Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

9 Biaya Spooring Balancing Mobil 2022 : Manfaat & Waktu Ideal

Biaya Spooring Balancing Mobil

Biaya Spooring Balancing Mobil – Melakukan perawatan pada seluruh bagian mobil merupakan sebuah keharusan yang wajib dilakukan supaya pengendara merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara. Salah satunya yaitu dengan memeriksa kondisi pada bagian kaki-kaki mobil secara rutin di bengkel.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemeriksaan ini perlu dilakukan supaya kemudi terasa lebih nyaman ketika mobil digunakan, khususnya untuk perjalanan jauh. Dimana kenyamanan kemudi atau steering sendiri tergantung pada pemeriksaan serta penyetelan roda-roda saat melakukan perawatan rutin.

Di dalam dunia perbengkelan, perawatan kaki-kaki mobil tersebut dikenal dengan sebutan spooring dan balancing mobil. Untungnya, kegiatan perawatan kaki-kaki mobil terutama pemeriksaan spooring dan balancing sudah dapat dilakukan di berbagai macam bengkel, entah itu bengkel resmi ataupun bengkel umum.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana hendak melakukan spooring balancing mobil di bengkel terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci besaran biaya spooring balancing mobil untuk semua tipe beserta kapan waktu ideal melakukannya.

Pengertian Spooring Balancing Mobil

Pengertian Spooring Balancing Mobil

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya spooring balancing mobil berlanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan di atas, spooring balancing perlu dilakukan apabila mobil kalian mempunyai mobilitas tinggi serta sering melewati jalanan tidak rata.

Hal ini nantinya akan mengakibatkan setir mobil agak berat ke kiri dan ke kanan, atau bahkan kemudi kendaraan terasa bergetar pada kecepatan tertentu. Akan tetapi, meskipun spooring balancing sering disatukan, namun pada dasarnya dua jenis service tersebut merupakan hal yang berbeda.

Spooring merupakan sebuah penyetelan sudut-sudut geometri roda depan ataupun belakang kendaraan seperti camber, caster dan toe yang dapat disetel supaya selaras dan kembali seperti sediakala. Sedangkan balancing ialah suatu kegiatan untuk menstabilkan putaran ban dengan cara menambahkan pemberat pada velg.

Pada intinya, spooring berguna mengembalikan setelan roda-roda supaya dapat kembali pada angka standar pabrik, sementara balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Karena fungsinya itulah membuat dua jenis pemeriksaan tersebut kerap disatukan di dalam dunia perbengkelan.

Indikasi Mobil Membutuhkan Spooring Balancing

Indikasi Mobil Membutuhkan Spooring Balancing

Perlu diketahui, sebenarnya perawatan ataupun pemeriksaan spooring balancing mobil perlu dilakukan oleh secara rutin oleh pemiliknya. Namun, terdapat beberapa kondisi kendaraan yang mengharuskan pemiliknya melakukan spooring balancing di bengkel, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Setir terasa bergetar pada kecepatan tertentu.
  • Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan.
  • Saat dibelokkan, namun kemudi tidak mau kembali berputar pada posisi semula ketika dilepaskan.
  • Mobil terasa seperti berjalan miring saat dikendarai.
  • Permukaan ban sudah tidak rata ataupun aus.
  • Saat parkir, roda kendaraan terlihat ada yang miring.

Manfaat Spooring Balancing Mobil

Selain harus mengetahui besaran biaya spooring balancing mobil di sejumlah bengkel, kalian juga tentunya harus mengerti apa saja manfaat dari perawatan tersebut. Memang benar bahwa manfaat utama spooring balancing mobil yaitu untuk menyeimbangkan ban-ban kendaraan.

Padahal sebenarnya spooring balancing memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk kendaraan. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa manfaat spooring balancing mobil di bengkel.

1. Efisiensi Bahan Bakar

Sebagaimana diketahui, ketika bagian-bagian mobil tidak tertata dengan baik, maka ban-ban mobil tidak bisa bekerja seperti seharusnya sehingga mesin kendaraan akan bekerja lebih keras supaya mobil bisa melaju ke depan sehingga membutuhkan pemakaian bahan bakar cukup besar. Dengan spooring balancing, maka kondisi ban-ban akan kembali seperti semula sehingga bahan bakar tidak terlalu terkuras.

2. Mengurangi Biaya Perbaikan Mobil

Beberapa bagian mobil yang tidak rata bisa menyebabkan mobil rusak sebelum waktunya. Oleh sebab itu, spooring balancing bermanfaat untuk mengurangi biaya perawatan mobil seperti service kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Pasalnya, melakukan spooring balancing mobil mampu membuat bagian ban-ban mobil bekerja seperti semula.

3. Berkendara Menjadi Lebih Mulus

Manfaat spooring balancing mobil selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehingga bisa menjadi lebih mulus. Hal ini dikarenakan spooring balancing mampu membuat kendali kemudi atau setir menjadi lebih stabil, terutama ketika sedang dibelokkan.

4. Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Melakukan perawatan mobil secara berkala seperti spooring balancing juga akan menghindarkan pemiliknya dari berbagai macam masalah. Maka dari tulah segera lakukan spooring balancing mobil sebelum semuanya terlambat.

5. Memperpanjang Umur Ban Mobil

Manfaat spooring balancing mobil terakhir yaitu mampu memperpanjang usia ban. Apabila mobil rutin menjalani spooring balancing, maka dapat dipastikan bahwa ban akan awet sehingga pemilik tidak perlu repot-repot mengganti bannya, terkecuali ketika ban benar-benar rusak.

Biaya Spooring Balancing Mobil

Setelah mengetahui pengertian, gejala hingga manfaat spooring balancing mobil di bengkel, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Mungkin besaran biaya spooring balancing akan sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan biaya perbaikan velg mobil.

Umumnya, perawatan spooring mobil di beberapa bengkel dipatok dengan tarif mulai dari Rp 90.000 sampai Rp 150.000. Kemudian untuk finish balance setiap rodanya biasanya di banderol dengan biaya sebesar Rp 40.000. Sedangkan untuk balancing sendiri berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per ban.

Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya spooring balancing mobil tersebut tergantung pada tingkat kerusakan ataupun kesulitannya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan daftar biaya spooring balancing mobil di beberapa bengkel di seluruh Indonesia.

Nama BengkelBiaya
Roda Kencana, BekasiBalancing : Rp 30.000 / roda
Spooring Mobil Kecil : Rp 150.000 – Rp 175.000 / roda
Spooring Mobil Besar : Rp 200.000 / roda
Paket : Rp 225.000
Time Attack, BogorPaket : Rp 200.000
HSR Wheel Banzai Rims, Duren Sawit, JakartaPaket : Rp 200.000
Star Ban, SurabayaPaket Mobil Kecil : Rp 200.000
Mitra Agung Ban Cimone, TangerangPaket : Rp 210.000
Dara Putra Bengkel Ban, BekasiPaket LCGC : Rp 222.200
Sentosa Ban, JambiSpooring 3D : Rp 100.000 – Rp 150.000
WW Auto Jakarta PusatPaket Balancing : Rp 100.000
Paket Spooring & Balancing Mobil Sedang : Rp 360.000
Paket Spooring & Balancing Mobil Jepang : Rp 460.000
Bengkel Bridgestone Gading SerpongPaket Spooring & Balancing : Rp 150.000
Biaya spooring balancing mobil di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing-masing bengkel.

Waktu Ideal Spooring Balancing Mobil

Waktu Ideal Spooring Balancing Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara rinci besaran biaya spooring balancing mobil untuk semua tipe, entah itu di bengkel resmi ataupun umum. Sebenarnya, perawatan spooring balancing mobil perlu dilakukan oleh pemiliknya secara rutin, atau ketika merasa terdapat beberapa masalah di bagian kaki-kaki mobil.

Akan tetapi, untuk mengetahui mobil membutuhkan perawatan spooring atau tidak, cobalah kendarainya dengan kecepatan rendah antara 40 sampai 50 km per jam. Jika setir belok ke kanan dan ke kiri, artinya kendaraan sudah membutuhkan service atau perbaikan.

Sedangkan untuk mengetahui mobil memerlukan balancing atau tidak, cobalah kendarai dengan kecepatan tinggi, misalkan 100 km per jam. Apabila terasa getaran pada kabin mobil, segera lakukan perawatan balancing. Hal ini dikarenakan keempat roda mobil sudah tidak seimbang.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya spooring balancing mobil untuk semua tipe, entah itu di bengkel resmi ataupun umum. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika hendak melakukan spooring balancing mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.