Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas – Sakit gigi memang bisa terjadi pada siapa saja, entah itu pada orang dewasa atau bahkan pada anak-anak. Meskipun terdapat berbagai macam jenis dan penyebab sakit gigi, namun penyebab utamanya biasanya yaitu karena gigi berlubang.

Terlebih lagi jika lubang tersebut sudah berhasil menjangkau bagian tengah gigi atau saraf, pastinya akan menimbulkan rasa sakit luar biasa. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk menambal ataupun MENAMBAL GIGI BERLUBANG tersebut, entah itu di rumah sakit, klinik masyarakat hingga puskesmas.

Namun, jika gigi mengalami kerusakan cukup parah atau bahkan terkena infeksi, maka diperlukan penanganan khusus seperti perawatan saluran akar gigi. Saat ini perawatan saluran akar gigi juga sudah bisa dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu puskesmas.

Oleh sebab itu, jika berencana untuk melakukan perawatan saluran akar gigi di puskesmas terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas, entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi

Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi

Sebelum membahas biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Perawatan saluran akar gigi atau edodontik ialah serangkaian prosedur yang bertujuan untuk mengatasi kerusakan pada bagian tengah gigi.

Selain itu, perawatan tersebut juga berfungsi untuk mengobati dan pembusukan di daerah saluran akar gigi. Perawatan ini pada dasarnya ditujukan untuk mengatasi permasalahan gigi tanpa perlu dicabut sehingga gigi mampu mengunyah makanan dengan nyaman serta menggigit dengan kuat.

Kondisi Diperlukan Perawatan Saluran Akar Gigi

Kondisi Diperlukan Perawatan

Seperti dijelaskan di atas, tujuan melakukan perawatan saluran akar gigi yaitu untuk memperbaiki gigi rusak ataupun terinfeksi. Selain itu, terdapat juga beberapa kondisi lainnya yang membuat seseorang harus menjalani perawatan saluran akar gigi, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Ketika mengalami nyeri saat mengonsumsi makanan dan minuman panas atau dingin.
  • Gigi bagian tengah terasa longgar.
  • Terasa nyeri ketika sedang menggigit atau mengunyah makanan.
  • Pada saat hasil rontgen gigi menyatakan terdapat infeksi pada daerah tersebut.
  • Infeksi sudah menyebar sampai bagian ujung akar gigi.

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Selain membayar biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas, terdapat beberapa tahap lainnya yang harus pasien ikuti dan lakukan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak saja prosedur pelaksanaan perawatan saluran akar gigi di puskesmas berikut ini.

1. Rotgen Gigi

Langkah pertama biasanya dokter akan melihat penyebab, melakukan diagnosis, pencegahan ataupun perawatan melalui rontgen gigi. Semua tindakan tersebut sebelumnya didiskusikan terlebih dahulu dengan pasien.

2. Pemasangan Rubber Dam

Selanjutnya dokter akan memasang rubber dam di sekitar gigi. Rubber dam ini berfungsi untuk memastikan area tindakan tetap kering dari air liur. Umumnya material ini berwarna hijau dan tahan terhadap cairan.

3. Perawatan Saluran Akar Gigi

Kemudian dokter akan melakukan preparasi gigi agar mendapatkan akses terhadap lubang pada gigi. Semua bagian mulai dari jaringan saraf rusak hingga sisa pecahan gigi akan diangkat secara menyeluruh. Dokter juga akan menyemprotkan air atau sodium hypochlorite secara berkala untuk membersihkan area tindakan dari pecahan gigi.

4. Tahap Lanjutan

Setelah semua area dibersihkan, dokter akan menutup lubang gigi kurang lebih sekitar seminggu kemudian. Jika terdapat jarak waktu, dokter biasanya memberikan tambalan sementara untuk melindungi lubang gigi dari makanan maupun air liur.

Pada saat proses sealing tiba, dokter mengisi akar gigi menggunakan gutta percha, substansi plastik dari lateks dengan tekstur sejenis karet. Apabila terdapat infeksi, dokter akan mengobatinya terlebih dahulu serta memberikan resep antibiotik.

5. Restorasi Gigi

Tahap terakhir yaitu merestorasi gigi. Umumnya gigi bermasalah dengan akar merupakan gigi yang memiliki lubang cukup besar. Dokter kemudian memasangkan onlay atau crown untuk melindungi gigi dari timbulnya kerusakan-kerusakan lainnya.

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Rincian Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Setelah mengetahui semua prosedur pelaksanaannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif atau biayanya. Sebenarnya biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas ini hampir mirip ketika kalian melakukan PENCABUTAN AKAR GIGI.

Biasanya puskesmas menetapkan harga atau tarif perawatan saluran akar gigi tersebut berdasarkan tingkat keparahan serta kesulitannya. Jika tingkat kerusakan akar gigi tidak terlalu parah, maka puskesmas umumnya membebankan pasiennya biaya mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.200.000.

Di sisi lain, keuntungan ada pada pasien peserta program pemerintah BPJS Kesehatan. Sebab mereka tidak akan dikenai biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas sepeserpun alias gratis, asalkan memenuhi semua syarat serta ketentuannya.

Perlu diketahui, kunjungan yang diperlukan dalam perawatan saluran akar gigi cukup bervariasi tergantung tingkat keparahan penyakit, bentuk saluran akar gigi, penggunaan peralatan medis serta daya tahan tubuh pasien. Oleh sebab itu sebaiknya siapkan dana tambahan sebesar 20% sampai 30% dari biaya perkiraan.

Pemulihan Setelah Perawatan Saluran Akar Gigi

Pemulihan Setelah Perawatan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas. Setelah berhasil melakukan perawatan, sangat kami sarankan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan gigi serta mulut.

  • Menggosok gigi selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur.
  • Gunakan sikat gigi lembut serta pasta gigi khusus gigi sensitif agar sedikit meredakan nyeri.
  • Gunakanlah benang gigi setiap hari.
  • Lakukan pembersihan gigi secara rutin ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa harga perawatan saluran akar gigi di puskesmas cukup bervariasi, tergantung pada tingkat kerusakan serta kesulitannya. Semakin parah tingkat kerusakan, maka pastinya akan semakin mahal pula biaya perawatannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya perawatan saluran akar gigi di puskesmas baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan perawatan saluran akar gigi di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *