Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi – Saat ini, pemasangan gigi palsu atau gigi tiruan (implan gigi) mungkin masih identik sebagai perawatan bagi orang tua ataupun lansia. Padahal, sebenarnya pada usia berapa pun kalian kehilangan gigi permanen, maka pemasangan gigi palsu akan tetap disarankan.

Sebenarnya pemasangan gigi palsu bukan hanya karena alasan estetika saja, namun juga bermanfaat sebagai pengisi ruang kosong bekas gigi permanen yang terlepas. Proses pemasangan gigi tiruan tersebut saat ini sudah dapat dilakukan di beberapa tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu dokter gigi praktek swasta.

Perlu diketahui, jenis gigi tiruan yang ditawarkan oleh dokter gigi dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama, yaitu gigi palsu permanen dan gigi tiruan lepasan. Tentunya setiap jenis gigi palsu tersebut biasanya di banderol dengan harga atau tarif cukup bervariasi, tergantung dengan jumlah penggantiannya.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pemasangan gigi palsu di dokter gigi, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biaya atau ongkos jasa pelayanannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang gigi palsu di dokter gigi untuk semua jenis-jenisnya.

Manfaat Pasang Gigi Palsu

Manfaat Pasang Gigi Palsu

Seperti dijelaskan di atas, salah satu alasan mengapa seseorang memasang gigi palsu yakni untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri. Selain itu, pemasangan gigi palsu juga akan memberikan sejumlah manfaat kepada seseorang. Adapun beberapa manfaat pasang gigi palsu tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Meningkatkan kemampuan berbicara.
  • Meningkatkan kemampuan makan.
  • Menghindari wajah terlihat kempot.
  • Menjaga supaya susunan gigi tidak bergeser dan berantakan.
  • Melindungi gigi, rahang serta mulut secara keseluruhan.
  • Mencegah keroposnya tulang di sekitar daerah gigi.

Macam Macam Gigi Palsu

Sebagaimana diketahui, pemasangan gigi palsu dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu permanen serta gigi palsu lepasan. Sebelum membahas biaya pasang gigi palsu di dokter gigi lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu kedua jenis gigi palsu tersebut.

Gigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen

Sesuai namanya, gigi palsu permanen dipasang secara permanen ketika kondisi gigi seseorang mengalami keropos, berlubang ataupun tanggal. Gigi palsu jenis ini dapat bertahan selama bertahun-tahun, tergantung bagaimana cara perawatan oleh pemiliknya. Apabila rajin menggosok dan membersihkan gigi, bisa jadi gigi palsu dapat bertahan seumur hidup.

Gigi Palsu Lepasan

Gigi Palsu Lepasan

Pada awalnya, gigi palsu lepasan terbuat dari bahan akrilik. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, saat ini bahan penopang gigi palsunya terbuat dari logam, sementara giginya tetap terbuat dari akrilik. Umumnya gigi jenis tersebut dipakai oleh lansia yang hampir semua giginya sudah tanggal atau hilang.

Prosedur Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Prosedur Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Selain membayar biaya pasang gigi palsu di dokter gigi, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur operasi pemasangannya. Biasanya, proses pemasangan gigi palsu membutuhkan waktu dua hingga 3 minggu sampai gigi palsu tersebut benar-benar siap di pasang di rongga mulut.

Di sisi lain, proses pemasangan gigi palsu di dokter gigi juga akan berbeda, tergantung dari pemilihan jenisnya. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa prosedur pasang gigi palsu di dokter gigi, entah itu gigi palsu permanen ataupun lepasan.

Tahap Persiapan

Pertama-tama dokter gigi memeriksa rongga mulut mulai dari area gigi hingga tulang gigi secara menyeluruh. Dokter juga akan mengambil foto rontgen untuk melihat posisi gigi serta tulang secara lebih detail.

Apabila masih terdapat sisa akar gigi, maka pasien harus melakukan tindakan pencabutan akar gigi terlebih dahulu. Kalian bisa melihat rincian BIAYA PENCABUTAN AKAR GIGI terlebih dahulu sebagai gambaran jika memang diperlukan tindakan lanjutan tersebut.

Tahap Pemasangan

Setelah rahang atau area mulut sudah bersih, langkah selanjutnya yaitu dokter gigi mencetak gigi palsu menggunakan bahan khusus. Umumnya proses pembuatan gigi palsu tersebut dilakukan di laboratorium menggunakan alat cetakan khusus. Selang beberapa hari, dokter akan menghubungi pasien terkait jadwal serta proses pemasangannya.

Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Rincian Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Secara garis besar, biaya pasang gigi palsu di dokter gigi tidak jauh berbeda dengan PEMASANGAN GIGI PALSU DI PUSKESMAS. Pasalnya, pemasangan gigi tiruan di dokter gigi tersebut juga menggunakan prosedur yang sama dengan puskesmas. Daripada penasaran, berikut sudah kami rangkum rincian biaya pemasangannya.

Gigi Palsu Permanen

Biaya pasang gigi palsu permanen tergantung pada jenis bahan apa yang digunakan serta berapa jumlah penggantian giginya. Biasanya harga pemasangan implan gigi palsu permanen di dokter gigi berada di kisaran Rp 15.000.000 per gigi.

Apabila pasien menggunakan mahkota, maka mereka akan dikenai biaya tambahan. Di bawah ini adalah rincian biaya tambahan untuk pemasangan mahkota per gigi sesuai dengan jenis atau tipenya.

Jenis MahkotaBiaya
Metal PorcelainRp 1.700.000 – Rp 2.000.000
All PorcelainRp 3.000.000 – Rp 3.500.000
ZirconiaRp 3.500.000 – Rp 4.000.00

Gigi Palsu Lepasan

Sementara harga gigi palsu lepasan tergantung pada berapa jumlah gigi palsu serta pemilihan bahan platnya. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik rincian biaya pasang gigi palsu di dokter gigi untuk jenis gigi tiruan lepasan berikut ini.

Bahan Gigi PalsuBiaya / Gigi
Plat AkrilikRp 1.500.000
Plat ValplasRp 2.000.000
Plat LogamRp 3.000.000
Harga di atas dapat berbeda di beberapa dokter gigi karena beberapa faktor.

Efek Samping Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Efek Samping Pasang

Meskipun pasang gigi palsu di dokter gigi merupakan prosedur aman, namun jika tidak dirawat dengan baik maka bisa saja menimbulkan efek samping ataupun risiko gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa efek samping setelah pasang gigi palsu di dokter gigi.

  • Bentuk wajah berubah.
  • Sulit berbicara di awal penggunaannya.
  • Sulit mengunyah dan menelan di awal penggunaannya.
  • Pneumonia atau paru-paru basah, dapat terjadi jika seseorang tidak melepas gigi palsu saat tidur.
  • Gangguan kesehatan mulut apabila tidak dibersihkan, seperti gusi bengkak, gusi berdarah, bau tidak sedap, plak dan lain sebagainya.

Tips Merawat Gigi Palsu

Tips Merawat Gigi Tiruan

Di atas sudah kami jelaskan biaya pasang gigi palsu di dokter gigi serta prosedur pemasangannya. Agar gigi palsu dapat tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips perawatannya di bawah ini.

  • Selalu berhati-hati pada saat melepas, memasang maupun mencuci gigi palsu.
  • Usahakan lepas dan bersihkan gigi palsu lepasan setelah selesai makan.
  • Bersihkan gigi palsu setiap hari menggunakan alat khusus.
  • Selalu bersihkan rongga mulut setelah melepas gigi palsu.
  • Rendam gigi palsu menggunakan cairan khusus.
  • Bersihkan gigi palsu sebelum digunakan kembali.
  • Kontrol rutin ke dokter gigi minimal 1 tahun sekali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga pasang gigi palsu di dokter gigi tergantung pada jenisnya. Selain itu, beberapa dokter gigi mungkin mematok harga berbeda-beda, tergantung pada tingkat kesulitan pada saat proses pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya pasang gigi palsu di dokter gigi untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang gigi palsu di dokter gigi terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *