Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas – Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah buta warna. Buta warna ialah suatu kelainan akibat ketidakmampuan sel-sel kerucut mata dalam menangkap sebuah spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.

Kebanyakan penderita buta warna merupakan kelainan genetika akibat faktor keturunan dari orang tua kepada anak-anak atau cucunya. Di dalam dunia medis, kelainan tersebut sering juga disebut sebagai pewarisan sifat genetik, hal ini dikarenakan kelainan di bawa oleh kromosom X.

Oleh sebab itu, untuk dapat mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak, dapat dilakukan dengan cara menjalani tes buta warna sejak dini. Saat ini tes buta warna juga sudah bisa dilakukan di beberapa tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas.

Namun, sebelum mengunjungi puskesmas untuk menjalani tes buta warna, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa kisaran tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes buta warna di puskesmas mulai dari biaya administrasi hingga biaya pengecekannya.

Gejala Buta Warna

Gejala Buta Warna

Sebelum pembahasan mengenai biaya tes buta warna di puskesmas berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejalanya. Gejala buta warna sendiri dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu gejala ringan serta gejala berat. Adapun beberapa gejala yang umum terjadi kepada penderitanya yaitu seperti di bawah ini.

  • Sulit dalam membedakan warna.
  • Sulit dalam membedakan kecerahan warna.
  • Sulit membedakan bayangan warna serupa, seperti merah dengan hijau ataupun biru dengan kuning.

Penyebab Buta Warna

Penyebab Buta Warna

Seperti dijelaskan di atas, seseorang penderita buta warna mengalami kerusakan sel pigmen sehingga tidak berfungsi dengan baik. Kerusakan sel ini terjadi karena adanya kelainan gen akibat faktor keturunan dari orang tua ke anaknya.

Selain kelainan gen keturunan, terdapat juga beberapa faktor penyebab seseorang susah mengenali warna. Beberapa penyebab buta warna pada seseorang tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Menderita penyakit glaukoma, diabetes ataupun multiple sclerosis.
  • Efek samping obat ethambutol, phenytoin, digoxin, chloroquine dan sildenafil.
  • Terpapar oleh zat kimia seperti carbon disulfide dalam industri rayon dan styrene.
  • Cedera atau kerusakan pada mata akibat kecelakaan.

Jenis Jenis Buta Warna

Jenis Jenis Buta Warna

Selain mengetahui berapa biaya tes buta warna di puskesmas, kalian juga harus tahu apa saja jenis-jenis buta warna. Jenis-jenis atau tipe buta warna pada dasarnya terbagi menjadi 3, yaitu merah-hijau, biru-kuning serta buta warna total.

Tentunya masing-masing jenis buta warna tersebut memiliki karakter berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak baik-baik pembahasan masing-masing tipe buta warna berikut ini.

Buta Warna Merah Hijau

Buta warna merah-hijau biasanya disebabkan karena kehilangan atau keterbatasannya fungsi kerucut merah (protan) maupun foto pigmen kerucut hijau (deutran). Penderita buta warna jenis tersebut umumnya memiliki ciri-ciri seperti warna kuning dan hijau terlihat merah ataupun warna merah terlihat seperti hitam.

Buta Warna Biru Kuning

Sementara kebutaan warna biru-kuning sebenarnya lebih jarang jika dibandingkan kebutaan warna merah-hijau. Di dalam kasus ini, foto pigmen kerucut (tritran) penderita hilang atau memiliki fungsi terbatas. Biasanya penderita buta warna biru-kuning sulit membedakan warna merah muda dengan kuning serta merah.

Buta Warna Total

Cukup berbeda dengan kedua jenis buta warna di atas, seorang penderita buta warna total akan kesulitan dalam membedakan semua warna. Bahkan, kebanyakan penderitanya hanya bisa melihat warna putih, abu-abu serta hitam saja. Di dunia medis, penderita buta warna total juga biasa disebut monokromasi.

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Rincian Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Salah satu alasan mengapa seseorang menjalani tes buta warna di puskesmas yaitu karena ingin mendapatkan surat keterangan tidak buta warna. Umumnya surat tersebut dibutuhkan oleh seseorang ketika hendak melamar pekerjaan.

Untuk biaya tes buta warna di puskesmas sendiri terdiri dari dua macam, yaitu biaya administrasi serta biaya proses pengecekannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian biaya tes buta warna di puskesmas.

Biaya Administrasi

Sama halnya seperti MEMBUAT SURAT KETERANGAN SEHAT DI PUSKESMAS, kalian juga harus membayar biaya administrasi ketika melakukan pengecekan buta warna. Besaran biaya administrasi tes buta warna umumnya berbeda-beda untuk beberapa wilayah, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Biaya Tes Buta warna

Jika dibandingkan dengan biaya tes buta warna di rumah sakit, tentunya besaran biaya tes buta warna di puskesmas sedikit lebih murah. Umumnya puskesmas mematok tarif jasa pelayanannya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Setelah berhasil melakukan tes buta warna, biasanya pasien akan mendapatkan surat keterangan terkait kondisi kebutaan warnanya.

Tips Mengatasi Buta Warna

Tips Mengatasi Buta Warna

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes buta warna di puskesmas mulai dari biaya administrasi hingga tarif jasa pelayanannya. Pada dasarnya saat ini belum ada pengobatan yang bisa mengembalikan kemampuan pasien dalam melihat warna sepenuhnya.

Meskipun demikian, seseorang bisa melakukan beberapa upaya dalam melatih diri agar terbiasa dengan buta warna yang diderita. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam mengatasi kebutaan warna.

  • Meminta bantuan keluarga atau kerabat pada saat mengalami kesulitan terkait pemahaman warna.
  • Menggunakan lampu terang di rumah supaya membantu memperjelas warna.
  • Memanfaatkan teknologi pendukung seperti aplikasi khusus pendeteksi warna pada suatu objek.
  • Menggunakan lensa mata khusus sehingga membantu seseorang dalam mendeteksi warna tertentu.

Kesimpulan

Apabila buta warna disebabkan karena suatu penyakit ataupun efek samping obat-obatan, biasanya dokter di puskesmas akan memberikan arahan terkait tindakan penanganan lanjutan. Namun, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mata supaya kelainan tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya tes buta warna di puskesmas dari biaya administrasi hingga tarif jasa pelayanannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan pengecekan kebutaan warna di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *