Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head Mobil

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head Mobil

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head Mobil – Packing atau gasket silinder head mobil merupakan sebuah komponen penyambung di antara blok mesin dan kepala silinder. Packing memiliki fungsi utama untuk mempertahankan kompresi pada ruang bakar sekaligus mencegah kebocoran oli ataupun cairan pendingin masuk ke dalam ruang pembakaran.

Akan tetapi, bagaimana apabila packing tersebut malah menjadi penyebab kebocoran pada sebuah komponen mesin mobil? Permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena adanya kebocoran pada gasket atau packing sehingga membuat pertemuan antara blok mesin dan silinder head di dalam mobil menjadi tidak rapat.

Apabila mobil kalian mengalami permasalahan tersebut, segera lakukan perbaikan karena efeknya cukup merepotkan, terutama pada saat mobil mengalami overheating. Selain itu, kebocoran packing silinder head juga akan mempengaruhi kinerja atau performa mesin menjadi tidak optimal.

Namun, sebelum melakukan perbaikan ke bengkel terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa besar tarif atau ongkos jasa perbaikannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci terkait biaya perbaikan packing silinder head mobil untuk semua jenis serta tipenya.

Gejala Packing Silinder Head Mobil Rusak

Gejala Packing Silinder Head Mobil Rusak

Secara garis besar, kerusakan packing silinder head tidak dapat di deteksi kalau tidak dilihat secara langsung ke komponennya. Kerusakan pada gasket silinder head mobil ini bisa saja disebabkan karena faktor usia pakai yang sudah terlalu lama.

Namun, biasanya akan muncul beberapa tanda atau gejala pada mobil apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, diantaranya yaitu seperti berikut ini. Sebelum membahas biaya perbaikan packing silinder head mobil lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa gejala kerusakannya.

  • Adanya kebocoran air radiator di bawah manipol.
  • Warna oli mesin berubah menjadi kecokelatan.
  • Keluar asap putih mengepul dari knalpot.
  • Mesin sering mengalami overheating atau panas berlebihan.
  • Terdapat gelembung udara di dalam tangki radiator.
  • Oli mesin menjadi agak kental.
  • Air radiator kerap habis tanpa di deteksi kebocoran secara kasap mata.
  • Air radiator mengandung minyak.
  • Kompresi dan kinerja mesin menjadi menurun.

Akibat Packing Silinder Head Bocor

Akibat Packing Silinder Head Bocor

Apabila mobil kalian mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera lakukan perbaikan ke bengkel terdekat. Pasalnya, kebocoran packing silinder head mobil tersebut tidak hanya akan mengganggu sistem pendinginan mesin saja.

Kebocoran tersebut juga akan mengganggu proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar karena tercampur dengan air. Terlebih lagi, packing silinder head mobil yang rusak tersebut tentunya akan mengganggu performa mesin menjadi tidak maksimal.

Sebab, salah satu syarat mesin hidup dengan normal yaitu adanya tekanan kompresi yang cukup sehingga apabila kompresi bocor maka akan menurunkan tenaga mesin. Maka dari itu, opsi terbaik untuk mengatasi permasalahan kebocoran packing silinder head yaitu menggantinya dengan yang baru.

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head Mobil

Sebagaimana diketahui, biaya perbaikan packing silinder head mobil tentunya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan PERBAIKAN OLI MESIN REMBES. Pasalnya, perbaikan kerusakan tersebut harus dilakukan dengan cara penggantian komponen yang baru.

Di sisi lain, harga komponen packing silinder head mobil juga cukup bervariasi. Biasanya harga tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Jenis dan tipe mobil.
  • Harga komponen dari suplier.
  • Harga jual komponen dari pemilik bengkel mobil.
  • Kualitas barang, entah itu original, KW ataupun merek lain non resmi.

Harga Komponen

Harga Komponen

Seperti dijelaskan di atas, harga komponen packing silinder head mobil dipengaruhi oleh beberapa hal. Namun, umumnya para suplier menjualnya mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 5.000.000. Agar lebih jelasnya, kalian bisa mengecek terlebih dahulu kisaran harganya di beberapa toko online.

Ongkos Bengkel

Ongkos Bengkel

Selain pembelian komponen, kalian juga harus memperhatikan biaya atau ongkos bengkel untuk jasa perbaikannya. Biaya jasa perbaikan packing silinder head pada blok mobil juga cukup beragam, mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000. Besaran biaya tersebut dapat dipengaruhi oleh tingkat kesulitan serta kerusakannya.

Perlu diingat, jangan biarkan kerusakan packing silinder head mobil terlalu lama agar terhindar dari kerusakan lebih parah. Sebab, jika terjadi kerusakan cukup parah maka kalian harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk turun mesin mobil.

Cara Perawatan Packing Silinder Head Mobil

Cara Perawatan Packing Silinder Head Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan packing silinder head mobil untuk semua jenis serta tipenya. Di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips atau cara perawatan packing silinder head mobil agar tidak gampang rusak.

  • Ganti aki mobil secara berkala.
  • Lakukan tune up mobil secara rutin.
  • Selalu periksa cairan radiator dalam kondisi baik.
  • Kendarai mobil dengan putaran mesin tinggi untuk beberapa saat.
  • Selalu panaskan mobil sebelum digunakan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa bengkel terkait perbaikan komponen packing silinder head mobil tergantung pada tingkat kesulitan serta kerusakannya. Selain itu, harga komponennya juga akan sangat mempengaruhi besaran biaya perbaikannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya perbaikan packing silinder head mobil untuk semua jenis serta tipenya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat dijadikan gambaran ketika hendak memperbaiki komponen packing silinder head mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *