Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Rontgen Gigi di Prodia

Biaya Rontgen Gigi di Prodia

Biaya Rontgen Gigi di Prodia – Sebagaimana diketahui, rontgen gigi atau dental radiograf merupakan serangkaian prosedur ketika hendak menggambarkan gigi, tulang serta jaringan lunak di sekitarnya. Tentunya serangkaian tersebut membantu para tenaga medis dalam mendeteksi atau mendiagnosis masalah gigi.

Salah satu alasan mengapa kalian harus melakukan rontgen gigi yaitu untuk melihat permasalahan gigi seperti pembusukan ataupun kerusakan akar tulang gigi. Di sisi lain, rontgen juga bisa dijadikan sebagai panduan tindakan medis lainnya seperti pemasangan kawat gigi.

Sampai saat ini, sudah tersedia cukup banyak rumah sakit dan klinik kesehatan yang memberikan pelayanan rontgen gigi, salah satunya yaitu klinik Prodia. Tentunya pusat layanan kesehatan tersebut memiliki ketentuan mengenai pembebanan tarif atau harga bagi para pasien-pasiennya.

Oleh sebab itu, jika berencana melakukan rontgen gigi ke klinik Prodia, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa besar tarif jasa pelayanannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya rontgen gigi di Prodia.

Tujuan Rontgen Gigi

Tujuan Rontgen Gigi

Seperti dijelaskan di atas, tujuan dilakukannya rontgen gigi yaitu untuk memeriksa permasalahan pada area gigi, mulai dari tulang, akar gigi hingga jaringan lunak lainnya. Selain itu di dunia medis, rontgen gigi juga memiliki fungsi lain, diantaranya yaitu seperti berikut.

  • Mencari masalah di dalam mulut, seperti kerusakan tulang, pembusukan gigi serta cedera gigi lainnya.
  • Mencari gigi yang tidak berdiri tidak pada tempatnya.
  • Menemukan timor, abses atau kista.
  • Memeriksa lokasi gigi permanen ketika tumbuh di dalam rahang pada anak-anak.
  • Mengagendakan terapi untuk gigi berlubang parah, implan gigi, bedah akar gigi hingga operasi cabut gigi.
  • Merencanakan terapi ketika hendak memperbaiki susunan gigi tidak rapi.

Kondisi Memerlukan Rontgen Gigi

Kondisi Memerlukan Rontgen Gigi

Umumnya prosedur rontgen gigi dilakukan bagi pasien dengan potensi penyakit terkait giginya. Namun, pasien dengan kondisi gigi sehat juga bisa saja melakukan prosedur tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit di gigi serta mulut. Sebelum membahas biaya rontgen gigi di Prodia lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa kondisi yang memerlukan rontgen gigi.

  • Keropos tulang rahang.
  • Karies di bawah tambalan.
  • Kista serta beberapa jenis tumor.
  • Karies, khususnya karies kecil diantara gigi.
  • Infeksi akar gigi atau diantara gusi dan gigi (abses).
  • Terdapat perubahan tulang maupun saluran akar karena infeksi.
  • Agar mengetahui kondisi serta posisi gigi sehingga membantu dokter dalam mempersiapkan implan gigi, kawat gigi, gigi palsu atau prosedur lainnya.

Prosedur Rontgen Gigi di Prodia

Prosedur Rontgen Gigi di Prodia

Selain diharuskan membayar biaya rontgen gigi di Prodia, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh prosedur pelaksanaannya. Rontgen gigi biasanya akan dilakukan di dalam ruangan khusus kurang lebih sekitar 10 menit sampai dengan 15 menit.

Di dalam ruangan tersebut pasien akan diminta duduk tegap dengan menggigit potongan kardus atau plastik yang menyimpan film X-ray di dalamnya. Kemungkinan besar dokter akan meminta pasien melakukan hal tersebut selama beberapa kali.

Nantinya akan ada alat rontgen menghadap ke arah mulut untuk menangkap gambar secara keseluruhan. Setelah selesai menjalani serangkaian prosedur rontgen gigi di Prodia, pasien akan diminta berkumur menggunakan air bersih beberapa kali.

Biaya Rontgen Gigi di Prodia

Rincian Biaya Rontgen Gigi di Prodia

Perlu diketahui, saat ini klinik Prodia hanya menyediakan jasa rontgen gigi hanya sebatas rontgen panoramic saja. Dimana panoramic merupakan salah satu modalitas radiologi dengan tujuan supaya mendapatkan gambar gigi secara keseluruhan dari berbagai sudut menggunakan radiasi skala kecil.

Untuk besaran tarif atau biaya rontgen gigi di Prodia sendiri saat ini yaitu terbilang cukup bersahabat, yaitu kurang lebih sekitar sekitar Rp 170.000. Tentunya besaran biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pihak klinik Prodia sendiri.

Setelah hasil keluar dan ternyata pasien diharuskan melakukan tindakan lanjutan seperti pencabutan akar gigi, kalian juga bisa melihat BIAYA PENCABUTAN AKAR GIGI terlebih dahulu sebagai acuan. Namun, jika hasil rontgen gigi dinyatakan tidak ada permasalahan, maka pasien akan diperbolehkan pulang.

Risiko Rontgen Gigi

Risiko Rontgen

Meskipun rontgen gigi merupakan prosedur aman, namun tidak menutup kemungkinan bahwa tindakan tersebut memiliki risiko ataupun efek samping. Hampir mirip seperti risiko pada pelaksanaan serangkaian tes radiologi lainnya, yaitu terkena paparan sinar-x.

Meskipun demikian, rontgen gigi menggunakan tingkat radiasi sangat rendah sehingga dianggap aman untuk anak-anak serta orang dewasa. Namun, di sisi lain terdapat laporan bahwa rontgen gigi berpotensi meningkatkan risiko terhadap kanker tiroid.

Cara Merawat Kesehatan Gigi

Cara Merawat Kesehatan Gigi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya rontgen gigi di Prodia. Setelah selesai melakukan rontgen dan gigi dinyatakan dalam kondisi baik-baik saja, kalian juga harus tetap menjaga serta merawat agar gigi tetap bersih dan sehat. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara sederhana dalam merawat kesehatan gigi.

  • Menyikat gigi secara rutin dengan benar.
  • Pilihlah sikat gigi lembut.
  • Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride.
  • Bersihkan bagian lidah setiap kali menggosok gigi.
  • Menggunakan obat kumur.
  • Hindari merokok.
  • Minum air putih secukupnya.
  • Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi minimal dua kali dalam setahun.

Kesimpulan

Sebelum melakukan rontgen gigi di klinik Prodia, saran kami sebaiknya gosok atau sikat gigi terlebih dahulu sebelum janji temu. Hal tersebut dilakukan agar menciptakan lingkungan lebih higenis bagi pasien serta dokter ketika menjalani serangkaian prosedur rontgen gigi.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya rontgen gigi di Prodia disertai prosedur pelaksanaan hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan rontgen gigi di klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *