Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Biaya Periksa Mata di Puskesmas – Sebagaimana diketahui, umumnya tes mata dianjurkan untuk dilakukan secara rutin oleh semua orang. Meskipun orang tersebut tidak memiliki keluhan atau apapun, namun pemeriksaan mata dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada mata sejak dini.

Hal ini penting dilakukan, mengingat gangguan mata yang masih berada pada tahap ringan dapat terjadi tanpa menyebabkan gejala pada penderitanya. Oleh sebab itu, mengecek kondisi mata harus dilakukan secara rutin agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

Saat ini pemeriksaan mata juga sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas. Puskesmas kerap dipilih oleh sebagian besar orang ketika hendak memeriksakan kondisi matanya karena biayanya dinilai lebih murah dibandingkan di rumah sakit.

Oleh sebab itu, sebelum memeriksakan kondisi kesehatan mata di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biaya atau tarif pelayanannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya periksa mata di puskesmas, baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Tujuan Periksa Mata di Puskesmas

Tujuan Periksa Mata di Puskesmas

Seperti dijelaskan di atas, pemeriksaan mata berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan mata supaya penyakit mata dan gangguan fungsi penglihatan dapat terdeteksi sedini mungkin. Dengan begitu, langkah penanganannya pun dapat segera dilakukan jika terdapat masalah pada mata.

Selain itu, pemeriksaan mata juga bertujuan untuk membuat resep lensa kontak atau kacamata apabila pasien tersebut mengalami gangguan penglihatan pada matanya. Di puskesmas sendiri, biasanya periksa mata dilakukan oleh dokter spesialis mata dibantu oleh tenaga kesehatan lain.

Jenis Periksa Mata di Puskesmas

Jenis Pemeriksaan Mata

Sebelum pembahasan biaya periksa mata di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu jenis-jenis pemeriksaannya. Di dalam proses periksa mata tersebut umumnya bergantung dari indikasi penyakit mata yang dialami oleh pasien. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis pemeriksaan mata di puskesmas.

  • Pemeriksaan fisik mata.
  • Tes ketajaman penglihatan (uji refraksi).
  • Pemeriksaan gerakan otot mata (eye muscle test).
  • Pemeriksaan lapang pandang.
  • Tes buta warna.
  • Tonometri (intraocullar pressure).

Prosedur Periksa Mata di Puskesmas

Prosedur Periksa Mata di Puskesmas

Selain membayar biaya periksa mata di puskesmas, pasien juga diharuskan mengikuti serangkaian prosedur pemeriksaannya. Adapun prosedur pemeriksaan kondisi kesehatan mata di puskesmas diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Tahap Awal

Langkah pertama biasanya pasien akan diminta untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata di puskesmas. Pada tahapan ini pasien harus menginformasikan keluhan yang sedang dirasakan, entah itu berhubungan dengan mata ataupun tidak. Dokter juga biasanya menanyakan riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Tahap Pemeriksaan

Setelah itu, dokter akan memulai prosedur pemeriksaan mata dengan mengamati adanya kemungkinan kelainan dari kelopak mata, lapisan transparan penutup bagian depan mata (konjungtiva), selaput bening mata (kornea), bagian putih mata (sklera) hingga selaput pelangi (iris). Proses pemeriksaan mata ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Tahap Akhir

Lalu tahap terakhir dokter akan menjelaskan tentang kondisi kesehatan mata pasiennya. Jika memang diperlukan adanya tindakan lanjutan, maka dokter akan menyarankan langkah terbaik untuk para pasiennya.

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Rincian Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Tentunya biaya periksa mata di puskesmas jauh lebih murah jika dibandingkan dengan BIAYA PERIKSA MATA DI RS CICENDO. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemeriksaan kondisi kesehatan mata di puskesmas biasanya tidak selengkap di rumah sakit karena faktor kelengkapan fasilitasnya.

Selain itu, besaran biaya untuk pasien umum atau mandiri dengan pasien peserta kartu BPJS Kesehatan juga berbeda. Daripada penasaran berapa besar biaya periksa mata di puskesmas, simak baik-baik rinciannya di bawah ini.

Biaya Administrasi

Ketika melakukan pemeriksaan mata di puskesmas, pasien diharuskan membayar biaya administrasi jasa pelayannya. Umumnya besaran biaya administrasi ini berada di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 20.000, tergantung pada kebijakan masing-masing puskesmas.

Biaya Pemeriksaan

Setelah mengetahui besaran biaya administrasi layanannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif pemeriksaannya. Perlu diketahui, biaya periksa mata ini tergantung dari jenis pemeriksaannya. Berikut adalah detail pemeriksaan mata beserta harganya.

Jenis PemeriksaanBiaya
Biaya pemeriksaan visus mataRp 13.000
Biaya entraksi corpal mataRp 35.000
Biaya entraksi corpus alienum mata (per mata)Rp 22.500
Biaya iritasi mataRp 45.000

Di atas merupakan rincian biaya periksa mata di puskesmas khusus bagi pasien mandiri ataupun pasien umum. Sementara bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan, mereka tidak akan dikenai biaya sedikitpun alias gratis.

Namun, pasien BPJS tersebut juga harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan pemeriksaan mata di puskesmas. Sebagai contoh lokasi puskesmas tempat berobat harus sama dengan rujukan pada kartu BPJS Kesehatan milik pasien.

Tips Merawat Kesehatan Mata

Tips Merawat Kesehatan Mata

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya periksa mata di puskesmas hingga prosedur pelaksanaannya. Agar kondisi kesehatan mata tetap terjaga, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya di bawah ini.

  • Rutin mengonsumsi makanan mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zinc serta lutein.
  • Berhenti merokok.
  • Gunakan kacamata, terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan atau di depan komputer.
  • Menggunakan alat pelindung mata pada saat melakukan pekerjaan tertentu.
  • Batasi waktu penggunaan laptop dan gadget.
  • Apabila harus bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat, misalkan mengalihkan pandangan setiap 20 menit.
  • Rutin melakukan pemeriksaan kondisi mata minimal 2 tahun sekali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif periksa kondisi mata di puskesmas cukup bervariasi, tergantung pada jenis pemeriksaannya. Selain itu, apabila pasien merupakan peserta kartu BPJS Kesehatan, maka mereka tidak akan dikenai biaya sepeserpun asalkan memenuhi semua persyaratannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya periksa mata di puskesmas entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memeriksakan kondisi kesehatan mata di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *