Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pencabutan Akar Gigi

Biaya Pencabutan Akar Gigi

Biaya Pencabutan Akar Gigi – Pencabutan gigi baik itu mungkin menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Selain karena bentuk dan bunyi peralatan terkesan menyeramkan, kebanyakan orang juga beranggapan bahwa kegiatan tersebut cukup menyakitkan.

Padahal sebenarnya apabila ditangani oleh dokter gigi berpengalaman, segala permasalahan gigi justru dapat teratasi tanpa adanya risiko. Oleh karena itu, penting bagi kalian yang mengalami permasalahan gigi terutama pada akar gigi geraham bungsu untuk segera mencabutnya.

Berbicara mengenai pencabutan akar gigi, saat ini beberapa rumah sakit, puskesmas hingga klinik masyarakat sudah menyediakan pelayanan tersebut kepada pasiennya. Pastinya setiap tempat memiliki kebijakan tersendiri mengenai tarif atau harga pencabutan akar gigi.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pencabutan sisa akar gigi baik di rumah sakit, puskesmas ataupun klinik, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu estimasi biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang rincian biaya pencabutan akar gigi beserta prosedurnya.

Penyebab Akar Gigi Harus Dicabut

Penyebab Akar Gigi Harus Dicabut

Sebagaimana diketahui, gigi memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh yaitu berperan sebagai tahap awal pencernaan (pengunyahan). Sehingga apabila gigi rusak, maka segala berbagai macam cara perlu dilakukan untuk mempertahankannya.

Namun, sayangnya terdapat beberapa kondisi membuat gigi tidak dapat dipertahankan lagi sehingga memerlukan proses pencabutan. Di bawah ini adalah kondisi-kondisi yang membuat seseorang perlu menjalani tindakan cabut akar gigi.

  • Gigi berlubang serta syarafnya sudah mati.
  • Susunan gigi cukup berantakan.
  • Terdapat risiko terinfeksi.
  • Memiliki penyakit gusi sudah parah.
  • Gigi patah hingga ke akar.
  • Syarafnya mati akibat dari benturan ataupun trauma.
  • Kondisi jumlah gigi melebihi kondisi normal (gigi supernumerari).

Prosedur Pencabutan Akar Gigi

Prosedur Pencabutan Akar Gigi

Sebelum membahas biaya pencabutan akar gigi lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai bagaimana prosedur tindakannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik prosedur pencabutan akar gigi berikut ini.

Tahap Awal

Sebelum tindakan cabut gigi dimulai, dokter gigi akan memeriksa kesehatan pasien secara keseluruhan. Dokter akan mengevaluasi tanda vital tubuh mulai dari tekanan darah, tekanan jantung, laju pernapasan sampai suhu tubuh.

Dokter gigi juga menanyakan apakah pasien memiliki riwayat penyakit yang pernah dialami atau sedang dialami. Apabila kalian sedang dalam kondisi mengandung atau hamil, sebaiknya tunda terlebih dahulu proses pencabutan akar gigi.

Tahap Pencabutan

Apabila kondisi pasien dianggap sehat secara medis untuk melakukan pencabutan akar gigi, maka dokter akan segera memulai prosedur pencabutan. Pertama dokter memberikan bius lokal di area sisa akar gigi yang akan dicabut.

Jika lidah, gusi serta bibir sudah mulai kebas atau mati rasa, maka dokter akan memulai mencabut akar gigi secara perlahan. Setelah berhasil dicabut, selanjutnya dokter meminta pasien menggigit kasa steril untuk membantu mengurangi pendarahan.

Biaya Pencabutan Akar Gigi

Rincian Biaya Pencabutan Akar Gigi

Setelah mengetahui penyebab dan prosedur pencabutan sisa akar gigi, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa kisaran biaya untuk tindakan tersebut. Umumnya beberapa rumah sakit atau klinik masyarakat menetapkan tarif cukup bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitannya.

Biaya pencabutan akar gigi ini sebenarnya tidak jauh berbeda ketika kalian hendak MEMBERSIHKAN KARANG GIGI di puskesmas atau klinik masyarakat, yaitu sekitar Rp 150.000. Namun apabila melakukan pencabutan sisa akar gigi di rumah sakit swasta, kalian perlu mempersiapkan biaya kurang lebih antara Rp 200.000 hingga Rp 600.000.

Sebelum melakukan proses pencabutan sisa akar gigi, saran kami sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi. Hal tersebut bertujuan agar kalian memahami prosedur serta langkah-langkah yang harus dilakukan.

Risiko Pencabutan Akar Gigi

Risiko Pencabutan

Perlu diketahui, tindakan pencabutan sisa akar gigi ini memiliki sejumlah risiko, terutama bagi pasien dengan riwayat diabetes serta penyakit jantung. Di samping itu, setelah akar gigi berhasil dicabut akan ada beberapa efek samping kepada pasien, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Pendarahan berat pada area gusi.
  • Apabila pasien memiliki kekebalan rendah, tidak menutup kemungkinan akan terjadi infeksi.
  • Mengalami nyeri dan sakit cukup lama.
  • Pembengkakan di area gusi.

Perawatan Setelah Cabut Akar Gigi

Perawatan Setelah Pencabutan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya pencabutan akar gigi beserta prosedurnya. Setelah tindakan tersebut berhasil dilakukan, pasien diwajibkan mengikuti beberapa instruksi berikut ini agar proses penyembuhan dapat berlangsung baik serta mengurangi terjadinya komplikasi.

  • Hindari mengunyah makanan menggunakan rongga mulut pada sisi akar gigi yang dicabut.
  • Hindari mengonsumsi makanan serta minuman panas.
  • Pada saat berkumur, lakukan secara perlahan agar gumpalan darah tidak terlepas.
  • Hindari merokok selama minimal 24 jam setelah tindakan pencabutan.
  • Konsumsi obat sesuai petunjuk dokter.
  • Perbanyak minum air es agar mempercepat pembekuan darah.
  • Ganti kasa steril setiap 20 menit sekali atau setiap kali kasa sudah terasa basah.

Kesimpulan

Setelah sisa akar gigi berhasil dicabut, dokter biasanya menyarankan pasien untuk memasang gigi palsu. Hal tersebut bertujuan agar nantinya gigi dapat berfungsi seperti semula dan gigi di sebelah, di atas atau di bawahnya tidak bergeser ke area kosong.

Itulah sekiranya penjelasan terkait kisaran biaya pencabutan akar gigi entah itu di rumah sakit, puskesmas hingga klinik masyarakat versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan tindakan pencabutan gigi.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *