Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Velg Mobil 2021 (Penyok, Retak & Pecah)

Biaya Perbaikan Velg Mobil

Biaya Perbaikan Velg Mobil – Velg atau rim ialah sebuah lingkaran roda yang biasanya terbuat dari bahan dasar aluminium atau besi berbalut ban. Dimana komponen tersebut berguna sebagai tumpuan untuk menjalankan kendaraan khususnya mobil dengan stabil supaya bisa melaju secara nyaman.

Seiring dengan usia pemakaiannya, velg mobil juga bisa mengalami beberapa permasalahan, mulai dari peyang, retak sampai pecah. Tentunya kerusakan velg mobil tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, salah satunya yaitu karena kondisi jalanan yang dilalui setiap harinya.

Jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa, maka solusi paling tepat yaitu dengan melakukan perbaikan velg mobil. Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak bengkel spesialis velg yang menyediakan jasa perbaikan atau service salah satu komponen mobil tersebut.

Namun, sebelum mengunjungi bengkel spesialis velg mobil terdekat untuk melakukan perbaikan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran tarif atau harga jasa perbaikannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan estimasi biaya perbaikan velg mobil di bengkel, baik itu karena peyang, retak maupun pecah.

Gejala Velg Mobil Bermasalah

Gejala Velg Mobil Bermasalah

Sebelum pembahasan utama mengenai rincian biaya perbaikan velg mobil berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejala permasalahannya. Meskipun tidak terlihat secara fisik, namun gejala kerusakan velg sebenarnya bisa dirasakan pada saat dibawa berkendara, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Salah satu permukaan ban mobil lebih cepat botak atau gundul.
  • Setir terasa bergetar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.
  • Tekanan angin di dalam ban mulai berkurang.
  • Munculnya suara berderit dari velg mobil.
  • Timbul suara dengung ketika mobil melaju di kecepatan tinggi.

Penyebab Velg Mobil Rusak

Selain harus mengetahui ciri-ciri atau gejala velg mobil mengalami kerusakan, kalian juga sebenarnya harus mengerti apa penyebab kerusakannya. Tentunya adanya kerusakan pada velg mobil dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu karena sudah termakan usia ataupun karena gaya berkendara pemilik mobil tidak sesuai.

Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa penyebab velg mobil mengalami kerusakan, baik itu menjadi peyang, retak ataupun pecah.

1. Sering Melewati Jalan Berlubang

Sering Melewati Jalan Berlubang

Sebagaimana diketahui, jalan berlubang memang bisa mengakibatkan banyak kerusakan pada beberapa komponen mobil, khususnya velg karena melakukan kontak langsung dengan jalanan. Ketika velg membentur jalan berlubang, maka bisa membuat bagian luarnya menjadi bengkok.

2. Tekanan Angin Tidak Sesuai

Tekanan Angin Tidak Sesuai

Penyebab mengapa velg mobil mengalami kerusakan selanjutnya yaitu karena tekanan angin pada ban tidak sesuai. Sebab, jika tekanan angin di dalam ban tidak sesuai maka velg dapat terkena langsung dengan permukaan jalan sehingga berakibat penyok, retak hingga pecah.

3. Ukuran Ban Tidak Sesuai

Ukuran Ban Tidak Sesuai

Ukuran ban tidak sesuai dengan velg mobil juga bisa menjadi penyebab komponen tersebut mengalami kerusakan. Selain akan merusak velg, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan ban mobil cepat rusak karena tidak terpasang sesuai dengan ukuran velgnya.

Biaya Perbaikan Velg Mobil

Rincian Biaya Perbaikan Velg Mobil

Setelah mengetahui beberapa indikasi hingga penyebab kerusakan pada velg mobil, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikan komponen tersebut. Sebenarnya, besaran biaya perbaikan velg di bengkel spesialis tidak akan jauh berbeda ketika melakukan SERVICE SHOCKBREAKER MOBIL.

Ketika velg mobil rusak karena penyok atau peyang, maka kalian perlu mempersiapkan biaya kurang lebih sekitar Rp 150.000 sampai Rp 200.000 untuk satu velgnya. Akan tetapi, besaran biaya perbaikan di bengkel spesialis tersebut bergantung pada tingkat kerusakannya.

Apabila kerusakan sudah lumayan parah seperti pecah, maka biaya perbaikannya kurang lebih sekitar Rp 250.000 untuk velg berukuran kurang dari 18 inch. Semakin besar diameter velg atau semakin parah tingkat kerusakannya, maka biaya perbaikannya juga akan semakin mahal, yakni mencapai Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.

Oleh sebab itu, jika kalian mengalami beberapa gejala velg mengalami kerusakan, sebaiknya segera lakukan perbaikan di bengkel spesialis terdekat. Jadi, jangan menunggu sampai velg benar-benar rusak, mengingat harga komponen tersebut di pasaran masih tergolong cukup tinggi.

Cara Merawat Velg Mobil

Cara Merawat Velg Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya perbaikan velg mobil di bengkel spesialis. Nah, untuk menjaga agar velg mobil tetap stabil dan tahan lama, berikut akan kami berikan beberapa tips atau cara mudah merawat velg mobil.

  • Hindari jalan berlubang.
  • Selalu perhatikan tekanan angin di dalam ban.
  • Selalu lakukan pengecekan velg sebelum berkendara.
  • Jangan sering mencuci velg mobil dalam kondisi panas.
  • Lakukan perawatan velg mobil secara berkala, minimal satu bulan sekali.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar estimasi biaya perbaikan velg mobil di bengkel spesialis, baik itu karena peyang, retak ataupun pecah. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memperbaiki velg mobil di bengkel spesialis terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *