Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas – Menikah merupakan momen penting sekali dalam seumur hidup yang dinanti-nantikan sehingga akan dikenang oleh pasangan mana pun. Berbagai macam persiapan sangat perlu dilakukan supaya acara pernikahan dapat berjalan lancar dan bahagia.

Mulai dari mengumpulkan seserahan, memilih wedding organizer, tes kesehatan pranikah dan lain sebagainya. Melakukan cek kesehatan pranikah mungkin menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh pasangan sebelum mereka melangsungkan pernikahan.

Tes kesehatan tersebut diperlukan untuk memeriksa kondisi kesiapan tubuh kedua calon mempelai untuk memiliki anak. Selain itu, tes pranikah ini juga diperlukan untuk memastikan bahwa tubuh mereka bebas dari penyakit berbahaya yang bisa ditularkan ke pasangan melalui hubungan seksual.

Pengecekan kesehatan sebelum nikah itu sendiri dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas beserta prosedur pelaksanaannya.

Apa Itu Tes Kesehatan Pranikah

Apa Itu Tes Kesehatan Pranikah

Seperti dijelaskan di atas, tes kesehatan pranikah merupakan serangkaian pemeriksaan pada calon pengantin sebelum resmi melakukan proses pernikahan. Tes kesehatan tersebut menjadi salah satu persyaratan terkait kelengkapan administrasi pendaftaran pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA).

Selain untuk mencari tahu apakah ada penyakit di dalam tubuh calon pengantin, tes kesehatan pranikah juga berguna untuk mencegah agar penyakit tidak menjadi semakin parah. Maka dari itu, tes pranikah menjadi syarat wajib yang harus dilakukan oleh calon pasangan suami istri.

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Ketika hendak melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas, terdapat sejumlah dokumen persyaratan yang harus dipenuhi. Sebelum membahas biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa dokumen persyaratannya di bawah ini.

  • KTP elektronik calon mempelai.
  • Kartu keluarga (KK).
  • Surat pengantar dari RT dan RW.
  • BPJS (jika ada).

Semua dokumen persyaratan di atas di fotokopi menjadi 2 lembar. Selain itu, ketika sedang mendaftar di puskesmas bawa dokumen aslinya karena biasanya petugas nantinya akan menanyakannya.

Prosedur Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Prosedur Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Setelah mengetahui semua berkas persyaratannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkah pemeriksaannya. Sebenarnya tes kesehatan pranikah ini masuk ke dalam prosedur MEDICAL CHECK UP. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa proses ketika melakukan tes kesehatan di puskesmas.

  • Pemeriksaan berat badan.
  • Pengecekan tinggi badan.
  • Cek tekanan darah.
  • Mengisi kuisioner mengenai kejiwaan untuk mengetahui apakah calon pengantin menderita masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan dan lain sebagainya.
  • Melakukan pemeriksaan darah seperti CEK GOLONGAN DARAH hingga gula darah.
  • Pemeriksaan penyakit HIV, hepatitis serta Sifilis.
  • Vaksin tetanus khusus bagi calon mempelai wanita. Fungsinya yaitu untuk melindungi calon mempelai dan calon anak di masa depan dari risiko komplikasi berbahaya jika terkena tetanus pada saat hamil.

Apabila semua pemeriksaan di atas berhasil dilakukan, nantinya pasien akan diberikan sertifikat kesehatan dari puskesmas. Di dalam sertifikat tersebut menyatakan bahwa calon mempelai dalam keadaan sehat secara fisik mental sehingga siap melakukan pernikahan.

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Sebagaimana diketahui, tarif atau biaya melakukan tes kesehatan sebelum menikah berbeda-beda di setiap instansi medis. Namun, rata-rata biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas ini hampir sama di beberapa daerah lainnya, yaitu sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

Keuntungan ada pada mereka para psien peserta program pemerintah BPJS Kesehatan. Sebab mereka tidak akan dikenakan biaya tes kesehatan pranikah sepeserpun alias gratis. Karena semua biaya tersebut sudah ditanggung oleh pemerintah.

Setelah berhasil melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas dan melunasi biaya administrasinya, biasanya kalian akan mendapatkan kartu daftar jenis vaksin yang harus dilakukan. Vaksin-vaksin tersebut diantaranya yaitu seperti vaksin TT (Tetanus Toksoid), vaksin HBV (Hepatitis B Virus), vaksin HPV (Human Papillomavirus) hingga vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella).

Waktu Tes Kesehatan Pranikah

Waktu Tes Kesehatan

Saran kami sebaiknya lakukan pengecekan kesehatan pranikah setidaknya 3 hingga 6 bulan sebelum menikah. Namun, terdapat beberapa orang lebih memilih menjalani tes kesehatan tersebut sekitar 2 minggu sebelum melakukan pernikahan.

Secara umum, tes kesehatan pranikah dilakukan oleh sebagian besar pasangan ketika sangat menginginkan keturunan. Jika pada tes tersebut terbukti tidak ditemukan adanya masalah, maka perencanaan untuk mempunyai anak akan lebih lancar di kemudian hari.

Tips Menjalani Tes Kesehatan Pranikah

Tips Menjalani Tes Kesehatan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas. Di bawah ini juga akan kami beberapa tips agar prosedur pemeriksaan kesehatan pranikah dapat berjalan lancar.

  • Berpuasa semalaman agar konsumsi makanan tidak mempengaruhi hasil dari pemeriksaan.
  • Jangan melakukan hubungan intim ataupun masturbasi selama 72 jam sebelum melakukan tes pranikah.
  • Tidak dalam dalam kondisi menstruasi.
  • Hindari minum kopi atau teh setelah makan.
  • Membiasakan diri minum air putih 8 gelas per hari.

Kesmipulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tarif tes kesehatan pranikah di puskesmas jauh lebih murah dibandingkan di rumah sakit. Selain itu bagi pasien BPJS, mereka malah tidak akan dikenai biaya sedikitpun alias gratis.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas, entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani serangkaian tes kesehatan pranikah di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *