Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Service Kompresor AC Mobil

Biaya Service Kompresor AC Mobil

Biaya Service Kompresor AC Mobil – Kompresor Air Conditioner atau AC pada mobil memiliki peran penting dalam membuat kabin menjadi dingin. Kompresor memiliki fungsi utama sebagai alat untuk memompa udara dari luar untuk diubah menjadi udara segar agar masuk ke dalam kabin.

Nantinya angin dari kompresor tersebut bercampur dengan freon AC sehingga udara akan menjadi lebih dingin. Karena fungsinya itulah kompresor AC mobil harus dijaga agar performanya tidak cepat menurun serta mampu memberikan pendinginan maksimal di dalam kabin.

Jika diantara kalian mengalami permasalahan seperti AC mobil tidak dingin, atau bahkan AC tidak berfungsi sama sekali, maka segera lakukan perbaikan di bengkel AC terdekat. Biasanya permasalahan tersebut disebabkan oleh komponen kompresor AC karena bekerja tidak optimal.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perbaikan kompresor AC di bengkel terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tarif atau ongkos jasa bengkelnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya service kompresor AC mobil untuk semua tipe-tipenya.

Ciri Kompresor AC Bermasalah

Ciri Kompresor AC Bermasalah

Seperti dijelaskan di atas, terdapat beberapa masalah yang bisa menjadi penyebab kompresor pada AC mobil mengalami kerusakan. Sebelum membahas biaya service kompresor AC mobil lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri atau pertanda apabila kompresor AC mengalami kerusakan.

  • AC di dalam kabin menjadi kurang dingin.
  • AC menjadi tidak dingin atau tidak mengeluarkan angin sama sekali.
  • Mesin kompresor mengeluarkan suara berisik.
  • Kompresor AC menjadi cepat panas.
  • Mesin kompresor AC mendengung.
  • Kompresor AC mati total.

Penyebab Kompresor AC Rusak

Penyebab Kompresor AC Rusak

Sebagaimana diketahui, komponen kompresor pada AC mobil memiliki fungsi untuk mengatur aliran freon yang nantinya akan menghasilkan udara dingin di dalam kabin. Kerusakan pada komponen tersebut bisa berdampak besar pada fungsinya. Nah, di bawah ini adalah beberapa penyebab dari kerusakan komponen kompresor AC mobil.

  • Arus dan tegangan suplai arus listrik tidak sesuai.
  • Kompresor AC kekurangan oli sehingga komponen menjadi cepat panas.
  • Jumlah tekanan AC tidak seimbang dengan kemampuan kompresor.
  • Terdapat sumbatan pada freon.
  • Usia kompresor sudah terlalu lama sehingga kinerjanya melemah.
  • Kesalahan dalam pengisian oli ataupun freon.

Biaya Service Kompresor AC Mobil

Setelah mengetahui ciri dan penyebab kompresor AC mobil bermasalah, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa besaran biaya perbaikannya. Tentunya ongkos service komponen AC ini akan jauh lebih murah dibandingkan BIAYA PASANG AC MOBIL.

Namun, biasanya setiap bengkel memiliki ketentuan ongkos atau upah service cukup berbeda-beda, tergantung pada tingkat kesulitan serta tingkat kerusakannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara rinci biaya service kompresor AC mobil.

Biaya Pemeriksaan

Biaya Pemeriksaan

Langkah pertama biasanya mekanik akan melakukan pemeriksaan komponen AC mobil secara keseluruhan. Hal ini perlu dilakukan agar bengkel mengetahui dimana letak permasalahannya. Untuk biaya pemeriksaan AC mobil sendiri kurang lebih sekitar Rp 100.000. Perlu diingat, biasanya beberapa bengkel menetapkan besaran biaya pemeriksaan AC mobil cukup berbeda-beda, tergantung pada kebijakan bengkelnya sendiri.

Biaya Perbaikan

Biaya Perbaikan Kompresor AC Mobil

Apabila proses pemeriksaan sudah selesai dan ditemukan letak permasalahannya, selanjutnya mekanik akan segera melakukan perbaikan. Jika tingkat kerusakan tidak terlalu parah, maka pemilik hanya perlu mempersiapkan biaya service kompresor AC mobil kurang lebih sekitar Rp 500.000 hingga Rp 800.000. Besaran tarif tersebut juga biasanya sudah mencakup biaya pembelian komponen-komponen kompresor yang harus dilakukan penggantian.

Biaya Penggantian

Biaya Penggantian

Sementara jika tingkat kerusakan kompresor AC mobil sangat parah dan tidak bisa diperbaiki, maka jalan satu-satunya yaitu dengan menggantinya. Saat ini harga kompresor AC mobil cukup bervariasi, mulai dari Rp 2.000.000 untuk mobil tipe standar seperti Avanza serta Rp 8.000.000 untuk mobil Mercedes-Benz.

Selain itu, ada juga kompresor yang di banderol dengan harga Rp 20.000.000 khusus bagi mobil seperti Land Rover. Saran kami jika hendak membeli komponen kompresor AC mobil, sebaiknya belilah komponen asli atau original sehingga lebih awet dan tahan lama.

Tips Perawatan Kompresor AC Mobil

Tips Perawatan Kompresor AC Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya service kompresor AC mobil untuk semua tipe-tipenya. Agar kompresor AC mobil tahan lama, tentunya diperlukan perawatan yang benar dan teratur. Berikut akan kami berikan tips perawatan kompresor AC mobil supaya tahan lama.

  • Rutin panaskan AC mobil setiap hari atau beberapa hari sekali.
  • Jangan menyalakan AC pada RPM tinggi di atas 4.000.
  • Jangan menyalakan AC saat kondisi kabin mobil panas.
  • Rutin mengganti saringan udara.
  • Selalu jaga kebersihan kabin mobil.
  • Matikan atau hidupkan AC mobil saat RPM dalam kondisi rendah.
  • Lakukan service AC mobil secara rutin setiap 10.000 km atau 20.000 km.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya perbaikan komponen kompresor AC mobil ini besarannya tergantung dengan tingkat kesulitan serta kerusakannya. Selain itu, apabila kompresor AC mengalami kerusakan cukup parah, sebaiknya langsung diganti karena bisa merambat ke komponen lainnya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya service kompresor AC mobil mulai dari biaya pemeriksaan hingga biaya penggantian komponen-komponennya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memperbaiki kompresor AC mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti MCB PLN

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti Rantai Keteng

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *