Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Isi Freon AC Mobil

Biaya Isi Freon AC Mobil

Biaya Isi Freon AC Mobil – Sebagaimana diketahui, freon atau refrigerant merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem kerja AC mobil. Dimana freon merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk menciptakan hawa sejuk sehingga mampu mendinginkan udara di dalam kabin mobil.

Ketika AC mobil dinyalakan, freon secara otomatis disalurkan ke seluruh komponen AC lainnya dalam bentuk gas serta didistribusikan ke kabin penumpang mobil. Karena freon berbentuk cairan yang diluapkan untuk menyejukkan ruangan, maka komponen AC tersebut sudah pasti akan habis.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali bengkel spesialis AC mobil yang menyediakan jasa isi freon atau refrigerant. Tentunya setiap bengkel tersebut juga biasanya memiliki ketentuan mengenai harga atau tarif jasa pelayanan sesuai kebijakan masing-masing.

Oleh sebab itu, sebelum mengisi freon di bengkel khusus AC mobil terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang rincian biaya isi freon AC mobil, entah itu tipe single blower maupun double blower.

Ciri Ciri Freon AC Mobil Habis

Ciri Ciri Freon AC Mobil Habis

Salah satu gejala atau ciri-ciri freon di dalam mobil sudah mulai habis yaitu AC sudah tidak terasa dingin lagi. Selain itu terdapat beberapa ciri-ciri lainnya yang menjadi indikasi bahwa freon AC mobil sudah habis. Sebelum pembahasan biaya isi freon AC mobil berlanjut, ada baiknya ketahui beberapa ciri-ciri freon AC habis terlebih dahulu di bawah ini.

1. AC Hanya Keluar Angin

Saat menyalakan AC mobil, seharusnya dengan sekejap udara bersuhu dingin akan berhembus dari ventilasi udara. Namun, jika AC mobil bermasalah, maka udara tersebut biasanya tidak akan terasa dingin, melainkan hanya mengeluarkan angin saja.

2. Kompresor AC Mobil Bermasalah

Perlu diketahui, kompresor AC akan berhenti bekerja secara otomatis apabila tekanan freon sudah maksimal. Namun, jika kompresor tersebut masih terus menyala dari awal AC hidup, maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa freon AC mobil habis. Jika mengalami permasalahan serupa, sebaiknya segera kunjungi bengkel untuk melakukan SERVICE KOMPRESOS AC MOBIL.

3. Tidak Ada Freon di Sight Glass

Tidak adanya freon di sight glass juga bisa menjadi pertanda bahwa freon AC mobil sudah habis. Umumnya sight glass terdapat pada dryer atau filter freon dan berguna untuk melihat sirkulasi freon di dalam sistem AC. Ketika hendak mengeceknya, pastikan mobil dalam keadaan menyala dan AC hidup.

4. Tidak Adanya Embun pada Selang Low Pressure

Ciri-ciri freon AC mobil habis terakhir yaitu tidak adanya embun pada selang low pressure AC. Dimana selang ini memiliki bentuk lebih besar dan mengarah dari evaporator di dalam kabin menuju ke kompresor. Jika tidak ada embun atau tidak terasa dingin, maka dapat dipastikan bahwa freon AC mobil habis.

Biaya Isi Freon AC Mobil

Biaya Isi Freon AC Mobil Semua Tipe

Secara garis besar, biaya isi freon AC mobil di beberapa bengkel spesialis biasanya memiliki perbedaan. Biasanya perbedaan tarif tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor seperti tipe AC mobil, jenis mobil hingga harga freon tiap satu tabungnya.

Biasanya biaya pengisian freon AC ini juga akan masuk ke dalam rincian BIAYA PASANG AC MOBIL. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan biaya isi freon AC mobil berikut ini, entah itu jenis single blower maupun double blower.

1. Single Blower

AC single blower merupakan salah satu sistem AC pada mobil dan letaknya hanya diberikan pada bagian depan kendaraan saja, lebih tepatnya di bagian dashboard. Umumnya para bengkel mematok tarif pengisian freon AC tipe single blower kurang lebih sekitar Rp 150.000.

2. Double Blower

Sementara untuk AC tipe double blower biaya pengisian freon akan sedikit lebih mahal, yaitu berada di kisaran Rp 250.000. Dimana AC double blower memiliki kipas atau putaran ganda dan terletak di dua bagian, yaitu pada dashboard mobil serta bagian tengah kabin mobil.

Rincian biaya isi freon AC mobil di atas juga sudah termasuk BIAYA PENGGANTIAN OLI KOMPRESOR AC. Namun, perlu diingat bahwa tarif isi freon mobil di beberapa bengkel mungkin akan sedikit berbeda, tergantung dari tipe AC serta jenis mobil.

Pengisian Freon AC Mobil di Bengkel

Pengisian Freon AC Mobil di Bengkel

Pengisian freon AC mobil biasanya tidak memerlukan waktu cukup lama, hanya sekitar 30 menit saja. Dimana waktu10 menit pertama digunakan untuk pembuangan freon, 10 menit selanjutnya untuk proses pembuangan udara di dalam AC serta selebihnya untuk mengisi freon serta oli kompresor AC.

Namun, pengisian freon AC mobil tersebut bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama apabila terdapat faktor penyulit seperti kebocoran pipa. Tentunya permasalahan ini akan membutuhkan waktu serta biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Tips Merawat AC Mobil

Tips Merawat AC Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya isi freon AC mobil untuk semua tipenya. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips atau cara merawat AC mobil agar tetap terasa dingin.

  • Selalu menjaga kebersihan karpet atau lantai mobil karena kebersihan lantai mobil mampu menjadikan udara di dalam kabin juga ikut bersih.
  • Saat sedang mencuci mobil, buka kap mesin lalu semprotkan air dengan tekanan tinggi pada bagian kondensor AC.
  • Pilih tempat parkir yang teduh.
  • Ketika sedang menempuh perjalanan jauh, sebaiknya matikan AC beberapa saat lalu hidupkan kembali.
  • Jangan merokok di dalam kabin mobil karena bisa mengotori evaporator.
  • Pastikan AC dalam kondisi mati saat pertama kali kalian menghidupkan mobil.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif isi freon AC mobil bisa berbeda di beberapa bengkel. Perbedaan tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tipe AC, jenis mobil, harga satu tabung freon hingga tingkat penyulit pengisiannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya isi freon AC mobil semua tipe, entah itu single blower ataupun double blower. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengisi freon AC mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti MCB PLN

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti Rantai Keteng

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *