Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut 2022 : Putra & Putri

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut – Pondok Pesantren Darussalam Garut merupakan salah satu lembaga pendidikan agama Islam Salafiyah yang masih cukup populer hingga kini. Ponpes yang terletak di Desa Sindangsari Kersamanah, Cibatu, Garut, Jawa Barat tersebut juga sudah mendapat pengakuan baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin menempuh atau melanjutkan jenjang pendidikannya di Pondok Pesantren Darussalam Garut. Akan tetapi, setiap calon santri yang ingin mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Darussalam Garut perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya.

Berbicara mengenai syarat dan ketentuan masuk Ponpes Darussalam Garut, mungkin biaya administrasi pendaftaran atau registrasi menjadi hal penting perlu dilakukan. Pasalnya, Ponpes Darussalam Garut membagi biaya pendaftaran santri baru menjadi beberapa jenis, mulai dari biaya registrasi, biaya daftar ulang hingga iuran bulanannya.

Maka dari itu, jika kalian berencana mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Darussalam Garut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi prosedur pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Garut

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Garut

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja jenjang pendidikannya. Dimana Pondok Pesantren Darussalam Garut sebagai Tarbiyatul Mu’alimin al-Islamiyah (TMI) mempunyai program berupa Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) yang diselenggarakan secara klasikal.

TMI Darussalam Garut mempunyai dua program jenjang pendidikan bagi calon santrinya, yaitu Kelas Reguler serta Kelas Intensif. Kelas Reguler TMI Darussalam Garut merupakan jenjang pendidikan dengan rentang masa belajar selama 6 tahun bagi siswa dan siswi lulusan SD atau MI.

Sedangkan Kelas Intensif ialah jenjang pendidikan dengan rentang masa belajar selama 4 tahun yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi lulusan SLTP atau SLTA sederajat. Akan tetapi, setiap santri yang telah menyelesaikan program masa belajar di Ponpes Darussalam Garut sesuai jenjangnya masing-masing, mereka diwajibkan mengikuti program pengabdian selama satu tahun ajaran.

Seperti dijelaskan sebelumnya, proses pembelajaran di Pondok Pesantren Darussalam Garut sudah mendapatkan pengakuan dari dalam negeri hingga luar negeri. Menariknya lagi, Pondok Pesantren Darussalam Pondok juga sudah memfasilitasi santrinya dengan sejumlah sarana dan prasarana seperti keilmuan, keolahragaan, kesenian hingga keterampilan.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Darussalam Garut

Selain wajib membayar biaya masuk Pondok Pesantren Darussalam Garut, calon santri juga diharuskan memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuan lainnya. Hal ini juga sebenarnya tidak hanya berlaku di Ponpes Darussalam Garut saja, namun juga berlau di ponpes lainnya seperti Pondok Pesantren Tebuireng.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon santri ketika ingin mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Darussalam Garut.

  • Membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Darussalam Garut.
  • Mengisi formulir pendaftaran ditandatangani di atas materai.
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran, KK serta KTP orang tua/wali.
  • Menyerahkan pas foto berwarna 3×4 dan 2×3 sebanyak 2 lembar.
    • Putra : Berkemeja putih berdasi.
    • Putri : Berjilbab.
  • Menyerahkan fotokopi STTB serta Surat Kelulusan Ujian Nasional.
  • Menyerahkan fotokopi NISN.
  • Menyerahkan fotokopi rapor terakhir.
  • Menyerahkan surat bebas narkoba dan kelakuan baik dari sekolah asal.
  • Memiliki badan sehat dengan disertai surat keterangan dari POSKESTREN Darussalam.
  • Dinyatakan lulus seleksi ujian masuk seperti psikotes, baca tulis Al Quran dan Bahasa Arab, doa sehari-hari hingga praktik ibadah (saat pendaftaran).
  • Mengikuti dan dinyatakan lulus tes tulis dengan materi Bahasa Indonesia (WNI), Fiqih, Matematika serta Bahasa Inggris untuk kelas intensif dan WNA.

Cara Daftar Pondok Pesantren Darussalam Garut

Cara Daftar Pondok Pesantren Darussalam Garut

Untuk saat ini, pendaftaran calon santri tahun ajaran baru di Pondok Pesantren Darussalam Garut sudah bisa dilakukan secara online, hampir sama seperti Ponpes Al Maahira Malang. Dimana pendaftaran santri baru Pondok Pesantren Darussalam Garut bisa dilakukan melalui situs resminya di https://ppdb.darussalamgarut.or.id/.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kalian sudah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Adapun tata cara daftar santri baru di Pondok Pesantren Darussalam Garut tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Kunjungi situs resmi PPDB Pondok Pesantren Darussalam Garut.
  2. Setelah berhasil mengakses situs tersebut, silahkan buat akun pendaftaran calon santri baru.
  3. Lalu login menggunakan akun pendaftaran tersebut.
  4. Kemudian isi formulir pendaftaran calon santri baru serta mengisi formulir kuisoner untuk orang tua/wali.
  5. Cara selanjutnya unduh surat permohonan dan perjanjian santri beserta wali santri.
  6. Isi dan tandatangani surat permohonan dan perjanjian tersebut di atas materai, lalu upload kembali di halaman pendaftaran santri baru Ponpes Darussalam.
  7. Berikutnya lakukan pembayaran biaya administrasi pendaftaran Pondok Pesantren Darussalam Garut sesuai dengan jumlah dan tahapan yang tertera di halaman pendaftaran.
  8. Jangan lupa untuk mengupload bukti pembayaran biaya administrasinya.
  9. Setelah pendaftaran santri baru tervalidasi oleh panitia, silahkan login kembali ke halaman pendaftaran. Biasanya proses validasi akan membutuhkan waktu minimal 1×24 jam setelah pembayaran administrasi berhasil.
  10. Langkah terakhir, silahkan unduh dan cetak kartu peserta ujian masuk Ponpes Darussalam Garut.

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut

Setelah mengetahui syarat hingga tata cara pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Darussalam Garut, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, pihak Ponpes Darussalam Garut membagi biaya administrasi menjadi beberapa kategori.

Sekedar informasi tambahan, sebenarnya biaya masuk Pondok Pesantren Darussalam Garut sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Daripada penasaran, di bawah ini adalah rincian biaya masuk Pondok Pesantren Darussalam Garut untuk semua jenjang pendidikannya, baik itu Kelas Reguler maupun Kelas intensif.

Biaya Pendaftaran

Biaya masuk Pondok Pesantren Darussalam Garut pertama yaitu mengenai pendaftaran atau registrasi calon santri baru. Dimana biaya registrasi santri baru di Ponpes Darussalam Garut ini harus dibayarkan saat pertama kali melakukan pendaftaran online, yaitu sebesar Rp 250.000.

Biaya Masuk Ponpes

Selain biaya pendaftaran, Pondok Pesantren Darussalam Garut juga memiliki ketentuan biaya atau uang masuk lainnya, seperti uang meja serta kursi, uang kesehatan, uang listrik dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah besaran biaya masuk Ponpes Darussalam Garut.

KeteranganBiaya
Uang Meja & KursiRp 1.600.000
Uang Bangunan & Perluasan Tanah PondokRp 1.600.000
Uang Khutbatul ‘ArsyRp 250.000
Uang ListrikRp 350.000 per semester
Uang KertasRp 250.000 per semester
Uang OrganisasiRp 150.000 per semester
Uang KesehatanRp 150.000 per semester
Uang Sewa LemariRp 100.000 per semester
Uang KasurRp 350.000
Buletin/MIKDARRp 50.000
Kaos Seragam Olahraga PondokRp 150.000
TOTALRp 5.500.000

Biaya Iuran Bulanan

Di dalam rincian biaya Popes Darussalam Garut juga terdapat sebuah iuran bulanan sebesar Rp 675.000. Dimana di dalam besaran biaya iuran bulanan tersebut sudah mencakup uang dapur sebesar Rp 400.000 serta uang infaq sebesar Rp 275.000. Sesuai namanya, biaya tersebut harus dibayarkan oleh semua santri setiap bulan.

Dari penjelasan di atas, maka total biaya yang diperlukan untuk masuk ke Pondok Pesantren Darussalam Garut mulai dari pendaftaran, uang masuk hingga iuran bulanan yaitu sekitar Rp 6.425.000.

Call Center Pondok Pesantren Darussalam Garut

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi prosedur pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Ponpes Darussalam Garut melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Telepon : (+62) 813-2335-6515
  • Email : admin@darussalamgarut.or.id
  • Facebook : @darussalamgarut1
  • Instagram : @darussalamgraphy

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat hingga prosedur pendaftaran calon santri di tahun ajaran baru. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Darussalam Garut.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *