Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Perbaikan Central Lock Mobil 2022 : Ciri & Penyebab Kerusakan

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil – Seperti diketahui, mobil-mobil keluaran terbaru seperti sekarang ini sudah menggunakan central lock yang berguna untuk mengendalikan kunci pintu dari satu tombol saja. Dengan adanya komponen tersebut, pengemudi tidak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci, terlebih lagi jika membawa penumpang anak kecil di dalam mobil.

Pada dasarnya, central lock mobil memudahkan pengguna dalam mengunci pintu kendaraan serta keamanannya. Akan tetapi, secanggih apapun sebuah komponen dalam mobil apabila tidak dirawat dan dijaga dengan baik, maka lama-kelamaan akan timbul beberapa masalah, entah itu masalah ringan ataupun berat.

Biasanya masalah yang seringkali dialami oleh pemilik mobil yaitu motor atau modul penggerak central lock tidak bekerja dengan baik, bisa jadi karena rusak atau hanya mengalami keausan saja. Jika sudah seperti itu, maka solusi satu-satunya yaitu melakukan perbaikan atau service central lock di bengkel mobil terdekat.

Jika diantara kalian ingin memperbaiki central lock mobil di bengkel terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya atau ongkos jasa perbaikannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai besaran biaya perbaikan central lock mobil untuk semua jenis kerusakannya.

Ciri Central Lock Mobil Rusak

Ciri Central Lock Mobil Rusak

Adanya kerusakan pada motor penggerak atau modul central lock mobil pastinya akan mempengaruhi kinerja komponen itu sendiri. Dimana sebenarnya kerusakan central lock mobil dapat ditandai oleh beberapa gejala atau ciri. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan utama mengenai biaya perbaikan central lock mobil berlanjut, sebaiknya pahami beberapa ciri-ciri kerusakannya berikut ini.

  • Munculnya suara tidak biasa dari dalam pintu mobil.
  • Kunci central lock mobil tidak berfungsi dengan baik.
  • Proses penguncian serta pembukaan kunci pintu mobil terjadi sesaat saja.
  • Remote central lock mobil tidak berfungsi.
  • tombol central lock mobil tidak berfungsi.
  • Timbulnya bau gosong karena ada bagian modul central lock terbakar.

Penyebab Central Lock Mobil Rusak

Penyebab Central Lock Mobil Rusak

Adanya permasalahan pada sebuah kendaraan pastinya bisa disebabkan oleh sejumlah hal, termasuk kerusakan central lock mobil. Memang benar bahwa biasanya central lock mobil mengalami kerusakan karena sudah termakan usia pakai. Dimana mobil yang kerap digunakan tentu saja sering juga membuka serta mengunci pintu.

Umumnya, kerusakan central lock mobil dapat terjadi apabila usia pakainya sudah mencapai 5 tahun atau bahkan lebih. Sebenarnya ada 2 bagian penting pada central lock, yaitu motor door lock serta modul. Daripada penasaran, di bawah ini adalah sejumlah penyebab central lock mobil rusak.

1. Kerusakan Kabel Kelistrikan Mobil

Penyebab pertama central lock mobil mengalami kerusakan yaitu karena adanya permasalahan pada kabel instalasi kelistrikannya. Jika terdapat kabel rusak atau putus, maka pastinya akan menghambat arus listrik di dalam mobil. Selain itu, masalah juga sebenarnya bisa terjadi saat soket kabel pada motor central lock mengalami kerusakan karena sekring putus.

2. Dinamo Motor Penggerak Lemah

Central lock mobil bisa mengalami kerusakan karena dinamo penggeraknya sudah mulai melemah. Hal ini menjadi salah satu penyebab utama central lock mobil rawan kerusakan. Dimana komponen dinamo motor central lock mobil sendiri berbentuk seperti senapan sebagai penggerak kunci.

3. Modul Central Lock Rusak

Penyebab terakhir mengapa central lock mobil rusak yaitu karena modul mengalami sebuah masalah. Memang benar bahwa masalah ini jarang sekali terjadi kepada pemilik mobil. Namun, apabila modul central lock mobil rusak, maka biasanya bengkel service akan menyarankan untuk menggantinya dengan komponen baru.

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga penyebab kerusakan central lock mobil, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikan atau service-nya. Bengkel service central lock mobil berpengalaman biasanya dapat mengatasi sejumlah masalah seperti motor penggerak macet atau patah, kerusakan modul alarm dalam membuka serta mengunci pintu hingga pemasangan komponen baru.

Besaran biaya perbaikan central lock mobil karena adanya kerusakan pada komponen mekanikal seperti patah atau macet biasanya berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 250.000. Tentunya biaya tersebut akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya perbaikan dinamo starter mobil.

Apabila permasalahan ringan, maka mekanik atau montir akan menanganinya dengan cara mereset ulang kabel sehingga tidak perlu dilakukan penggantian komponen. Sementara apabila terjadi kerusakan pada modul alarm central lock mobil, maka biaya perbaikan atau ongkos service-nya yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000, tergantung merk kendaraannya.

Namun, jika permasalahan central lock sudah sangat parah, maka biasanya pihak bengkel akan menyarankan pemilik mobil untuk melakukan penggantian komponen. Dimana harga satu set central lock mobil sendiri di banderol kurang lebih sekitar Rp 400.000 sampai Rp 600.000 dengan biaya pemasangan sekaligus alarm sebesar Rp 250.000Rp 650.000.

Tips Perawatan Central Lock Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya perbaikan central lock mobil dilengkapi ciri-ciri hingga penyebab kerusakannya. Supaya salah satu komponen elektrikal di dalam mobil tersebut bisa bertahan lama, saran kami sebaiknya ikuti beberapa tips perawatannya berikut ini.

  • Jangan menutup atau membanting pintu mobil terlalu keras.
  • Berikan cairan pelumas anti karat pada central lock mobil setiap 3 bulan sekali.
  • Rutin bersihkan sela-sela pintu, paling tidak 6 bulan sekali apabila mobil sering digunakan.
  • Lakukan service secara rutin beberapa komponen central lock seperti mainboard, modul, actuator dan lain sebagainya e bengkel spesialis berpengalaman.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab utama central lock mobil mengalami kerusakan yaitu karena sudah termakan oleh usia pakainya. Sementara untuk besaran biaya perbaikan central lock sendiri sebenarnya cukup terjangkau, tergantung pada merk kendaraannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya perbaikan central lock mobil untuk semua merk serta jenis kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki central lock mobil di bengkel spesialis terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *