Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Tes Buta Warna di Prodia 2022 : Ciri, Penyebab & Prosedur

Biaya Tes Buta Warna di Prodia

Biaya Tes Buta Warna di Prodia – Seperti diketahui, buta warna ilah sebuah ketidakmampuan untuk melihat perbedaan antara warna-warna tertentu. Meskipun kebanyakan orang umumnya menggunakan istilah buta warna untuk kondisi tersebut, namun buta warna dalam artian dimana segala sesuai terlihat dalam nuansa hitam dan putih, sangat jarang terjadi.

Pada intinya, kebanyakan orang yang mengalami buta warna melihat sebuah warna yang berbeda dengan yang seharusnya terlihat. Adapun buta warna pada seseorang sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor keturunan, penyakit tertentu, efek penggunaan obat, efek bahan kimia dan lain sebagainya.

Untuk mendeteksi apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak, mereka bisa mengikuti sebuah rangkaian tes di sejumlah rumah sakit ataupun klinik kesehatan, salah satunya yaitu Prodia. Akan tetapi, pastinya setiap cabang Klinik Laboratorium Prodia mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga untuk setiap jenis pelayanannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana melakukan tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya tes buta warna di Prodia semua cabang.

Ciri Buta Warna

Ciri Buta Warna

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, buta warna umumnya diturunkan dan pria lebih mungkin dilahirkan dengan buta warna. Kebanyakan para penderita buta warna tidak bisa membedakan antara warna merah dan hijau tertentu. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah ciri atau gejala buta warna.

  • Kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah yang berkaitan dengan warna.
  • Kesulitan membedakan warna daging mentah dan masak.
  • Kesulitan melihat serta membedakan warna lampu lalu lintas, yaitu merah, kuning dan hijau.
  • Selalu salah dalam menebak warna.
  • Sulit membedakan warna obat.

Faktor Penyebab Buta Warna

Hampir semua jenis gangguan atau kelainan pada seseorang tentunya disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu karena faktor internal maupun eksternal, termasuk buta warna. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai biaya tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • Faktor keturunan.
  • Akibat penyakit tertentu.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.
  • Faktor usia.
  • Paparan bahan-bahan kimia.
  • Cedera mata.

Jenis Buta Warna

Secara garis besarnya, buta warna ditandai dengan kesulitan membedakan warna tertentu (buta warna parsial) atau bahkan seluruh warna (buta warna total). Nah, sebagai informasi tambahan, berikut akan kami berikan sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis buta warna.

  • Buta Warna Merah-Hijau
    • Kuning dan hijau terlihat kemerahan.
    • Oranye, merah dan kuning terlihat kehijauan.
    • Merah terlihat seperti abu-abu gelap.
    • Merah terlihat kuning kecokelatan.
    • Hijau terlihat seperti warna krem.
  • Buta Warna Biru-Kuning
    • Biru terlihat kehijauan.
    • Sulit ketika membedakan merah muda dengan kuning dan merah.
    • Kuning terlihat seperti abu-abu atau ungu terang.
  • Buta Warna Total
    • Sulit membedakan semua warna, bahkan sekitar 10% penderita buta warna total hanya bisa melihat warna putih, abu-abu serta hitam.

Prosedur Tes Buta Warna di Prodia

Prosedur Tes Buta Warna di Prodia

Selain harus mengetahui besaran biaya tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja jenis tes yang sering digunakan di dalam prosedur pemeriksaannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa jenis tes buta warna yang tersedia di Klinik Laboratorium Prodia berikut ini.

Tes Warna Ishihara

Mungkin tes buta warna jenis ini merupakan pemeriksaan paling sering dijumpai guna memastikan seseorang dapat melihat warna dengan baik atau tidak. Dokter biasanya akan meminta pasien melihat sejumlah lingkaran berisi titik dengan berbagai warna serta bentuk.

Tes Warna Cambridge

Ketika melakukan tes warna cambridge di Klinik Laboratorium Prodia, pasien harus melihat ke layar monitor. Nantinya mereka akan diminta menemukan bentuk C yang memiliki warna berbeda dengan latar belakangnya.

Anomaloskop

Jenis tes buta warna terakhir yaitu anomaloskop. Tes ini mengharuskan pasien melihat sebuah lensa mata dan lingkaran. Dimana bagian setengah atas dari lingkaran tersebut merupakan cahaya berwarna kuning, sementara setengah bawahnya adalah merah dan hijau.

Nantinya pasien akan diminta menekan tombol sampai kedua bagian tersebut memiliki tingkat kecerahan yang sama. Biasanya dokter akan menggunakan pemeriksaan anomaloskop untuk mengecek penglihatan terhadap warna merah dan hijau.

Biaya Tes Buta Warna di Prodia

Setelah mengetahui ciri, penyebab hingga prosedur tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Perlu diketahui, saat ini tidak semua cabang Klinik Laboratorium Prodia di seluruh Indonesia sudah menyediakan jenis layanan tes buta warna kepada para pasiennya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tes buta warna sendiri termasuk ke dalam jenis pemeriksaan fisik dokter sehingga hanya tersedia di cabang tertentu yang telah memiliki layanan dokter. Untuk besaran biaya tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia yaitu kurang lebih sekitar Rp 130.000 per pemeriksaannya.

Dimana di dalam besaran biaya tes buta warna di Prodia tersebut biasanya sudah mencakup beberapa komponen seperti biaya pendaftaran, biaya pemeriksaan hingga biaya konsultasi dokter. Apabila dibandingkan dengan biaya tes buta warna di puskesmas, maka besaran harga tes buta warna di Prodia sedikit lebih mahal.

Komplikasi Buta Warna

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia dilengkapi jenis-jenis pemeriksaannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, tingkat buta warna terparah yaitu buta warna total yang hanya bisa melihat warna hitam, putih serta abu-abu saja.

Meskipun hanya terjadi pada 1 dari 30.000 orang, namun penderita buta warna total mungkin juga akan mengalami beberapa gangguan penglihatan lainnya. Adapun sejumlah gangguan penglihatan lainnya yang mungkin akan dialami oleh penderita buta warna total diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Nistagmus.
  • Sensitif terhadap cahaya terang (fotofobia).
  • Penurunan ketajaman penglihatan.
  • Mata malas (amblyophia).
  • Rabun dekat.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tes buta warna di Prodia semua cabang dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani tes buta warna di Klinik Laboratorium Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.