Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas – Tahukah kalian, gigi yang hilang apabila tidak segera diganti dengan gigi palsu akan berdampak langsung bagi kesehatan gigi ataupun mulut. Selain itu, hilangnya gigi terutama pada bagian depan akan sangat berpengaruh jika dilihat dari segi estetika.

Oleh sebab itu, penggantian gigi palsu perlu dilakukan agar meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Saat ini, proses penggantian gigi palsu sudah bisa dilakukan di beberapa tempat penyedia jasa kesehatan seperti rumah sakit, dokter praktek spesialis gigi, klinik masyarakat hingga puskesmas.

Tentunya setiap tempat pelayanan kesehatan tersebut menetapkan tarif atau harga pemasangan gigi palsu, salah satunya yaitu puskesmas. Jadi, bagi kalian yang hendak memasang gigi palsu di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biaya pelayanannya.

Umumnya besaran tarif pemasangan gigi palsu di puskesmas cukup bervariasi, tergantung dari jenis penggantiannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang gigi palsu di puskesmas beserta prosedur pelaksanaannya.

Alasan Pasang Gigi Palsu

Alasan Pasang Gigi Palsu

Kebanyakan orang menganggap pemakaian gigi palsu hanya untuk orang tua atau lansia saja. Padahal sebenarnya berapa pun usia kalian, apabila mengalami gigi permanen hilang atau tanggal sebaiknya diganti dengan gigi tiruan. Selain karena alasan estetika, pemasangan gigi palsu juga bisa disebabkan karena alasan berikut ini.

  • Agar tidak ompong.
  • Supaya gigi tidak bergeser ke ruang kosong.
  • Mengembalikan fungsi mengunyah makanan.
  • Meningkatkan kualitas berbicara sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

Jenis Gigi Palsu

Besaran biaya pasang gigi palsu di puskesmas juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan jenis gigi tiruannya. Jika dilihat dari segi jumlahnya, gigi palsu dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap.

Gigi Palsu Sebagian

Gigi palsu sebagian merupakan gigi tiruan untuk menggantikan gigi asli yang tanggal satu atau beberapa saja. Jenis ini juga bisa dibedakan lagi menjadi dua kelompok, yaitu gigi palsu berbahan akrilik serta gigi palsu berbahan lentur.

Gigi Palsu Lengkap

Gigi palsu lengkap atau penuh merupakan gigi tiruan yang dipasang secara menyeluruh baik itu di bagian rahang atas, bawah ataupun kedua rahang. Biasanya jenis gigi palsu lengkap digunakan oleh lansia.

Prosedur Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Prosedur Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Sebelum membahas biaya pasang gigi palsu di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pelaksanaannya. Pertama, dokter akan mencetak model plastik atau lilin kepada pasien untuk mendapatkan keakuratan gigi.

Setelah itu, dokter beserta teknisi akan mencetak model gigi tiruan tersebut selama beberapa hari. Apabila gigi palsu sudah jadi, dokter akan memeriksa kembali kondisi gigi dan gusi sebelum memulai pemasangan.

Terakhir, dokter memulai pelaksanaan pemasangan gigi palsu pasien. Khusus pemasangan gigi palsu lengkap, proses pembuatan gigi palsu dilakukan setelah gusi sembuh secara sempurna pasca pencabutan gigi.

Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Daftar Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas

Mungkin biaya pemasangan gigi palsu ini akan lebih mahal dibandingkan jika dibandingkan ketika MEMBERSIHKAN KARANG GIGI DI PUSKESMAS. Pasalnya, pemasangan gigi tiruan membutuhkan beberapa tahap sehingga prosesnya sedikit lebih lama.

Seperti dijelaskan di atas, harga pemasangan gigi tiruan menggunakan teknik implan di puskesmas dapat dipengaruhi oleh jenis gigi palsunya. Supaya lebih jelas, simak baik-baik rincian biaya pasang gigi palsu di puskesmas untuk semua jenis-jenisnya di bawah ini.

Jenis Gigi PalsuBiaya
Gigi palsu permanen implan gigiRp 15.000.000 – Rp 20.000.000 per gigi
Gigi palsu lepasan porselen akrilikRp 250.000 per gigi
Gigi palsu lepasan porselen akrilikRp 3.950.000 per rahang
BridgeRp 9.000.000 – Rp 18.000.000 per gigi
CrownRp 3.500.000 – Rp 6.000.000 per gigi
Fleksi denture/valplastRp 1.450.000 per 1 plat
Fleksi denture/thermostenRp 1.925.000 per 1 plat
Kerangka logam kombinasi akrilikRp 5.725.000 per 1 rahang
Kerangka logam kombinasi akrilikRp 11.425.000 per 2 rahang
Biaya pasang gigi palsu di puskesmas dapat berbeda untuk beberapa wilayah

Risiko Pasang Gigi Palsu

Risiko Pasang Gigi Palsu

Meskipun pemasangan gigi palsu bertujuan untuk kesehatan gigi dan mulut, namun tetap saja kegiatan tersebut memiliki risiko. Adapun beberapa risiko pasang gigi palsu diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Dapat mengubah bentuk wajah.
  • Pada awal-awal setelah proses pemasangan gigi susah digunakan untuk mengunyah serta menelan.
  • Sulit berbicara.
  • Berefek alami pneumonia.
  • Radang gusi.
  • Infeksi jamur Candida albicans.

Tips Perawatan Gigi Palsu

Tips Perawatan Gigi Palsu

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang gigi palsu di puskesmas. Sebagaimana diketahui, gigi tiruan sangat rawan serta rapuh apabila tidak dirawat dengan benar. Nah, agar gigi palsu dapat awet serta tahan lama, alangkah baiknya ikuti beberapa tips perawatannya berikut ini.

  • Lepaskan gigi palsu setiap malam supaya mulut dan gusi bisa beristirahat.
  • Bersihkan gigi palsu menggunakan sikat serta pasta gigi khusus, kemudian rendam di dalam air bersih.
  • Apabila sedang tidak digunakan, simpan gigi palsu di dalam wadah berair untuk mencegah kekeringan.
  • Selalu periksa gigi palsu secara rutin untuk memantau apabila terdapat keretakan ataupun kerusakan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa harga pemasangan gigi tiruan di puskesmas besarannya tergantung dengan jenis gigi palsu yang digunakan. Semakin bagus kualitas jenis gigi palsu, maka akan semakin mahal pula biaya pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pasang gigi palsu di puskesmas beserta prosedur pemasangannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan pemasangan gigi palsu di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *