Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi

Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi

Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi – Memasang hebel memang harus merogoh kocek lumayan dalam, mulai dari jutaan rupiah hingga belasan juta rupiah. Oleh sebab itu, kebanyakan orang memasang behel di tukang gigi atau sembarang dokter gigi dengan alasan biaya pemasangannya lebih murah.

Padahal sebenarnya tidak semua dokter gigi apalagi tukang gigi bisa memasangkan behel ke pasiennya dengan benar. Pasalnya, pemasangan behel gigi tersebut harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti (Drg Sp Ort) atau ortodontis sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Apabila tidak ditangani oleh profesional di bidangnya, hasil pemasangan kawat gigi bisa saja tidak rapi, bahkan dapat menyebabkan infeksi di area gusi. Maka dari itu, langkah paling tepat ketika hendak memasang behel gigi yaitu dengan mengunjungi dokter gigi di rumah sakit, klinik masyarakat ataupun klinik praktek dokter swasta.

Jika kalian berencana memasang behel di dokter gigi, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga atau tarif pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait rincian biaya pasang behel di dokter gigi beserta prosedur pelaksanaannya.

Tujuan Pasang Behel

Tujuan Pasang Behel

Sebagaimana diketahui, kawat gigi digunakan untuk memperbaiki berbagai macam permasalahan gigi. Sebelum pembahasan biaya pasang behel di dokter gigi berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa tujuan atau manfaat dari pemasangannya.

  • Meningkatkan kesehatan gigi.
  • Melindungi gigi dari pola gigitan tidak rata.
  • Menyelesaikan masalah makan, seperti saat menggigit ataupun mengunyah.
  • Memiliki senyum indah dan gigi lurus.
  • Menyelaraskan struktur gigi.

Waktu Pemasangan Behel Gigi

Waktu Pemasangan Behel Gigi

Agar mendapatkan hasil sesuai keinginan, pemasangan behel gigi sebaiknya dilakukan sejak usia 12 tahun sampai 13 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut mulut dan rahang masih dalam masa pertumbuhan.

Berbeda pada orang dewasa, kawat gigi bisa terpasang lebih lama dibandingkan pada anak-anak. Akan tetapi, terkadang hasil dari pemasangan behel gigi tersebut belum tentu bisa sesuai dengan harapan.

Perlu diingat, pemasangan behel gigi di dokter gigi tidak bisa mengatasi kelainan pada posisi rahang yang parah. Oleh sebab itu, jika mengalami permasalahan tersebut pasien diharuskan menjalani operasi bedah reposisi rahang di rumah sakit.

Sebelum memutuskan untuk memasang behel, alangkah baiknya periksa kan kondisi gigi terlebih dahulu ke dokter gigi. Sebagai acuan, kalian juga bisa melihat BIAYA RONTGEN GIGI DI PRODIA sehingga bisa mempersiapkan anggaran biaya pemeriksaannya.

Prosedur Pasang Behel di Dokter Gigi

Prosedur Pasang Behel di Dokter Gigi

Selain membayar biaya pasang behel di dokter gigi, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh prosedur pemasangannya. Daripada penasaran, berikut adalah prosedur pasang behel di dokter gigi.

Tahap Persiapan

Pertama-tama, dokter gigi menentukan jenis kawat yang akan digunakan pada pasien berdasarkan hasil pemeriksaan gigi sebelumnya. Umumnya, kebanyakan dokter akan menyarankan kepada pasien untuk menggunakan kawat gigi permanen (fixed braces).

Tahap Pemasangan

Setelah semua tahap persiapan dan pemeriksaan sudah selesai, selanjutnya dokter akan segera memulai pemasangan behel giginya. Adapun prosedur pemasangan kawat gigi permanen diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pemasangan bracket pada permukaan luar maupun bagian dalam gigi.
  • Memasang cincin di sekeliling gigi geraham menggunakan alat khusus.
  • Dokter memasang kawat-kawat lentur pada gigi pasien yang menghubungkan masing-masing bracket serta cincin pengunci untuk mengatur pergerakan gigi.
  • Dokter gigi memasangkan aksesoris seperti tali elastis atau headgear untuk menjaga supaya gigi tetap berada dalam posisi tepat serta membantu pergerakan gigi.

Tahap Akhir

Setelah behel terpasang, dokter gigi akan melakukan penyesuaian behel gigi secara berkala dengan mengencangkan ataupun membengkokkan behel gigi. Penyesuaian tersebut akan memberikan tekanan pada susunan gigi sehingga secara bertahap menggeser posisi gigi ke posisi lainnya.

Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi

Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi Semua Jenis

Mungkin biaya pasang behel di dokter gigi akan sedikit lebih mahal dibandingkan PEMASANGAN BEHEL DI PUSKESMAS. Namun, tentunya besaran harga pemasangan kawat gigi tersebut tergantung pada bahan serta jenis kawat yang digunakan.

Setiap jenis behel gigi tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing, seperti tingkat kenyamanan serta kemampuannya dalam merapikan gigi. Di bawah ini sudah kami rangkum biaya pasang behel di dokter gigi untuk beberapa jenisnya.

Jenis BehelHarga
Metal KonvensionalRp 4.000.000
Ceramic KonvensionalRp 6.000.000
Sapphire KonvensionalRp 8.000.000
Metal Self LigatingRp 12.000.000
Clear Self LigatingRp 17.000.000

Sebagai informasi tambahan, beberapa dokter gigi kerap memberikan promo berupa potongan harga pemasangan kepada para pasiennya. Dengan adanya promo tersebut bisa sedikit meringankan kalian ketika hendak memasang kawat di dokter gigi.

Efek Samping Pasang Behel di Dokter Gigi

Efek Samping Pasang Behel di Dokter Gigi

Secara garis besar, pemasangan behel di dokter gigi merupakan prosedur 100 persen aman. Meskipun demikian, tetap saja di dalam pemasangan kawat gigi tersebut terdapat sejumlah risiko atau efek samping pada pasien. Beberapa efek samping tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Pasien merasa tidak nyaman seperti gigi akan terasa sedikit longgar ataupun sakit.
  • Pasien mengalami cedera.
  • Mengalami resorpsi akar (pemendekan akar gigi).
  • Gigi kembali lagi ke bentuk semulanya.
  • Membuat gigi menjadi kuning.
  • Gigi berlubang.
  • Timbulnya penyakit gusi.

Cara Perawatan Behel Gigi

Cara Perawatan Behel Gigi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya pasang behel di dokter gigi beserta prosedur pelaksanaannya. Supaya behel gigi tidak mudah terlepas serta gigi tetap sehat, berikut akan kami berikan beberapa cara perawatannya.

  • Hati-hati dalam memilih makanan.
  • Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi.
  • Bersihkan sela-sela behel gigi setelah selesai makan.
  • Bersihkan gigi menggunakan benang gigi atau dental floss.
  • Selalu lakukan kontrol secara rutin ke dokter gigi.
  • Lindungi gigi pada saat olahraga.
  • Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash).

Kesimpulan

Perlu diingat, pemasangan behel gigi biasanya dilakukan dengan tujuan estetika serta bukan suatu hal wajib untuk dilakukan. Maka dari itu, biaya pemasangan kawat gigi tersebut tidak akan ditanggung oleh pemerintah melalui BPJS.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya pasang behel di dokter gigi untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan referensi ketika hendak mengunjungi dokter gigi terkait pemasangan behel.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *