Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Fan Belt Mobil 2021 (Bengkel Resmi & Umum)

Biaya Ganti Fan Belt Mobil

Biaya Ganti Fan Belt Mobil – Tali kipas atau biasa disebut dengan fan belt di dalam kendaraan roda empat memiliki peran sangat penting. Dimana fan belt sendiri berfungsi atau berguna untuk memutarkan beberapa komponen di dalam mesin mobil seperti water pump, alternator, kompresor AC hingga kipas pendingin radiator.

Jika komponen tersebut putus saat mobil sedang dikendarai, maka bisa dipastikan bahwa komponen yang bergantung pada fan belt tidak akan berfungsi. Jadi, jika fan belt mobil putus ataupun mengalami permasalahan lainnya, kemungkinan besar performa mesin berkurang atau bahkan mogok.

Memang benar jika dilihat dari segi tugasnya, fan belt mobil memiliki umur penggunaan relatif sangat singkat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya fan belt selalu bekerja mengikuti putaran mesin dan berada di area terbuka sehingga kerap mengalami berbagai macam gangguan.

Maka dari itu, jika kalian merasa fan belt mobil sudah mulai aus atau mengalami permasalahan, ada baiknya segera lakukan penggantian komponen. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai rincian biaya ganti fan belt mobil, baik itu di bengkel umum ataupun resmi.

Ciri Fan Belt Mobil Aus

Ciri Fan Belt Mobil Aus

Sebelum pembahasan utama terkait estimasi biaya ganti fan belt mobil lebih lanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejala permasalahannya. Adapun beberapa pertanda fan belt sudah aus ataupun mengalami permasalahan lainnya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Munculnya suara berdecit.
  • Fan belt terasa rapuh saat disentuh.
  • Fan belt sudah mulai mengendur.
  • Fan belt terlihat menipis.
  • Permukaan fan belt retak.
  • Gerigi aus atau sudah mulai hilang.

Penyebab Fan Belt Mobil Rusak

Penyebab Fan Belt Mobil Rusak

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab kerusakan fan belt mobil yaitu karena sudah memasuki batas usia pakainya. Selain itu, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab rusaknya fan belt pada mobil.

Salah satu penyebab kerusakan fan belt pada mobil yaitu karena adanya chipping dari material asing seperti kerikil ataupun kayu kecil. Di sisi lain, air juga dapat menjadi penyebab fan belt rusak karena bisa memperpendek usianya.

Biaya Ganti Fan Belt Mobil

Mungkin besaran biaya ganti fan belt mobil akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan BIAYA PENGGANTIAN PACKING SILINDER HEAD. Sebab, proses penggantian fan belt pada mobil membutuhkan tingkat ketelitian serta ketenangan lebih dari para montir atau mekaniknya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah rincian biaya ganti fan belt mobil, baik itu di bengkel resmi ataupun umum.

Harga Fan Belt

Harga Fan Belt

Pertama, pemilik mobil perlu membeli komponen fan belt terlebih dahulu sesuai dengan seri atau tipe kendaraannya. Di pasaran Indonesia sendiri harga fan belt sangat bervariasi, mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 800.000, tergantung pada tipe mobil. Selain itu, merek dan kualitas fan belt juga akan mempengaruhi harga komponennya.

Ongkos Bengkel

Ongkos Bengkel

Setelah mendapatkan komponen fan belt mobil, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar ongkos atau upah jasa bongkar pasang di bengkel. Umumnya bengkel umum mematok biaya ganti fan belt mulai dari Rp 125.000 sampai Rp 160.000. Sementara bengkel resmi mematok tarif sedikit lebih mahal, yaitu Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Waktu Ideal Ganti Fan Belt Mobil

Waktu Ideal Ganti Fan Belt Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian ongkos ganti fan belt mobil di bengkel resmi ataupun umum. Perlu diketahui, penggantian fan belt mobil sebaiknya dilakukan apabila kendaraan sudah menempuh jarak 20.000 km sampai 40.000 km.

Meskipun demikian, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan pemilik mobil mengganti fan belt sebelum mencapai 20.000 km. Maka dari itu, sebaiknya selalu lakukan pengecekan secara rutin terhadap fan belt mobil supaya kinerja atau performanya tetap terjaga.

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tarif penggantian fan belt mobil di bengkel umum dan resmi memiliki sedikit perbedaan. Selain itu, besaran harga komponen tersebut juga dipengaruhi oleh tipe mobil, merek serta kualitasnya.

Itulah sekiranya pembahasan versi Biayatarif seputar estimasi biaya ganti fan belt mobil untuk semua tipe, baik itu di bengkel umum ataupun resmi. Semoga ulasan di atas bermanfaat sekaligus dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengganti fan belt mobil.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Jakarta Jogja

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti Stang Seher

Sofyan
2 min read

Tarif Tol Surabaya Solo

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *