemasangan crown gigi juga sangat berguna untuk memberikan estetika yang baik.

Jenis Crown Gigi

Jenis Crown Gigi

Hingga kini, setidaknya terdapat 5 jenis crown gigi yang ditawarkan oleh dokter spesialis gigi. Sebelum pembahasan utama mengenai biaya pemasangan crown gigi berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya di bawah ini.

1. Crown Gigi Logam

Biasanya jenis logam dalam pembuatan crown gigi berasal dari emas atau campuran logam tertentu seperti kobalt-kromium serta nikel-kromium. Jenis crown gigi logam terkenal tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama asalkan proses perawatannya dilakukan dengan tepat.

2. Crown Gigi Keramik atau Porselen

Jenis crown gigi porselen atau keramik umumnya digunakan untuk melapisi bagian gigi yang terlihat dari luar. Sebab, warna crown gigi tersebut mampu memberikan tampilan warna serupa seperti gigi asli.

3. Crown Gigi Campuran Porselen dan Logam

Hampir sama seperti crown gigi jenis porselen atau keramik, crown gigi campuran antara porselen dan logam juga memiliki warna seperti gigi asli. Maka dari itu, jenis ini dapat menjadi pilihan seseorang entah itu untuk gigi depan ataupun gigi geraham.

4. Crown Gigi Resin

Harga pembuatan dan pemasangan crown gigi jenis resin biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Akan tetapi, bahan resin umumnya lebih cepat aus serta lebih mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

5. Crown Gigi Stainless Steel

Sementara crown gigi jenis stainless steel biasanya digunakan untuk melindungi gigi rusak sampai dental crown permanen selesai dibuat. Maka dari itu, biasanya crown gigi jenis ini umum digunakan oleh anak-anak guna melapisi gigi susu mereka yang rusak.

Prosedur Pemasangan Crown Gigi

Prosedur Pemasangan

Selain diharuskan membayar biaya pemasangan crown gigi, pasien juga wajib mengikuti seluruh prosedur pelaksanaannya. Biasanya proses pembuatan hingga pemasangan crown gigi di beberapa tempat tidak akan jauh berbeda, baik itu di rumah sakit, klinik umum ataupun praktek dokter spesialis.

Pertama-tama, pasien wajib menjalani pemeriksaan rontgen gigi guna melihat gambaran akar ataupun tulang di sekitar gigi. Setelah itu, dokter akan mencetak gigi palsu atau crown gigi sesuai dengan kondisi pasien.

Melalui cetakan tersebut, biasanya crown gigi akan selesai dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Dalam kurun waktu tersebut, dokter akan memberikan mahkota sementara untuk melindungi gigi pasien. Setelah mahkota berhasil dicetak, maka dokter akan segera memasangnya.

Biaya Pemasangan Crown Gigi

Biaya Pemasangan Crown Gigi Semua Jenis

Perlu diketahui, mungkin besaran biaya pemasangan crown gigi akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan PEMASANGAN BEHEL GIGI. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya proses pemasangan crown gigi membutuhkan tingkat ketelitian serta keahlian khusus sehingga membutuhkan dokter spesialis sehingga layanan ini biasanya berlum tersedia di puskesmas.

Selain itu, untuk besaran biaya atau harga pembuatan serta pemasangannya sendiri umumnya sama saja, baik itu di rumah sakit, klinik umum maupun praktek dokter swasta. Daripada penasaran, di bawah ini adalah kisaran biaya pemasangan crown gigi untuk semua jenis-jenisnya.

KeteranganBiaya
Crown Metal PorcelainRp 1.400.000 – Rp 2.000.000
Crown All PercelainRp 3.500.000
Crown ZirconiaRp 4.500.000
Bridge (3 Crown Metal Porcelain)Rp 7.500.000
Bridge (3 Crown All Porcelain/Zirconia)Rp 10.500.000

Efek Samping Pemasangan Crown Gigi

Efek Samping Pemasangan

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai besaran biaya pemasangan crown gigi untuk semua jenis-jenisnya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bahwa prosedur pemasangan crown gigi tersebut memiliki sejumlah risiko atau efek samping kepada pasien, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pasien merasakan sensasi terbakar pada mulut ataupun gusi.
  • Adanya pertumbuhan jaringan gusi secara berlebihan.
  • Lidah mati rasa sebelah.
  • Ruam disekitar mulut.
  • Mengalami nyeri otot serta sendi.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pemasangan crown gigi untuk semua jenis-jenisnya, baik itu di rumah sakit, klinik gigi maupun praktek dokter spesialis. Semoga pembahasan di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang crown gigi.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *