Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang AC Mobil Pick Up

Biaya Pasang AC Mobil Pick Up

Biaya Pasang AC Mobil Pick Up – Air conditioner atau AC ialah salah satu perangkat yang dapat memberikan kenyamanan pada saat kondisi cuaca sedang panas. Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, AC juga diperlukan sebagai penunjang kenyamanan pada saat berkendara.

Namun, sebagian besar kendaraan model tertentu keluaran lama belum dilengkapi dengan fitur AC, terutama mobil jenis pick up seperti Carry Futura, Grand Max dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kebanyakan pemilik mobil pick up lebih memilih memasang AC baru atau bekas dengan alasan agar harga jualnya tinggi.

Saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali bengkel khusus entah itu di kota-kota besar ataupun kecil yang memberikan jasa pemasangan AC. Tentunya mereka juga mematok harga atau tarif yang berbeda-beda ketika menerima pekerjaan pemasangan AC mobil pick up.

Maka dari itu, sebelum memulai memasang AC pada mobil pick up di bengkel, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa ongkos pemasangannya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap biaya pasang AC mobil pick up untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis AC Mobil Pick Up

Jenis AC Mobil Pick Up

Secara umum harga AC baru termasuk biaya pasang atau instalasi di seluruh Indonesia hampir sama. Kalaupun ada selisih harga, hal itu wajar karena setiap daerah memiliki daftar harga serta jasa pasang sedikit berbeda. Sebelum pembahasan biaya pasang AC mobil pick up berlanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya.

AC Single Blower

Jenis AC mobil pertama yaitu single blower. Dimana AC single blower bekerja pada satu titik sehingga kekuatannya dalam menyalurkan tenaga lebih maksimal. Oleh sebab itu, banyak orang beranggapan bahwa AC single blower lebih cepat membuat dingin pada kabin mobil.

AC Double Blower

Sedangkan cara kerja dari AC double blower yaitu pada saat dinyalakan maka kompresor bekerja pada beberapa titik dimana permintaan pasokan udara dibutuhkan. Hal tersebut menyebabkan kipas akan terbagi dan kinerjanya kurang maksimal.

Komponen AC Mobil Pick Up

Komponen AC Mobil Pick Up

Supaya AC mobil bekerja secara maksimal, maka instalasi tersebut harus memiliki lima komponen dasar. Nah, di bawah ini adalah beberapa komponen AC yang harus ada beserta kisaran harganya di pasaran Indonesia.

KomponenHarga
KompresorRp 2.300.000
KondensorRp 650.000
Filter dryerRp 100.000
Ekspansi valveRp 175.000
EvaporatorRp 1.200.000
Harga komponen dapat berbeda untuk beberapa merek.

Biaya Pasang AC Mobil Pick Up

Setelah mengetahui jenis-jenis AC dan kisaran harga komponennya, selanjutnya yaitu menghitung total biaya pasang AC mobil pick up. Proses pemasangan AC juga terbagi menjadi beberapa tahap. Untuk lebih jelasanya, simak saja pembahasan perhitungannya berikut ini.

Biaya Pembelian Komponen AC

Biaya Pembelian Komponen AC

Ketika hendak memasang AC baru pada mobil pick up, maka kalian diharuskan membeli komponen-komponennya sendiri. Jadi, jika asumsi harga komponen AC seperti di atas, maka total biaya untuk membeli komponen AC mobil pick up yaitu Rp 4.425.000.

Ongkos Pasang AC Mobil Pick Up

Ongkos Pasang AC Mobil Pick Up

Biasanya ongkos montir pasang AC mobil pick up baik itu jenis single blower ataupun double blower tidak jauh berbeda. Untuk saat ini biaya pemasangan AC mobil pick up di Indonesia kurang lebih sekitar Rp 4.500.000. Perlu diingat, besaran ongkos tersebut tergantung dengan tarif bengkel yang hendak memasangnya.

Biaya Instalasi Kelistrikan Pasang AC

Biaya Instalasi Kelistrikan Pasang AC

Jika semua komponen sudah terpasang, kalian juga harus mempersiapkan biaya untuk ongkos jasa instalasi kelistrikannya. Umumnya ongkos jasa kelistrikan pasang AC mobil pick up berada di kisaran Rp 30.000 hingga Rp 85.000, tergantung dengan tingkat kerumitannya.

Biaya Pengisian Freon AC Mobil Pick Up

Biaya Pengisian Freon

Biaya pengisian freon AC pada mobil pick up juga perlu kalian pesiapkan. Jika kalian memasang AC jenis single blower, maka biaya pengisiannya yaitu sekitar Rp 150.000. Sedangkan untuk AC double blower umumnya berada pada kisaran Rp 175.000.

Jadi, total biaya pasang AC mobil pick up untuk jenis single blower mulai dari pembelian komponen hingga pengisian freon yaitu Rp 9.125.000. Perlu diingat bahwa total biaya pemasangan AC mobil pick up jenis single blower tersebut dapat berbeda untuk beberapa daerah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa total biaya atau ongkos pemasangan AC pada mobil pick up kurang dari Rp 10 juta. Saran kami sebaiknya gunakan komponen-komponen original meskipun harganya sedikit lebih mahal. Selain itu, carilah bengkel dengan tukang berpengalaman agar meminimalisir terjadinya kesalahan.

Demikian penjelasan seputar biaya pasang AC mobil pick up mulai dari pembelian komponen hingga pengisian freon versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang intalasi AC pada mobil pick up.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *